by

Review Smartphone Samsung Galaxy S21 5G

Dari  ribuan Smartphone flaghip yang kini hadir di Indonesia saat ini, hanya sedikit pilihannya bagi mereka yang menginginkan perangkat peforma dan powerfull & kemampuan kamera yang jernih. Namun untuk terlahirnya Samsung Galaxy S21 5G hadir di Indonesia. Setelah varian plus dan ultra yang lebih dulu diresmikan. Munculnya Samsung Galaxy S21 5G ini bisa dibilang sangat menjadi yang di tunggu-tunggu di Indonesia, terutama untuk mereka yang cari flagship berdimensi yang sangat kecil. Dengan harganya juga tergolong sangat miring, lebih murah dari model-model yang sebelumnya, kalau beli di masa penjualan pertama ya memang ada yang ‘’dikurangi’’ dari seri sebelumnya.

Ukuran layarnya pun merupakan yang paling besar jika dibandingkan dengan seri Galaxy S21 dan lainnya, yakni berukuran 6,8 inch dan 6,2 inch. Membahas mengenai sebuah layar, tidak cukup heran jika S21 Ultra menghadirkan dengan teknologi yang berpanel AMOLED 2X yang memiliki refresh rate hingga 120 Hz. Agar tidak boros daya, refresh rate tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan konten yang ditampilkan. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup membuka pengaturan pada layar ponsel mu. Kemudian pilih opsi adaptive. Opsi ini menawarkan refresh rate otomatis dari 10 Hz hingga 120 Hz. Refolusi layar yang dibawa S21 Ultra adalah WQHD+ atau 3200 x 1440 piksel.

Desain

Tampilan Samsung Galaxy S21 Ultra sebetulnya sama dengan seri S21 lainnya. Samsung menyebutnya dengan ‘’contour cut’’. Tampilan yang muncul lebih segar. Membuat pengguna lebih nyamaan menggunakan ponsel yang satu ini, tampilannya juga begitu besar menjadikannya meluas hingga ke bazel menjadi semacam pernyataan tegas mengenai dominasi kekuatan kamera S21 Ultra itu sendiri. Kombinasi ini membuat tampilan menjadi tak gampang kotor oleh sidik jari. Hanya ada 2 varian warna di tanah air.

Peletakan port dan tombol sepenuhnya sama dengan Galaxy S20 Ultra. Di sebelah kanan terdapat tombol power dan volume. Satu garis antenna berderet dengan dua lubang mikrofon di bagian atas. Sementara sisi kiri bersih tanpa tombol apapun, lalu dibagian bawah ada port USB-C, Slot SIM, grill speaker dan sebuah lubang microfon. Selain di tempati modul kamera, bagian belakang S21 Ultra hanya memiliki grafik lambang Samsung dengan warna senada dengan finishing glossy.

Kamera

Jika mengandalkan soal kecepatan menangkap gambar, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G jagonya. Mampu melakukan fokus dengan sangat cepat. Dibantu oleh laser AF sensor, kami tak mengalami masalah berarti saat mencoba fokus pada sebuah objek. Seri Ultra ini menggunakan sensor ISOCELL Bright HM3 108MP baru yang menghadirkan peningkatan fokus dan kinerja dalam kondisi pencahayaan rendah terutama jika di pandu oleh teknologi laser yang baru.

Baterai

Dengan ukuran dimensinya yang mungil, tentu saja kapasitas baterai yang diusung oleh Samsung Galaxy S21 5G bakal lebih ngepas. 4,000 mAh, mendukung fast charging 25 watt kabel dan 15 watt nirkabel. Standar fast charging nya memang bukan yang paling cepat diantara flagship Android lainnya, sehingga butuh waktu lama untuk mengisi daya hingga penuh. Untuk mengisi daya 30 menit baru mencapai 50%, sementara untuk mencapai 100% membutuhkan 75 menit. Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih hanya sekitar 4 jam saja, dan untuk pemakaian sehari-hari, bisa tahan dari pagi hingga malam hari. Asal tidak akses kamera terlalu sering, karena persentase baterai bisa menurun drastis.

News Feed