by

Ini Dia Tempat Wisata Jakarta yang Penuh dengan Nuansa Sejarah

Pernah dengar kalimat “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah”? Hal itu harus Anda terapkan ketika hendak pergi berlibur. Memang pada dasarnya semua orang pasti ingin menghibur dirinya agar terlepas dari kepenatan. Namun, tidak ada salahnya juga menyisipkan sedikit pengetahuan agar Anda bisa semakin cerdas setelah berwisata. Mengunjugi tempat wisata di Jakarta bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin menggali sejarah Indonesia.

Jakarta tidak hanya kota metropolitan yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Namun, ada tersimpan juga berbagai sejarah yang bisa menginspirasi Anda dalam mengambil langkah ke depannya. Baik itu dari segi spirit para pejuang serta rasa syukur, karena hidup di zaman yang sudah merdeka. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Jakarta yang lekat sekali dengan unsur sejarah.

  1. Taman Kota Gelora Bung Karno 

Taman Kota Gelora Bung Karno

Taman merupakan destinasi wisata yang sangat menyenangkan. Udaranya yang bersih, penataan ruang publik yang rapi. Faktor kebersihan juga sangat diperhatikan. Serunya jika bisa berjalan-jalan di tempat yang asri itu. Jakarta juga punya taman yang cukup terkenal, dikenal dengan nama Gelora bung karno. Tempatnya yang bisa dinikmati semua usia, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Taman kota Gelora Bung Karno Jakarta, menjadi tempat wisata di Jakarta yang instagramable.

Taman Kota Gelora Bung Karno Jakarta, tepatnya berada di Gelora, Tanah Abang. Kawasan taman juga berdekatan dengan stadion tempat diselenggarakannya Asian Games 2018 lalu. Penataan taman kota yang sangat nasionalis dan artistik. Ruang hijau di tengah kota, seperti jantung bagi Jakarta. Tempat ini juga sangat instagramable, karena banyak spot foto yang menarik di sana.

  1. Wisata Monas Jakarta

Wisata Monas Jakarta

Sejarah monas tidak terlepas dari generasi penerus bangsa. Monumen nasional ini juga tidak hanya sekedar menara biasa. Dalam ruangannya terdapat bagian tempat yang memiliki filosofi tersendiri. Sebagai anak bangsa sudah sepatutnya, Anda mengunjungi  Taman Medan Merdeka Utara, Sebelum memasuki menara monas, Anda akan ditawarkan pemandangan bagus di dekat Patung Diponegoro yaitu sebuah taman bernama Medan Merdeka Utara. Mencari udara segar di taman, sebelum memasuki ruangan bisa Anda coba.

Wisata jakarta yaitu Monas juga yang merupakan Museum sejarah yang berada di ruang dasar menara, menjadi pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat menambah pengetahuan dengan menyaksikan sejarah terbentuknya Indonesia.  Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional, Bagian ruangan kemerdekaan memuat seluruh bukti-bukti kemerdekaan indonesia. Teks proklamasi aslinya, dan benda-benda bersejarah lainnya terdapat di sini juga sangat bersejarah.

Pelataran Puncak Monumen Nasional, Ruang paling tertinggi di monas yaitu, pelataran puncak monumen nasional. Tempat itu merupakan favorit para pengunjung. Anda bisa melihat kota Jakarta dari ketinggian menara, menggunakan teropong yang sudah tersedia. Monas Jakarta juga dibuka untuk umum.

Sejak awal kemunculannya, banyak wisatawan domestik, maupun mancanegara yang berdatangan di tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Bahkan menjadi ikonik ibukota. Untuk mengunjungi menaranya, Senin adalah waktu monas libur. Buka pukul 08-16 untuk sesi pertama. Sesi keduanya buka pada jam 07-24 malam.

  1. Wisata Ke Monumen Pancasila Sakti

Wisata Ke Monumen Pancasila Sakti

Anda bisa melihat sejarah yang sangat fenomenal yaitu G30S PKI di museum yang merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang lekat dengan sejarah. Pasti Anda sudah tahu apa yang terjadi lewat pelajaran-pelajaran di sekolah. Saat memasuki area monumen semua akan terasa seolah Anda berada di masa-masa tersulit Indonesia. Tempat ini juga bisa menyadarkan Anda yaitu pentingnya menghargai jasa-jasa para pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawanya.

