by

Inilah Keindahan Alam Indonesia Terbaik dan Menakjubkan

Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang indah. Negara kepulauan seluas 1,91 juta km2 ini memang memiliki bentang alam yang memesona, mulai dari Aceh hingga Papua. Tak heran jika jumlah wisatawan yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia.

Karena keindahan alam Indonesia yang tak terkira, berlibur pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ada sejumlah destinasi wisata alam Indonesia yang mendunia sebagai berikut:

1. Pulau Weh

Pulau Weh menyandang status sebagai daerah paling barat di wilayah Indonesia. Di pulau inilah kamu dapat menemukan Tugu Nol Kilometer sebagai simbol awal perjalanan di wilayah Indonesia. Meskipun tidak terlalu besar, Pulau Weh memiliki keindahan alam khas Nusantara yang luar biasa. Untuk mencapai pulau ini, kamu harus berlayar dengan kapal feri sekitar 2 jam perjalanan.

Salah satu spot yang menunjukkan keindahan alam Indonesia di Pulau Weh adalah Pantai Iboih. Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang sangat indah. Air laut yang membentang tampak biru jernih. Pasir di sepanjang pesisir pantai pun terlihat putih dan lembut. Selain Pantai Iboih, ada pula beberapa pantai lain, seperti Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Anoi Itam, yang tak kalah memesona.

2. Belitung

Pulau Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang menunjukkan keindahan alam Indonesia. Pengunjung yang datang ke daerah ini terus meningkat sepanjang tahun. Ada sejumlah spot yang menawarkan keindahan alam di Pulau Belitung, di antaranya Tanjung Binga, Pulau Leebong, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas. Tempat-tempat ini identik dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Nama Pulau Belitung semakin terkenal sejak Andrea Hirata mempublikasikan novelnya berjudul Laskar Pelangi. Berlatar belakang keindahan Pulau Lengkuas yang memukau, kisah inspiratif ini berhasil menarik minat banyak orang untuk datang ke Belitung. Nah, bagi kamu yang berencana berlibur ke pulau ini, sediakan waktu lebih dari satu atau dua hari untuk menjelajahinya.

3. Pantai Sanur

Jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, Bali tak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan, nama pulau ini lebih akrab bagi para wisatawan mancanegara karena pemandangannya yang eksotis. Pantai Sanur terletak di timur Kota Denpasar sehingga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

Bagi kamu yang berlibur ke Pantai Sanur, nikmati juga keseruan bermain pasir dan air atau berenang. Kontur pesisir pantai ini memang landai dan sangat bersahabat bagi pengunjung. Ombaknya juga tidak terlalu kencang. Selain itu, kamu juga bisa menyewa kano untuk menikmati panorama lautan yang indah pada sore hari.

4. Wae Rebo

Berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, Desa Wae Rebo kerap mendapatkan julukan negeri di atas awan. Meskipun tak mudah untuk mencapati Desa yang berlokasi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini, namun beratnya perjalanan tersebut akan terbayarkan lunas setelah kamu melihat langsung indahnya panorama bangunan-bangunan tradisional khas Wae Rebo berbingkai alam asri dan gunung-gunung megah sebagai latar belakangnya.

5. Wakatobi

Berada di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Wakatobi yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan ini merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam Indonesia yang sangat menakjubkan.

Kerap dijuluki sebagai surga bawah laut, destinasi wisata alam di Indonesia ini merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna laut termasuk gugusan karang indah nan eksotis yang dikonservasi di sini. Mampir ke sini, sempatkan diri untuk diving atau snorkeling untuk lihat lebih dekat keindahan alam bawah laut Indonesia.