by

Demografi Hong Kong

1. Populasi Penduduk di Hong Kong

Demografi Populasi Penduduk di Hong Kong adalah bekas Koloni (penjajahan) Bangsa Inggris. Hong Kong memiliki julukan Mutiara Dari Timur karena Hong Kong berada di kawasan Asia Timur. Teritorial Hong Kong berbatasan dengan laut China selatan, Negara Makau, dan Kota Shenzhen di sebelah utara. Dengan luas wilayah kurang lebih 1,108 Km2, dengan ibu Kota-nya adalah Kota Hong Kong.

Berdasarkan Data Kependudukan di Hong Kong Populasi Warga Hong Kong sekitar 7.496.981 Jiwa selama kurun waktu satu tahun warga Hong Kong mengalami peningkatan populasi sebesar 0.82% dari tahun 2019-2020 atau jika di hitung secara jiwa sebanyak 60.827 Jiwa.

2. Mayoritas Etnis di Hong Kong

Hong Kong memiliki Demografi Etnis Hong Kong yang mayoritasnya orang Tionghoa dengan persentase sekitar 93.6%, dengan bahasa Kanton yang berasal dari Provinsi Guangdong. Sedangkan etnis non-Tionghoa sekitar 6,4% beberapa diantaranya adalah orang India, Pakistan, Nepal dan pengungsi dari Vietnam yang sudah permanen tinggal di Hong Kong. Ada pula warga Indo yang kebanyakan adalah pekerja Buruh Domestik Asing (TKI dan TKW) yang berada di Hong Kong di perkirakan sekitar 252.500 Jiwa orang Indonesia yang tinggal di Hong Kong.

3. Pendidikan di Hong Kong

Sistem Pendidikan yang ada di Hong Kong dulunya mengikuti system yang di bawa Koloni Inggris, namun ada juga system Internasional yang di terapkan di sana. Di Hong Kong masih di terapkan Bhasa Ibu (Hanzi) yang di tetapkan oleh Pemerintah, serta penulisan menggunakan Mandarin dan Inggris sebagai pengantar. Dwibahasa dan Tribahasa di tekankan kepada sekolah menengah serta pendidikan berbahasa Mandarin juga semakin meningkat. Hong Kong menduduki peringkat ke-2 Dunia pada Sistem Pendidikan-nya yang dinilai oleh ( Program Penilai Siswa Internasional ).

Biro Pendidikan Hong Kong yang menjalankan sekolah-sekolah yang ada di Hong Kong. System ini terdiri dari Taman anak-anak selama 3 tahun (tidak wajib), pendidikan Dasar 6 tahun (wajib), pendidikan menengah 3 tahun (wajib), dan pendidikan menengah atas 2 tahun (wajib), dari pendidikan menengah atas dan Matrikulasi 2 tahun agar bisa mendapatkan Sertifikat Ujian Pendidikan Hong Kong dan Advanced Level Examination. Namun kurikulum system pendidikan di Hong Kong berubah pada tahun 2009 yang mewajibkan seluruh siswa untuk menerima pendidikan wajib 3 tahun di sekolah menengah pertama dan wajib 3 tahun di sekolah menengah atas dengan di berlakukannya Kurikulum baru hanya ada satu ujian yaitu Diploma Pendidikan Menengah Hong Kong.

Di Hong Kong terdapat 8 Universitas Negeri dan 1 Universitas Swasta, Universitas yang popular di Hong Kong salah satunya Universitas Hong Kong ( HKU ), didirikan pada tahun 1910-1912. Kompetisi anatar siswa agar bisa masuk ke Universitas semakin tinggi karena ketatnya penerimaan Mahasiswa baru.

4. Budaya di Hong Kong

Hong Kong di kenal dan disebut-sebut tempat Timur dan Barat bertemu, campuran kebudayaan Tiongkok dengan di pengaruhi budaya barat ketika menjadi Koloni Inggris, Konsep Feng Shui sangat penting dengan proyek konstruksi mahal pada umumnya. Kepercayaan kuno juga masih melekat di Hong Kong salah satunya penolakan Roh jahat menggunakan Ba Gua (berbentuk Kaca).

Institusi Museum Sejarah Hong Kong, Museum Hong Kong, Hong Kong Academy for Performing Arts dan msiih banyak lainya yang telah di dukung oleh Pemerintah Hong Kong dengan tujuan memperkenalkan Kebudayaan ke kanca Internasional.

News Feed