by

Deretan Ikan Hias Ukuran Kecil Air Tawar Lucu dan Cantik

-Hewan-19 views

Untuk mengisi koleksi ikan akuarium Anda, mari kita kumpulkan beberapa ikan air tawar kecil yang lucu seperti gambar di bawah ini! Tenang saja, cara merawatnya sederhana kok!

Biasanya para pemula akan tertarik memelihara ikan yang berukuran kecil dan berpenampilan menarik. Sebab, ikan akuarium ini akan lebih mudah dipelihara dan tidak perlu dipelihara. Tidak hanya itu, biaya pemeliharaannya juga murah dibandingkan dengan biaya pemeliharaan ikan hias berukuran besar.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis ikan kecil, menawan dan unik. Mereka juga mudah ditemukan dan sering dijual dengan harga murah. Berikut adalah daftar atau beberapa catatan tentang ikan akuarium air tawar kecil yang bisa Anda pelihara di rumah!

Deretan Ikan hias air tawar kecil tercantik

Guppy

Ikan hias kecil air tawar asal Amerika Selatan ini tingginya hanya 23,5 cm. Sekilas, guppy terlihat seperti cupang, bukan? Padahal, kepribadian keduanya sangat berbeda, lo. Alasannya adalah karena guppy tidak terlalu kasar dan cocok untuk tinggal bersama ikan kecil lainnya di akuarium.

Cupang

Ikan cupang merupakan ikan akuarium air tawar yang sangat terkenal di Indonesia karena memiliki warna yang beragam dan ekor yang menggantung indah. Ikan ini telah dikembangbiakkan sejak tahun 1970 dan sering dipelihara sebagai ikan pendendam.

Cupang memiliki kepribadian yang agak keras dan suka dipukuli dalam pertempuran. Secara alami, tidak mengherankan jika kumbang memiliki umur yang lebih panjang daripada ikan kecil lainnya.

Ini juga cukup mudah untuk dikerjakan, karena cupang tidak membutuhkan habitat yang luas. Ikan cupang juga bisa didapatkan dengan mudah! Anda dapat berbagi selaput dara, cacing rambut, dan banyak lagi.

Ikan bandit

Ikan tenggiri adalah jenis ikan yang termasuk dalam famili alga dengan corak putih pucat bercampur sedikit merah muda. Tak hanya itu, aksen bold juga terdapat pada sudut mata dan sudut mata. Ikan mungil ini mempunyai watak yang damai. Dengan demikian, dia dapat bersatu dengan ikan yang lain dalam satu akuarium.

Discus

Ikan discus sangat popular untuk golongan pecinta ikan hias, sebab mempunyai corak warna yang sangat unik serta wujud yang lucu. Ikan yang mempunyai nama latin Symphysodon ini ialah salah satu tipe ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Seiring waktu, penangkaran Discus telah ditemukan di banyak daerah. Ia dikenal tidak suka diganggu dan cenderung menjauh dari kelompok ikan lain. Tak heran jika ikan omnivora ini semakin diminati oleh para aquarists.

Corydoras

Ikan dari Amerika Selatan ini tenang dan bisa bergaul dengan banyak ikan akuarium lainnya. Merawatnya juga menjadi mudah karena Anda tidak perlu sering-sering memberi makan ikan. Mereka bisa memakan lumut, ganggang, dan sisa-sisa ikan lain yang ditemukan di bawah akuarium.

Molly

Ikan Molly sering diucapkan seperti ikan bola karena perutnya yang besar dan tubuhnya yang bulat. Ikan akuarium kecil ini sangat ideal untuk penyimpanan akuarium karena memiliki sifat adaptif dan dapat bergaul dengan ikan lain.

Platy

Seperti ikan nakal, ia memiliki kepribadian yang tenang dan dapat beradaptasi dengan banyak ikan lainnya. Ikan akuarium kecil ini sangat digemari oleh para pecinta akuarium karena memiliki warna tubuh yang sangat indah dan unik. Jika Anda merawatnya dengan baik, ikan ini akan hidup 3 tahun, lho!

Zebrafish

Zebrafish nama asli Danios Zebrafish merupakan ikan yang unik karena memiliki kulit yang mirip dengan zebra dan panjangnya kurang lebih 7 cm. Ikan ini hidup di habitat sekolah yang besar, jadi Anda harus membeli setidaknya 5 ikan zebra. Hal ini dilakukan untuk memprediksi stres pada ikan yang menyebabkannya mati. Zebrafish juga sangat pandai melompat, lo. Jadi, pastikan untuk memakai penutup akuarium untuk menjauhkan ikan zebra dari akuarium.