by

5 Rekomendasi Laptop untuk Editing Video Terbaik

Saat ini kebutuhan akan laptop sebagai media editing video semakin tinggi. Selain portabel atau mudah dibawa kemana-mana, laptop yang bisa memenuhi spesifikasi untuk edit video juga akan membuat pengguna bisa berkreasi tanpa takut hang.

Banyak brand laptop mulai memperhatikan lini ini karena saat akhir-akhir ini banyak konten kreator ataupun YouTuber yang menekuni profesi ini sebab menjanjikan. Seorang konten kreator baik gamers, YouTuber, editor video tentu saja memerlukan perangkat yang bisa memudahkan mereka bekerja.

Nah, bagi Anda yang akan membeli laptop untuk editing video berikut ini rekomendasi yang kami berikan. Dilansir dari website Tutorial Servis semoga bisa membantu agar tidak bingung.

Cara Memilih Laptop untuk Editing Video

Yang harus diutamakan dalam memilih laptop adalah melihat jumlah core-nya. Semakin tinggi core yang tertanam di laptop maka performanya juga semakin bagus.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah jumlah thread nya, kami merekomendasikan jumlah minimal adalah 4 core/ 8 thread.

Untuk melihat core dan thread bisa dengan melalui stiker yang tertera di laptop. Namun jika tidak ada, Anda dapat mengecek melalui task manager.

Kemampuan processor juga bisa dilihat dengan memakai software Cinebench. Tentu saja hal ini tak bisa dilakukan pada saat sudah berada di toko komputer, maka dari itu Anda bisa melihat review nya di YouTube terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli di toko offline atau online.

Sudah banyak reviewer laptop menyantumkan hasil pengetesan memakai Cinebench sehingga tak perlu khawatir atas kemampuan laptop yang akan Anda beli.

Untuk proses rendering bukan saja kinerja processor yang dibutuhkan, tetapi juga dari sisi GPU (Graphic Processing Unit). Semakin tinggi kelas GPU, Anda juga akan semakin cepat dalam proses rendering video.

Silakan pilih seri GTX, atau RTX jika dari NVIDIA. Atau seri RX dari AMD agar proses render video sangat maksimal.

Berikutnya adalah aspek RAM, sebagai tempat menyimpan data sementara dan melakukan berbagai instruksi software. Perangkat keras ini sangat mempengaruhi atas kinerja laptop ketika sebuah program editing berjalan.

Sehingga sangat disarankan membeli laptop dengan RAM minimal 8GB, atau 16GB. Semakin besar RAM, maka proses editing akan lebih lancar dan bisa multitasking.

Laptop Editing Video Terbaik

Setelah mengetahui beberapa poin penting dalam memilih laptop untuk editing video ataupun kebutuhan editing yang berat, berikut ini kami berikan daftarnya untuk Anda.

#1. Acer ConceptD 5

Walaupun laptop ini keluar di tahun 2020, untuk saat ini laptop Acer ConceptD 5 merupakan perangkat unggulan yang sangat direkomendasikan dalam mengedit video, rendering 3D dan kebutuhan software yang berat.

Anda bisa membeli untuk seri processor core i7 dengan GPU AMD Radeon RX, RAM 16GB. Untuk layar laptop ini memiliki ukuran 15,6 inchi dengan Ultra HD, dan sudah IPS. Sehingga cocok untuk kebutuhan editing baik video, foto atau desain yang berat.

#2. Lenovo Legion Y740

Berikutnya yang tak kalah gahar dalam spesifikasi dan patut jadi pilihan Anda sebelum membeli laptop editing video adalah Lenovo Legion Y740. Laptop dengan ukuran layar 15 inchi ini sudah dilengkapi dengan Processor Core i7, RAM 16GB, SSD dan tentu saja GPU NVIDIA GeForce RTX 2060.

Layarnya yang sudah full HD membuat Lenovo Yoga Y740 banyak digemari oleh mereka yang berkelut dengan editing video namun mengutamakan kualitas warna tetap terjaga.

#3. ASUS Zenbook Pro Duo

Untuk laptop satu ini sudah tidak perlu dipertimbangkan ketika Anda akan membelinya. Salah satu laptop yang premium ini cocok untuk bekerja dengan memakai 2 layar sekaligus.

Ya, Asus Zenbook Pro Duo adalah laptop yang memiliki dua layar berkualitas dengan resolusi full HD yang bisa dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri.

Telah dibekali dengan GPU NVIDIA RTX 2060 dan RAM sebesar 16GB membuat segala jenis software editing video akan dilahap lancar oleh Zenbook Pro Duo. Processor nya yang sudah memakai intel Core i9 juga sangat bagus untuk Anda yang mencari spesifikasi tertinggi dari jajaran processor intel saat ini.

#4. Acer Predator 300 G3-572

Acer adalah produsen laptop yang mengedepankan kualitas, tak terkecuali dalam lini gamingnya. Terbukti dengan hadirnya Acer Predator 300 ini membuatnya masuk dalam kategori laptop yang patut dijadikan referensi sebagai laptop editing video.

Walaupun masih memakai GPU NVIDIA GTX 1060 dan dibekali RAM 16GB tidak menjadikan performanya menurun dibandingkan laptop lainnya. Resolusi yang sudah Full HD juga sangat mendukung untuk proses editing video ataupun software editing lainnya.

#5. ASUS ROG Zephyrus G14

Asus selalu mengedepankan inovasi dari setiap produk yang dikeluarkan, termasuk laptop ROG Zephyrus G14 ini yang sudah memiliki desain cantik dan spek gahar.

Laptop ini sudah dibekali dengan processor AMD Ryzen 9 4900HS, GPU NVIDIA RTX 2060 dan RAM 32GB. Selain itu SSD yang tertanam juga tergolong besar yaitu 1TB. Sehingga membuat seluruh proses editing video sangat lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Memilih laptop untuk editing video tentu harus mempertimbangkan banyak aspek, dan yang pasti menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan sebelum membeli Anda sudah melakukan riset agar tidak kecewa dikemudian hari.

Spesifikasi yang tinggi tentu saja adalah pilihan yang tepat. Namun harus memperhatikan juga budget yang Anda miliki, karena semakin tinggi spek, tentu harganya juga akan mahal.

News Feed