Wisata Jakarta yang satu ini tidak kalah bagus pemandangannya. Anda tidak hanya diedukasi dari sisi intelektual, tetapi juga banyak sekali pengalaman yang tak akan terlupakan. Pemandangan yang ada di salah satu tempat wisata di Jakarta ini memang akan terasa klasik, tapi bagi sebagian orang akan suka. Tempat ini juga bisa dijadikan momen swafoto dan Anda bisa membagikan kepada orang-orang asyiknya menjelajahi monumen bersejarah.

  1. Berkunjung ke Museum Fatahilah 

Berkunjung ke Museum Fatahilah

Pertama kali datang ke tempat ini Anda akan merasakan nuansa klasik yang kental dari bentuk bangunannya yang tetap dipertahankan dari dulu. Hal itu bisa menjadi angin segar bagi Anda yang mengincar foto yang bertemakan zaman dulu. Anda tidak akan menyesal ketika berwisata ke tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Anda juga bisa mencari tahu tentang bagaimana tempat ini bisa berdiri serta apa saja yang ada di dalam bangunan.

Sekeliling museum ini termasuk ramai pengunjungnya, karena kulinernya juga menjadi satu di antara alasannya. Orang-orang sering datang menikmati sore sambil mencicipi jajanan yang sangat ikonik, soal rasa jangan ditanya lagi sudah pasti Indonesia banget. Anda akan merasakan kegembiraan jika dikelilingi oleh banyak orang-orang. Hal itulah yang akan membuat Anda kembali bersemangat jika sudah kembali ke rutinitas seperti biasanya.

  1. Wisata ke Galangan VOC

Wisata ke Galangan VOC

Anda bisa melihat rekam jejak penjajahan bangsa asing di tempat ini. Bangunan ini mencatat sejarah tentang perdagangan pada masa Belanda. Suasana yang ada di sana seperti membawa Anda kembali ke zaman dahulu. Anda akan melihat bagaimana rempah-rempah sangat diagungkan dan diperebutkan oleh bangsa asing. Anda pasti akan merasa takjub dengan benda-benda yang sangat klasik ini.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini juga bisa dijadikan untuk melengkapi koleksi foto Anda di destinasi wisata bersejarah. Bentuk bangunan serta ornamen yang masih di setting seperti zaman Belanda membuat latar belakang gambar akan menampilkan pemandangan yang aduhai.

  1. Berwisata ke Museum Nasional Indonesia

Berwisata ke Museum Nasional Indonesia

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi wajib berkunjung ke tempat yang satu ini. Ikon dari museum ini adalah gajah yang diukir sejak berpuluh tahun yang lalu. Selain itu ada berbagai patung, arca, dan benda-benda kuno lainnya yang menambah keunikan dari destinasi wisata yang satu ini. Tentunya Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah yang ada dari sini.

Semuanya tidak akan lengkap tanpa menggali informasi mengenai tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Hal itu juga berlaku untuk semua tempat yang Anda kunjungi. Apapun tempatnya, Anda patut mencari tahu asal usul kenpa bisa terbentuknya museum ini. Baru setelah itu Anda bebas mengeksplor hobi swafoto. Anda bisa mengajak sanak famili untuk datang ke tempat ini.

Sekali lagi wisata Jakarta, tidak hanya menampilkan kemegahan. Namun, juga ada nilai sejarah yang harus banyak orang ketahui agar hidupnya menjadi lebih bermakna. Anda bisa mengajak anak-anak untuk pergi ke museum. Hal itu sangatlah baik, karena Anda telah menanamkan kepada generasi penerus bangsa agar menghargai sejarah. Pengetahuan sejak dini juga akan membentuk karakter patriotisme.

Berwisata sejarah di kota Jakarta tidak akan membosankan, karena Anda juga bisa menyantap kuliner khas setempat. Hal itu tentu tidak ada di kampung halaman Anda yang bukan berasal dari Jakarta. Anda yang memang bermukim di Jakarta harus menyempatkan diri datang ke situs-situs zaman dahulu bersama keluarga. Keseruan pasti akan tercipta jika pergi beramai-ramai dengan orang-orang terdekat. Mulai dari sekarang Anda bisa memilih mana tempat yang pas atau bisa juga pergi ke semua tempat wisata di Jakarta yang sudah direkomendasikan.

News Feed