by

4 Jenis Burung yang Hampir Punah di Indonesia

-Hewan-20 views

Keragaman hayati di Indonesia sangat banyak dan kaya. Dari mulai flora dan faunanya yang berbagai jenis di dunia sebagian besarnya ada Indonesia. Indonesia sendiri memiliki spesies burung yang cukup banyak dan beragam. Namun, meski Indonesia memiliki beragam jenis burung yang banyak akan tetapi, ada beberapa jenis burung langka di Indonesia yang populasinya semakin menurun.

Dalam artikel ini saya akan memberikan ulasan tentang berbagai jenis burung yang langka yang populasinya kian menurun, agar kita bisa sama-sama untuk melestarikan burung yang populasinya sudah tidak banyak, dengan tujuan agar nantinya anak cucu kita masih bisa melihat keindahan dan keunikan dari jenis burung yang terancam punah tersebut secara langsung.

Berikut jenis burung langka di Indonesia yang kian mengalami penurunan setiap tahunnya:

1. Burung Sikatan Aceh

Burung Sikatan Aceh

Burung ini menjadi salah satu burung endemic dari Indonesia bagian barat yaitu dari pulau Aceh Sumatera Barat. Saat ini populasinya di alam liar belum di ketahui secara pasti, akan tetapi saat ini sudah jarang di temui oleh mata manusia. Hal ini dapat di sebabkan oleh habitatnya yang di eksploitasi akibat penebangan hutan secara brutal. Yang menjadi ciri khas dari burung ini, seluruh warna bulunya didominasi oleh warna biru dengan warna hitam di paruhnya.

2. Burung Trulek Jawa

Burung Trulek Jawa

Burung Trulek ini berasal dari Jawa, burung ini adalah burung endemic Indonesia yang hanya bisa kita temui di Pulau Jawa. Habitat dari burung asli Jawa ini berada di daerah basah meliputi, sungai, rawa-rawa. Yang menjadikan burung ini langka dan terancam punah karena banyak perubahan pada habitatnya yang kian tergerus di jadikan pemukiman. Burung ini sudah dilindungi hukum Negara Indonesia sejak tahun 1978.

Yang menjadi ciri khas dari burung ini terletak pada kakinya yang panjang seperti burung bangau akan tetapi paruhnya pendek tidak seperti burung bangau. Ciri lainnya yaitu memiliki warna bulu yang didominasi oleh warna coklat pada sayapnya dan bagian perut yang berwarna putih dan hitam di bagian kepala.

3. Burung Tokhtor Sumatera

Burung Tokhtor Sumatera

Burung ini juga merupakan burung endemic asli Indonesia yang berasal dari Pulau Sumatera. Burung ini memiliki populasi yang kian menurun di alam liarnya yang berjumlah sekitar 50-249 ekor saja. Ciri dari burung ini memiliki bulu berwarna hitam serta hijau pada bagian paruhnya. Sedangkan pada sayapnya didomonasi oleh warna abu kehijau-hijauan, dan ekornya panjang berwarna hitam yang ada garis-garisnya dengan warna coklat. Burung ini juga pemakan serangga di habitat liar.

4. Burung Gagak Banggai

Burung Gagak Banggai

Burung Gagak Banggai merupakan brung endemic Indonesia dari Pulau Sulawesi, saat ini habitat dari burung ini berada di gunung peleng Barat. Burung ini memiliki populasi kurang lebih sekitar 500 ekor, termasuk di gunung pelelng yang ada sekitar 50-200 ekor saja.

Burung ini seperti pada burung gagak pada umumnya yang berwana hitam pekat. Panjang dari burung ini sekitar 39 cm yang memiliki ukuran burung sedang. Burung gagak ini juga pernah di nobatkan sebagai burung yang telah punah yang telah di lakukan survei di tahun 2007 hingga 2008. Namun burung ini di temukan kembali di gunung peleng Sulawasi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai jenis burung langka di Indonesia. Dengan populasinya yang kian menurun itu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk selalu berupaya melestarikan burung-burung yang terancam punah itu. Bukan hanya pemerintah yang harus menjaga kelestarian burung tersebut tapi kita juga sebagai manusia yang memiliki budi yang luhur juga harus bisa menjaga kelestarian lingkungan di Negara Indonesia. Yuk ketahui berbagai macam burung disini https://zonahewan.com.