by

Review Smartphone OPPO A74 5G

Membicarakan teknologi komunikasi generasi kelima atau yang sering di sebut dengan 5G, belum tersedia secara komersil di tanah air. Sudah sejauh ini keberadaan koneksi 5G di Indonesia, baru sebatas uji coba yang dilakukan pihak vendor maupun operator, tetapi, kondisi tersebut tidak membuat perkembangan ekosistem 5G di tanah air tersendat, pelan-pelan para vendor mulai gencar menggoda konsumen dengan produk jaringan 5G di Indonesia. Oleh karena itu, salah satu vendor paling agresif dalam mengembangkan sebuah ekosistem jaringan 5G di tanah air, OPO baru saja merilis OPPO A74 5G.

Jujur saja, cukup sulit untuk membandingkan mana yang terbaik. Deri segi layar misalnya, OPO A74 menggunakan panel AMOLED lengkap dengan fitur in-display fingerprint 3.0, sedangkan refresh rate nya sebatas 60Hz. Di sisi lain juga, OPPO A74 5G masih menggunakan panel IPS dengan refresh rate lebih tinggi yaitu 90Hz, tetapi sensor sidik jarinya terletak di bagian samping. Ini adalah kali pertamanya OPPO merilis Smartphone 5G dari keluarga Seri A. selain itu juga Smartphone OPPO A74 5G juga mengkonfirmasi bahwa menjadi Smartphone termurah saat ini di Indonesia. Kemudian Kembali lagi ke bagian peforma, Meskipun OPPO A74 5G di tenagai Snapdragom 480 lebih maju, dengan fabrikasi 8nm dengan prosesor kryo 460 dan GPU Adreno 619. Sementara, Snapdragon 662 dibuat seperti dengan fabrikasi 11nm, prosesor kryo 260, dan GPU Andreno.

Desain

Yang membuktikan Bahwa OPPO A74 berada di kelas menengah adalah indicator yang berada di kelas memnengah yaitu panel AMOLED yang beresolusi FHD+ (2400x1080pixel). Dengan luas yaitu 6,43 inch dengan didukung punch-hole yang ditempatkan di pojok kiri atas untuk menempatkan kamera depan yang beresolusi 16MP, dengan memakai aspek rasio 10:9 dan mempunyai bazel tipis dengan screen to body ratio di angka yaitu 90,8%.

Pemakain AMOLED juga sangat memungkinkan Smartphone OPPO menyematkan fitur in-display fingerprint 3.0. sayangnya OPPO mengurangi refresh rate yang sengaja di kurangi oleh OPPO agar seimbang . di tempat saudaranya, OPPO A74 5G yang memiliki refresh rate 90Hz, tetapi panel ini dipakai masih menggunakan IPS.

Fitur Tambahan

Ponsel OPPO A74 5G hadir dengan didukung platfrom ColorOS 11.1, yang berbasis Android 11. Platfrom ini memboyong berbagai menu yang sangat menarik yang mampu memberi rasa nyaman, kepada setiap pengguna OPPO A74 5G. seperti fitur Assistant privacy, yang dapat menjaga aktif data pribadi dan privasi agar tetap bersih dan aman tentunya. Sementara itu, fitur Screencast Privacy Shield berguna memblokir pesan dan juga memberikan sensitive agar tidak ditampilkan Ketika perangkat di hubungkan ke layar presentasi,

Baterai Gede

Baterai untuk jaman yang masa kini, tentunya kita sangat membutuhkan baterai yang sangat besar untuk menemani aktivitas kita sehari-hari. Smartphone OPPO ini hadir dengan mendukung Baterai besar yang berkapasitas sebesar 5000mAh. Yang saat di uji oleh tim OPPO baterai 5000mAh tersebut, mampu bertahan aktif selama seharian penuh.

Berbekal Super Power saving mode, Ponsel OPPO A74 5G ini dapat menerapkan serangkaian strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, dan menerapkan serangkaian opsi manajemen daya,

Kamera Super Jernih

Smartphone OPPO A74 5G ini sangat memperhatikan fitur kamera, OPPO juga selalu memperhatikan fitur kamera terbaik sesuai dengan levelnya. Ponsel ini di dukung dengan beresolusi 48MP Al Quad camera yang mencakup kamera utama yaitu 48MP, kamera pojok lebar 8MP, kamera hitam putih 2MPserta kamera selfie sebesar 16 MP.