by

Pasukan Elite TNI yang Harus Kamu Tahu

-Berita-63 views

Apakah kamu tahu Indonesia juga mempunyai pasukan elite yang sangat disegani dunia militer. Dengan pasukan elite tersebut yang terdiri dari prajurit Tentara Republik Indonesia atau umum disapa TNI yang pilihan yang telah tergabung dalam beberapa regu khusus. Yaitu ada enam regu khusus yang berasal dari tiga matra, diantaranya Angkatan Darat (DA), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU), yang sangat disegani dunia.

Dalam HUT ke-75 TNI yang lalu yangdan  jatuh pada hari ini, Senin tanggal  5 bulan Oktober tahun 2020, saya juga telah menulis tentang sembilan pasukan khusus paling mematikan yang dipunyai oleh TNI.

Mendengar dan melihat dari berbagai sumber, berikut ada dua pasukan elite yang sangat mematikan dan menyeramkan menurut saya oleh TNI dan disegani oleh dunia diantaranya:

1. Pasukan Elite Denjaka

Denjaka atau kepanjangannya (Detasemen Jalamangkara) adalah detasemen penanggulangan teror aspek laut yang juga berasal dari TNI Angkatan Laut atau AL. Karena Denjaka merupakan satuan gabungan dari personel Komando Pasukan Katak ataua Kopaska dan dengan Batalion Intai Amfibi atau Taifib Korps Marinir TNI-AL.

Dalam anggota Denjaka juga telah dididik di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, dan wajib menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL dengan kepanjangannya adalah (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Dengan lama pendidikan untuk menjadi anggota Denjaka adalah enam bulan saja.

Kemudian juga dikabarkan, tidak banyak para prajurit TNI yang mampu lolos dalam pendidikan untuk menjadi anggota Denjaka. Walaupun dari ratusan prajurit yang ikut pendidikan, namun hanya sekira 50 yang akan terpilih menjadi anggota Denjaka. Ini dikarenakan, anggota Denjaka wajib mempunyai IQ tinggi dan juga harus kuat menjalani latihan keras yang dapat mengancam nyawa.

Detasemen ini juga mempunyai moto Satya Wira Dharma ini yang dikhususkan untuk satuan anti teror meskipun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja khususnya anti teror aspek laut. Dan pada berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 1 anggota Denjaka setara dengan 120 prajurit biasa sungguh sangat menyeramkan bukan.

2. Pasukan Elite Yontaifib

Yang Kedua ada pasukan elite dari Batalyon Intai Amfibi yang disingkat Yon Taifib merupakan satuan elit Korps Marinir yang mempunyai spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi yang juga disebut Amphibious reconnaissance dan Pengintaian Khussus atau Special reconnaissance.

Dalam kesatuan ini juga sebanding dengan halnya Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus yaitu dalam jajaran TNI Angkatan Darat. Karena dahulunya satuan ini juga dikenal dengan nama KIPAM atau kepanjangannya Komando Intai Para Amfibi.

Agar bisa menjadi anggota YonTaifib, sehingga calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan dari mulai mental, fisik, kesehatan, dan juga telah berdinas aktif minimal dua tahun. Karena ada salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, yakni adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km sangat tidak bisa dibayangkan.

Jika sudah masuk satuan ini kemudian direkrut lagi sebagai prajurit terbaik untuk masuk kedalam Detasemen Jala Mangkara atau dikenal Denjaka, pasukan elitnya TNI Angkatan Laut yang sangat menyeramkan.

Nah, itu dia tadi beberapa pasukan elite yang dimiliki oleh TNI yang sangat sangar dan menyeramkan sehingga pasukan ini sangat di takuti oleh semua prajurit dalam negeri maupun luar negeri. Apakah kamu juga berminat masuk ke pasukan elite ini.

News Feed