by

Ini Dia, 11 Destinasi Wisata Jogja yang Klasik dan Penuh Sejarah

Wisata Jogja merupakan surganya destinasi liburan. Siapa sih yang tidak kenal dengan Jogja? Anda tidak akan kehabisan tempat untuk dikunjungi jika sudah berada di kota ini. Budaya yang sangat kental. Membuatnya sangat istimewa di hati banyak orang yang pernah menginjakkan kaki ke sana.  Bila Anda ingin melakukan traveling, tidak akan sah jika belum datang ke sini.

Maka dari itu, Anda perlu memetakan mana saja tempat yang cocok dan menarik untuk dikunjungi. Anda juga perlu memperhatikan mana yang memang cocok dengan kondisi diri saat ini. Baik itu biaya, keamanan, serta hal lain yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai pergi tanpa membawa rencana yang matang agar Anda bisa mendapatkan keberuntungan. Nah, berikut ini adalah beberapa wisata Jogja yang bisa jadi rekomendasi tepat bagi Anda.

  1. Masjid Agung Kota Gede

Masjid Agung Kota Gede

Masjid yang sangat berpengaruh di Kotagede ini memiliki pamor di mata para pengunjung. Masjid Agung Kotagede tidak hanya untuk beribadah, namun juga menjadi destinasi wisata  Jogja. Anda bisa beribadah di sana sekaligus juga sambil berfotoria karena pemandangan dan desain bangunan yang sangat artistik.

  1. Keraton Mataram

Keraton Mataram

Mengunjungi kota Jogja tidak lengkap, tanpa mengunjungi Keraton Mataram. Peninggalan kerajaan Mataram menjadi pemandangan yang klasik, tapi penuh edukasi. Anda akan merasakan atmosfer kerajaan saat masuk ke dalam keraton yang penuh dengan benda-benda bersejarah. Sempatkan juga untuk menjelajahi setiap sudut Keraton Mataram ini. Bagi Anda yang senang wisata sejarah, maka wisata Jogja yang satu ini patut dipertimbangkan.

  1. Pasar Legi Kotagede

Pasar Legi Kotagede

Berkunjung ke pasar saat berwisata, kenapa tidak? Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir di Pasar Legi Kotagede. Pasalnya pasar yang satu ini sering dimasuki oleh para wisatawan. Anda bisa menikmati nuansa klasik pasar tradisional, sambil mencari jajanan di sekitar pasar bisa kamu lakukan di sini. Berbelanja murah di pasar ini juga bisa mengobati rasa bosan.

  1. Rumah Pesik

Rumah Pesik

Tahukah Anda dengan Rumah Pesik? Rupanya tempat wisata Jogja yang satu ini pun cukup populer dan sering dijadikan sebagai spot foto menarik. Deretan rumah beton dengan warna hijau ini juga tidak kalah pamor dengan tempat lainnya yang mewarnai wisata di Jogja. Ornamen-ornamen yang menghiasi, memperlihatkan bahwa bangunan tersebut bergaya Belanda, Jawa, dan Islam. Cocok sekali bagi Anda yang ingin berswafoto ala selebgram terkenal.

  1. Wisata Festival Seni Kasongan

Wisata Festival Seni Kasongan

Festival seni kasongan menampilkan para pengrajin berkumpul untuk memperkenalkan hasil kerajinan tangannya. Namun, masih banyak lagi kegiatan lainnya yang tidak kalah seru. Acara festival ini tentu menarik minat pengunjung, lokal bahkan mancanegara. Festival ini juga yang sering ditunggu oleh para pelancong, setiap tahun. Meskipun begitu, jika Anda ingin mengunjungi wisata Jogja di festival ini, pastikan untuk memilih waktu yang tepat, ya!

  1. Wisata ke Museum Ki Hajar Dewantara

Wisata ke Museum Ki Hajar Dewantara

Nama Ki Hajar dewantara sangat dikenang oleh bangsa Indonesia. Predikat bapak pendidikan nasional yang didapatkannya, tercermin pada museum Ki Hajar Dawantara. Dalam rumahnya ini Anda akan menemukan banyak koleksi buku. Keren bukan? Bisa melihat langsung tempat tinggal pahlawan yang satu ini. selain itu, Anda akan menyaksikan betapa besarnya pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Lokasi museum Ki Hajar Dewantara ini di jalan Taman Siswa Wirogunan, Mergangsan. Tidak ada tiket masuk museum ini atau Anda bisa bebas masuk ke wisata Jogja yang satu ini. Buka pada Selasa-Kamis, dan Sabtu pukul 08.00-13.00. Jumat pada jam 08.00-11.00. sedangkan pada hari Minggu tempat ini tutup. Eksplor seluruh tempat yang ada di museum Ki Hajar Dewantara. Wisata sejarah di tempat ini akan membuat Anda sadar, agar mencintai tanah air seperti sang pahlawan. simak bagian-bagian yang ada di dalam tempat ini.

