by

Review Smartphone Samsung Galaxy A72

Perang Smartphone mid range di Indonesia saat ini sedang panas. Beberapa Band-brand  berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Salah satunya Smartphone Samsung Galaxy A72 yang di luncurkan Oleh produk Samsung. Yang di bandrol dengan seharga 7 jutaan. Menariknya, seri ini menawarkan berbagai fitur yang begitu cukup lengkap, moderen yang hadir di Smartphone flagship mereka. Beratnya pun tak terlalu berat, yakni sekitaran 203 gram.

 Samsung ini dapat membuat perangkat ini ringan di karnakan bagian penutup bagian belakang terbuat dari polycarbonate, sangat enteng namun tetap kokoh. Selain itu, tanpa menggunakan casing pun perangkat ini tidak terasa licin sama sekali. Dilihat dari dimensinya pun tidak terlalu besar, dengan Panjang 165 mm Dan lebar sebesar 77.4mm. tampilan halaman utamanya berukuran 6,7 inci dan memiliki ketebalan yaitu sebesar 8,4mm. ini merupakan ukuran yang sangat cocok untuk di genggam dengan nyaman.

Desain

Ketika pertama kali saya melihat smartphone ini, pertama kali yang saya ingat adalah Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Mungkin karena bentuk kameranya yang sangat mirip banget, yang keempat sudutannya lebih sangat keren. Dari keempat varian warna yang ada, warna Awesome Black yang sangat begitu luas tergolong sangat menarik dan mampu menyembunyikan bekas sidik jari, alias tak mudah kotor. Tampilannya yang sangat mulus termasuk pada bagian bazel yang punya aksen chrom, meski saya gunakan secara serampangan. Sehingga untuk daya tahan, cukup begitu baik dat tak usah khawatir meski belum terbuat dari material kaca.

Jika bagian Smartphone ada yang kotor di siram aja menggunakan air bersih, karena Samsung Kembali memberikan sertifikasi IP67. Alias tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meteer dalam waktu kurang dari 30 menit. Bahkan flagshipnya pun saja masih ada yang mengeluarkan tanpa IP rating. Sehingga cukup mengejutkan bila produk Samsung ini memutuskan untuk Kembali menghadirkan fitur-fitur tersebut.

Kamera

Berbicara pada bagian kameranya, secara spesifikasi hardwere, setup kamera Samsung Galaxy A72 ini pesis sekali dengan Samsung Galaxy A71. Ada sensor 32 MP di depan, sensor utama 64MP f/1.8 dengan teknologi Quad bayer, 12MP ultrawide angle dan 5MP macro. Dua perbedaan utama dan ada stabilisasi, dan penggantian sensor depth menjadi sensor yang sangat special.

Untuk yang pertama kalinya produk Samsung ini, Di seri A72, Samsung menetapkan sensor telephoto 8MP dengan PDAF dan 3x optical Zoom. Sensor ini juga bisa memberikan zoom dengan maksimal 30x, sangat menyerupai Samsung Galaxy s21. Yang lebih kece lagi, sensor utama dan telefotonya juga dilengkapi dengan OIS. OIS juga sangat membantu perekaman Video yang lebih stabil. Baik kamera depan maupun belakang Samsung Galaxy A72 ini bisa merekam Video hingga 4k 30fps. Dan untuk perekamaan videonya 1080p di kamera belakang.

Layar

Untuk bagian layar pada Smartphone ini, mungkin sangat dibilang ada yang naik turun. Samsung Galaxy A72 punya layar extra luas dengan dimensi 6,7 inch, yang tentunya sudah menggunakan panel Super AMOLED. Yups benar sekali, pengguna smartphone kelas menengah ini dapat menikmati kehalusan transisi saat meng scrool atau konten dilayar hingga 90Hz. Selain itu juga,  saya tidak maslah dengan panelnya yang di buat flat. Hanya saja, untuk ukuran smartphone harga Rp 6-5 jutaan, keempat bazelnya terlalu tebal.

Baterai

Kapasita baterai Samsung Galaxy A72 ini sedikit membesar dari keluaran- keluaran  sebelumnya , yaitu mencapai 5000 mAh. Mungkin itu alasan Samsung membuat tampilan yang sedikit agak tebal.

News Feed