Review Spesifikasi Smartphone Poco X3 Pro

Gadget23 views

Pada perkembangan jaman yang pesat ini, banyak sekali smartphone yang mampu menjalankan game-game tinggi.  Dan perangkat ini memakai system on chip yang bisa di lontarkan di buat untuk smartphone mainstream dan bahkan enrty level. Namun sangat beda sekali dengan apa yang dilakukan oleh HP Poco. Pada Saat ini, Poco X3 pro merupakan Ponsel mainstream yang memakai chpset flagship.

Smartphone Poco X3 pro sudah mengindifikasikan diposisi pada rentang harga tersebut. Dan karena itu, poco menggunakan soC baru rasa lam dari Qualcomm yang pernah memberikan tenaga untuk smartphone-smartphone flagship. Snapdragon 860 memiliki teman kembar dari snapdragon 855+ yang pernah digunakan pada smartphone-smartphone gaming dengan harga 8 juta hingga 10 jutaan.

Jika di bandingkan dengan saudara-saudaranya, Poco X3 NFC, perangkat ini juga memiliki tampilan dari segi desainnya. Akan tetapi jika melihat dari spesifikasinya, keduanya cukup berbeda.  Ada bagian-bagian tertentu pada Smartphone Poco X3 NFC, seperti sensor kamera, yang lebih unggul di bandingkan dengan Poco X3 pro ini. namun dari segi kinerja, Poco X3 pro ini memang sangat lebih unggul.

SoC yang di gunakan pada Poco X3 pro masih terdeteksi sebagai Snapdragon 855+. Keduanya memang sebenernya kembar, hal ini terjadi karena CPU-Z belum mengenali karakteristik dari snapdragon 860. Dan sebaliknya, AIDA-64 sudah bisa mengenali soC yang satu ini dengan sangat akurat

Dasain

Perangkat yang satu ini yang di bilang mirip seperti saudara kembar dari Poco X3 NFC. Jika di taruh  ber iringingan , maka saya yakin tidak bisa membedakan antara keduanya karena desain kameranya yang sangat kembar. Yaitu kameranya bundar berada di tengah belakang layar. Tulisan Poco juga menuliskan cukup besar pada bagian belakang bawahnya. Warna yang saya dapatkan yaitu Metal Bronze.

Layar smartphone Poco X3 pro ini memiliki resolusi 2400x 1080 pada layar dimensi 6,67 inch serta memiliki refresh rate 120HZ. Poco X3 pro ini sudah memakai layar dengan jenis Super AMOLED dan dilindungi dengan menggunakan Gorilla Glsass 6 sehingga terlihat lebih tahan terhadap goresan serta benturan

Pada bagian layar belakang nya akan ditemukan sebuah lubang ruang bundar dengan empat buah kamera dan sebuah lampu LED flash. Kamera utamanya adalah 48 MP berada pada sisi kanan atas LED berada pada kiri atas. Kamera ultrawide ada pada bagian tengah . kamera makro ada pada bagian sebelah kiri bawah dan di sebrangnya adalah dept sensor.

Pada bagian atasnya ditemukan sensor inframerah, microphone dan speaker tambahan untuk menyajikan suara streo. Dan pada bagian bawahnya terdapat slot USB-C, speaker, port audio 3,5 mm, serta microphone utama. Slot SIM serta MicroSD terletak pada bagian kirinya. Karena di bilang sangat mirip . pada bagian belakang layar utama  dari Poco X3 NFC dan Poco X pro akan bergerak sangat keras  saat pengguna mendengar kan music dengan speaker.

Kamera

Bicara soal kamera, Smartphone poco X3 pro ini memiliki sensor 64 MP dan pada Poco X3 pro sensornya hanya 48 MP. Namun pada Poco X3 pro, sensor yang terpasang adalah buatan sony dengan IMX 582 yang tidak mendukung rekaman 4k 60fps. Kamera utamanya dapat mengfambil gambar pada siang hari dengan apik. Warnanya cukup akurat, tingkat nois cukup rendah, dan ketajamanya yang cukup baik.

Baterai

Pengujian baterai Smartphone Poco X3 pro memamg memakan waktu yang cukup lama. Dengan soC yang membutuhkan waktu tenaga exstra. Refresh rate120H, dan layar Full HD+, tentunya perangkat ini akan sedikit lebih boros jika di bandingkan dengan smartphone yang memiliki rentang harga yang sama.