by

Ragam Ikan Hias yang ada di Indonesia

Indonesia termasuk ke dalam Negara perairan (teritorial) yang pastinya banyak terdapat biota air yang sangat cantik dan menawan. Banyak dari kita yang suka mengoleksi ikan hias diantaranya sebagai hobi, pekerjaan, sekedar suka, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Ikan hias adalah jenis ikan yang cantik yang baik berhabitat di laut maupun di air tawar yang di rawat dan dipelihara namun bukan untuk konsumsi. Memelihara ikan hias juga dapat memperindah dan mempercantik taman dengan kolam-kolam ikannya atau di dalam ruangan, banyak dari kita yang mempunyai rutinitas yang padat dan sangat sibuk sehingga tidak ada celah sedikit pun untuk merelaksasikan otak dari kesibukan-kesibukan yang ada.

Seiring perkembangan zaman yang modern banyak inovasi-inovasi modern yang perlu Anda coba salah satunya adalah membuat akuarium yang sama persis dengan keadaan kehidupan bawah laut mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk bisa merelaksasikan otak Anda di tengah kegiatan yang padat. Ikan hias ini dipelihara bukan hanya sekedar pelihara ikan saja namun Anda juga harus bisa merawatnya mulai dari memberi makan, sampai memperhatikan kebersihannya.

Pasokan air tawar dunia 75%nya adalah dari Indonesia, sekitar 363 jenis ikan hias air tawar yang ada di Indonesia yang sudah diekspor keberbagaian belahan dunia, tentunya kegiatan ekspor ikan hias ini sudah mendapat izin dari pemerintah sehingga legalitasnya terpercaya.

Ikan Hias Air Tawar

Jenis ikan hias air tawar adalah jenis ikan yang habitatnya berada di air tawar, ikan hias air tawar biasanya di pelihara di kolam atau akuarium dalam ruangan pemilihan tempat itu tergantung dari tujuan pemeliharaannya. Biasanya ikan yang di pelihara adalah ikan kecil yang cantik sehingga mata tidak bosan saat memandangnya karena dari keindahan warnanya. Namun, jika ingin memelihara ikan hias untuk dibudidaya biasanya dipelihara di kolam.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

  • Oscar

Ikan hias ini berasal dari perairan tawar Amerika Selatan. Dengan ukuran seperti ikan nila yang ada di perairan air tawar Indonesia dan gerakannya pun mirip. Warna hitam yang menjadi warna dasar dari ikan ini dan sekeliling badanya terdapat warna oren yang menonjol,. Kemudian ada juga yang berwarna Albino atau putih pucat dengan titik-titik oren di seluruh badanya atapun albino tanpa polos tanpa titik-titik oren di badannya.

  • Arwana

Ikan hias ini memiliki asal yang berbeda-beda ada yang dari Brazil dengan nama Arwana Silver, Arwana Hijau dari Kalimantan Barat, Arwana Emas dari Sumatra, dan Arwan Super Red dari Kapuas Hulu Indonesia. Ikan arwana sendiri masih termasuk ikan cantik yang hidup pada zaman purba sampai sekarang, ciri dari ikan Arwana purba adalah telurnya yang besar sebesar telur burung puyuh. Yang menjadikannya cantik adalah sisiknya yang mengkilat dengan warna-warna yang mencolok.

  • Maskoki

Ikan hias maskoki/koki ini berasal dari China yang di budidaya oleh masyarakat, sekitar tahun 960 sampai 1729. Ikan hias koki adalah ikan air tawar yang habitatnya hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang serta dengan keadaan udara yang sejuk. Warna dari ikan koki ini bervariasi yang cantik untuk dipelihara di akuarium dalam ruangan rumah kita, ada yang berwarna putih, metalik, kuning, merah, merah kekuning-kuningan, hitam, hijau, dan warna kombinasi dari hijau dan hitam.

Menurut ilmuan manfaat dari memelihara ikan hias adalah bisa mengurangi stres saat kegiatan padat sedang menghampiri kita dan mampu menenangkan pikiran kita. Jadi saran saya untuk Anda yang mempunyai kesibukan dan kegiatan padat sampai tidak ada waktu sedikit pun untuk bisa menikmati liburan, agar memelihara ikan hias dalam akuarium di ruangan Anda agar dikala Anda sedang suntuk Anda bisa melihat ikan hias yang Anda pelihara untuk mengurangi stres Anda.

News Feed