Inilah 6 Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui!

Pendidikan16 views

Perkembangan teknologi yang semakin maju turut membuat banyak orang mulai menyadari tentang pentingnya kemampuan bahasa Inggris. Pasalnya, bahasa Inggris kini menjadi hal penting yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengakses informasi dan jenjang karir yang lebih tinggi.

Untuk lebih jelasnya, aku akan memberikan beberapa alasan tentang pentingnya kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu pahami dalam artikel ini.

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris tidak hanya penting digunakan untuk berkomunikasi dengan orang asing saja, lho. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu juga bisa meningkatkan value dirimu sendiri untuk mendapatkan berbagai kesempatan, baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat pentingnya kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu simak!

Untuk Menjaring Relasi Lebih Luas

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai oleh masyarakat global. Bahkan, ada lebih dari 1 miliar orang di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Oleh sebab itu, bahasa Inggris sangat diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia.

Kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan membuatmu lebih percaya diri ketika berbicara dengan orang asing. Kepercayaan diri inilah yang dapat menjadi modal utama untuk menambah relasi atau pertemanan dengan orang-orang yang berasal dari negara lain.

Peluang untuk Mengembangkan Karir

Komunikasi merupakan salah satu faktor paling penting dalam pengembangan karir. Untuk menunjangnya, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk berkomunikasi dengan rekan kerjamu.

Selain itu, kemampuan bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, terutama perusahaan yang berada pada level multinasional. Maka, tak heran apabila saat ini ada banyak perusahaan yang menjadikan penguasaan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat seleksi karyawannya.

Memudahkan dalam Bidang Akademik

Di bidang akademik, bahasa Inggris juga sering digunakan sebagai bahasa pengantar studi. Sebab, kemampuan bahasa Inggris sangat penting diaplikasikan dalam dunia profesional.

Selain itu, hampir semua sumber literatur, baik buku, artikel, maupun hasil penelitian yang menggunakan bahasa Inggris. Alasan utamanya agar seluruh sumber literatur tersebut dapat digunakan sebagai referensi di seluruh dunia.

Agar Tidak Ketinggalan Tren

Kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan membuatmu terlihat keren di mata orang lain. Sebab, selain dapat memudahkanmu untuk berkomunikasi dengan orang asing, bahasa Inggris juga bisa membantumu mengikuti perkembangan tren yang ada.

Dalam budaya pop misalnya, ada berbagai film, buku, hingga lagu populer yang dihasilkan dalam bahasa Inggris yang bisa dengan mudah kamu pahami. Kamu juga bisa mengadopsi kata-kata baru yang didapat dari sana ke dalam percakapan sehari-hari.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Setiap tahunnya, ada berbagai teknologi baru yang dikembangkan dan dikenalkan pada masyarakat umum. Dalam peluncuran alat-alat teknologi baru ini, bahasa Inggris menjadi bahasa utama yang digunakan.

Alat-alat teknologi tersebut juga biasanya menggunakan bahasa Inggris daam penggunaannya. Maka dari itu, kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat dibutuhkan untuk memahami cara kerja dan penggunaan teknologi tersebut.

Sebagai Syarat Beasiswa Luar Negeri

Penguasaan bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Untuk membuktikannya, kamu perlu menunjukkan sertifikat khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrismu.

TOEFL merupakan salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan sebagai syarat melanjutkan studi ke universitas di Amerika dan Kanada. Umumnya, skor TOEFL yang dibutuhkan adalah di atas 550.

Sementara IELTS sering digunakan apabila kamu ingin mendaftar ke universitas di Inggris dan Australia. Setiap universitas memiliki standar tersendiri, namun agar bisa lolos, kamu perlu mendapatkan skor IELTS di atas 7,0.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya kemampuan bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Jadi, sekarang tidak ada alasan lagi untuk malas belajar bahasa Inggris, kan?