by

Letak Geografi Hong Kong Anda Perlu Tahu

Hai, Teman-teman kali ini saya akan membagikan informasi tentang Letak Gografis Hong Kong Sebenernya agar kita tau dimana sih Hong Kong sebenarnya yuk kita simak dengan seksama.

1. Letak Hong Kong

Letak Hong Kong Sebenarnya berada di laut Tiongkok Selatan sekitar 60 Km (37 Mil) sebelah Timur Makau sedangkan di sisi berlawanan dari Delta Sungai Mutiara. Hong Kong di kelilingi Laut Tiongkok Selatan di Timur, Selatan, dan Barat serta berbatasan dengan Kota Shenzhen di sebelah Utara, di Sebrang Sungai Sham Chun yaitu sungai Shenzhen. Hong Kong memiliki luas wilayah sekitar 1104 Km2 terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories, lebih dari 200 pulau lepas pantai yang ada di Hong Kong, terdapat Pulau Lantau yang terbesar di Hong Kong sedangkan Hong Kong yang terbesar kedua Populasinya adalah yang terbesar. Dari data di atas keseluruhan total luas wilayah yang ada di Hong Kong sekitar 154 Km2 dengan pembagian darat dan laut. Luas lautnya 50 km2. Sejauh 3 Mil luas laut (5.6 Km) yang telah di Klaim oleh Hong Kong yang menjadikan Hong Kong memiliki luas daratan di urutan ke-179 Dunia.

Karena sebagian besar daratan Hong Kong 25% nya ada pegunungan yang curam luas wilayahnya yang terbangun dan sekitar 40% sisa daratan yang dijadikan taman Kota dan cagar Alam. Hutan Hujan Sekunder menjadi Dominasi Vegetasi di cagar alam Hong Kong, itu terjadi karena dataran rendah di Hong Kong. Sedangkan hutan primernya sudah hancur saat terjadi perang Dunia II yang begitu Dahsyat menghantam kawasan Hong Kong, sebagian besar pengembangan Kota yang di lakukan pemerintah Hong Kong berada di Semenanjung Kowloon, sepanjang pesisir utara pulau Hong Kong, dan seluruh bagian New Terittories. Tai Mon Shan menjadi titik tertinggi di Hong Kong dengan ketinggian yang mencapai 957 Mdpl (Meter di atas permukaan laut) atau setara 3140 fit, banyak sungai di pantai yang di akibatkan oleh panjangnya pesisir di Hong Kong.

2. Prestasi Hong Kong

Pada tanggal 18 September 2011, UNESCO memasukkan Hong Kong sebagai National Geopark ke dalam Global Geoparks Network. Kawasan yang di catat oleh UNESCO di Hong Kong Geoparl terdiri dari 8 Geo-Area yang terbagi sepanjang kawasan batuan Vulkanik Sai Kung dan Kawasan Batuan Sedimen Timur Laut New Territories pada Letak Hong Kong Sebenarnya.

Hong Kong bertujuan untuk menjadikan Kota-nya menjadi Kota Kelas Dunia serta memiliki Udara Ventilasi yang bersih meski padat penduduk. Dengan tujuan tersebut mendasari apa saja isu penting yang harus diselesaikan sehingga terbentuk peraturan yang di ciptakan oleh pemerintah setempat untuk bisa dipatuhi oleh penduduknya.

3. Mewujudkan Hong Kong menjadi Kota Kelas Dunia

Hal yang harus dilakukan dan diatur adalah mengenai intensitas dan massa bangunan di wilayah Hong Kong, dengan cara mentransisi antara Daerah Kota dengan Pedesaan, namun tetap mempertahankan pemandangan alam yang natural maka ketinggian bangunan yang akan didirikan tidak boleh melewati area kosong dibawah garis bukit di pedesaan.

Hong Kong sendiri bertujuan menjadi daerah rekreasi dengan desain yang menarik pengunjung dengan menggunakan area komersil dan pariwisatanya. Jalan dan ruang terbuka menjadikan pengunjung mendapat akses yang mudah sehingga tidak membosankan dalam perjalanan. Sedangkan untuk mencapai tujuan yang kedua adalah mendapat udara Ventilasi yang bersih di dalam Kota, dengan cara membangun gedung yang telah disesuaikan dan dirancang agar tidak menghalangi angin sehingga udara masuk ke perkotaan menjadi segar.

Terima kasih semoga informasi tantang Letak Hong Kong Sebenarnya bisa menambah wawasan kita dan semoga informasi tadi bermanfaat untuk kita semua

News Feed