  1. Berjalan Menyusuri Perumahan Kampung Kauman yang Klasik

Berjalan Menyusuri Perumahan Kampung Kauman yang Klasik

Berjalan kaki beramai-ramai di perumahan Kauman merupakan pengalaman yang seru. Anda juga bisa melihat kegiatan warga yang berada di luar rumah. warga kauman juga ramah terhadap tamu yang datang, sehingga nyaman berinteraksi. Jangan lupa menyapa masyarakat yang Anda jumpai, sebagai bentuk kesopanan Anda di tempat orang lain.

  1. Mencicipi Kuliner Kaki Lima di Pinggir Jalan Malioboro

Mencicipi Kuliner Kaki Lima di Pinggir Jalan Malioboro

Berkunjung ke tempat wisata di Jogja tidak ada salahnya sambil mencoba menaiki andong-andong yang akan membawa Anda mencicipi kuliner kaki lima yang enak. Beraneka jenis makanan dan minuman bisa kamu coba. Salah satunya di sekitaran Jalan Malioboro. Cita rasa dari makanannya sendiri, memang begitu khas jogja. Lumpia dan es dawet campur bisa menjadi kudapan ringan di atas andong. Keduanya bisa Anda dapatkan secara bersamaan, karena berdekatan. Jalan-jalan, sambil makan di atas andong, sangat mengasyikan.

  1. Wisata Desa Ketingan

Wisata Desa Ketingan

Destinasi wisata Jogja lainnya adalah Ketingan yang merupakan kawasan wisata pedesaan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Nuansa alam yang hijau dan udara yang segar, akan kental terasa di tempat ini. Pastinya bisa membuat Anda kembali bugar dan fresh setelah tubuh dibuat penat dengan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Tak hanya itu, ketika Anda berkunjung ke Desa Ketingan, Anda juga bisa mengunjungi Wisata Burung Kuntul. Anda bisa melihat indahnya burung ini secara langsung di alam terbuka, beserta sarangnya di pohon.   Suara merdu menyambut kedatangan pengunjung, menurut cerita orang-orang yang pernah ke sana.

Saat Anda tiba di Kawasan Burung Kuntul, uara kicauannya saling bersahut-sahutan, sehingga menghasilkan irama merdu dari alam.

  1. Wisata Romantic Garden Jogja 

Wisata Romantic Garden Jogja 

Wisata di Jogja tentu bisa membuat  hati berbunga-bunga, karena menyaksikan bunga yang berwarna-warni suasana  nyaman dan asri bikin hati tambah bersemi. Anda pasti merasa seperti berada di wisata taman bunga luar negeri. Spot foto yang juga instagenic, cocok untuk foto prewedding. Properti mendukung foto semakin keren. ice cream world Jogja bikin meleleh, beraneka ragam cita rasa ice cream.

  1. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali, merupakan sebuah tempat yang menampung informasi mengenai sejarah. Setiap ruangannya menyimpan kenangan di masa lalu. Tentang perjuangan para pahlawan dan pembentukan kota Jogja khususnya. Lokasi monumen Jogja terletak di jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Jogja, sangat sayang sekali jika harus melewatkan diri untuk berkunjung ke salah satu wisata Jogja penuh sejarah yang satu ini.

Wisata Jogja akan membuat liburan Anda berkesan. Kekayaan Indonesia tercermin jelas dari kota yang satu ini. Tidak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik. Namun, Anda juga bisa mencicipi kuliner yang legendaris. Bahkan rasanya akan terus melekat sampai Anda selesai pergi berlibur. Objek wisatanya akan membuat Anda ingin kembali lagi ke sana. Anda tidak akan pernah kenal dengan yang namanya bosan.

Seharian menjelajahi berbagai tempat tidak akan membuat Anda menyesal. Justru sebaliknya, Anda akan membuat kenangan yang indah di tempat yang bernuansa klasik dan modern. Jadi tunggu apa lagi, segera persiapkan tabungan dari sekarang agar bisa menjajaki keindahan Jogja.

News Feed