by

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana?

Bagaimana sih cara kerja panel surya secara sederhana? Anda ingin tahu? Jika iya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai habis. Sebelum Anda tahu bagaimana cara kerja panel surya sederhana tersebut, ada baiknya jika Anda tahu apa itu panel surya / solar panel terlebih dahulu. Panel surya merupakan perangkat yang bisa mengubah energi cahaya menjadi arus listrik dan sangat dibutuhkan dalam PLTS. Energi terbarukan seperti PLTS banyak dilirik, mengapa? Karena saat ini sudah banyak yang ketergantungan dengan listrik konvensional dan membuat tagihan menjadi membengkak. Lalu bagaimana cara kerja panel surya secara sederhana dalam PLTS tersebut? Yuk simak!

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya sederhana yang dipasang di atap saat ini semakin banyak diminati dan populer. Sistem pembangkit listrik jenis ini sangat mudah untuk diimplementasikan karena memiliki kapasitas yang bisa disesuaikan dengan luas atap bangunan. Panel surya sendiri terdiri dari kumpulan sel-sel surya dan terdiri dari dua lapisan silikon yang saling menempel yaitu silikon tipe-n dan tipe silikon tipe-p. Kedua lapisan tersebut terdiri dari lapisan silikon murni semikonduktor intrinsik. Semikonduktor terdiri dari ikatan atom yang terdapat elektron sebagai penyusun dasarnya.

Nah, cara kerja panel surya diwakili oleh beberapa lapisan silikon tipe-n dan tipe-p yang digunakan sebagai pembentuk suatu medan listrik yang bisa menghasilkan listrik. Saat semikonduktor tipe-p dan tipe-n terhubung akan membuat elektron tersebut bergerak dari semikonduktor tipe-n ke tipe-p. Hal tersebut menyebabkan kutub positif pada semikonduktor tipe-n, begitu pula sebaliknya akan terjadi kutub negatif pada semikonduktor tipe-p.

Ketika cahaya matahari terkena pada lapisan silikon tipe-n dan tipe-p akan menyebabkan elektron bergerak dari semikonduktor menuju ke kontak negatif, kemudian dilanjutkan sebagai listrik. Sebaliknya, hole akan bergerak menuju ke kontak positif sampai menunggu elektron datang.

Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana

Jika Anda masih bingung dengan cara kerja panel di atas, kami akan memberikan informasi tentang cara kerja panel surya yang lebih sederhana. Nah, cara kerja panel surya secara sederhana yang pertama panel bisa menghasilkan listrik dengan sistem yang disebut fotovoltaik yang bisa mengubah energi matahari menjadi energi arus listrik.

Selanjutnya, listrik yang dihasilkan sistem panel surya tersebut bisa digunakan secara langsung. Misalnya saja lampu, pompa, radio dan sebagainya. Listrik yang dihasilkan juga bisa digunakan berbagai macam peralatan rumah tangga seperti AC, televisi dan sebagainya menggunakan inverter atau sistem VAC. Energi listrik yang dihasilkan panel surya bisa Anda gunakan selama 24 jam. Hal itu karena daya akan tersimpan di dalam baterai.

Yang Terjadi Pada Panel Surya

Panel surya mampu menghasilkan energi selama puncak penyiaran dengan waktu kurang lebih 5 jam per harinya atau memiliki variasi 30%. Efisiensi panel surya sangat dipengaruhi oleh iklim, lokasi dan sebagainya. Produktivitas panel surya paling besar berada di NTT, NTB, dan sebagian besar berada di Papua. Untuk produksi yang paling kecil lokasinya berada di Jakarta. Semakin banyak sel surya yang terpasang maka semakin besar voltase arus yang dihasilkan.  Maka dari itu, sel surya sebaiknya disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan listrik Anda.

Mengapa Menggunakan Panel Surya?

Nah, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mulai menggunakan energi alternatif atau terbarukan seperti panel surya seperti berikut ini:

  1. Hemat Listrik

Jika Anda sering bingung dengan tagihan listrik yang membengkak, Anda bisa mulai mempertimbangkan menggunakan panel surya. Mengapa? Alasannya karena panel surya bisa menghemat biaya listrik Anda hingga 50% wah, keren ya! Listrik yang Anda pakai sehari-hari bisa menggunakan listrik yang berasal dari panel surya, sehingga Anda tidak membutuhkan listrik konvensional. Hal tersebut membuat biaya atau tagihan listrik Anda jauh lebih hemat.

  • Bisa Diterapkan di Indonesia

Jangan khawatir jika Anda ingin memasang panel surya di Indonesia. Panel surya sangat cocok dipasang di Indonesia karena negara tropis. Dengan cahaya matahari yang melimpah panel surya bisa menghasilkan energi listrik yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari.

  • Lebih Ramah Lingkungan

Jika Anda menggunakan listrik dengan tenaga surya itu tandanya Anda telah berpartisipasi menjaga kelestarian alam. Mengapa demikian? Hal itu karena energi yang didapatkan dari PLTS sumbernya dari energi yang ramah lingkungan dan berasal dari alam yaitu matahari. Tidak ada pembakaran dan pencemaran seperti yang dilakukan pada energi listrik konvensional yang bahan bakarnya dari batu bara.

Gunakan SUN Energy untuk Dapatkan Panel Surya Terbaik

Nah, Jika Anda berencana ingin memasang panel surya di rumah, kantor, mall, lokasi bisnis, pabrik dan tempat lainnya Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy. Mengapa SUN Energy? Hal itu karena SUN Energy menjadi perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya terbesar di Indonesia saat ini. Perusahaan pengembang yang satu ini telah memiliki proyek sebesar 49 MWp sejak tahun pendirian. SUN Energy juga mampu memberikan solusi terintegrasi, mulai dari konsep sampai dengan konstruksi.

Menariknya lagi, SUN Energy menawarkan produk panel surya yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda lho. Ada panel surya skala rumah tangga, gedung perkantoran, dan industri. Bagaimana biayanya? Tenang saja, kompetitif kok. Selain itu juga menawarkan pembiayaan yang inovatif seperti model pembayaran penuh, model sewa solar panel, dan model sewa berdasarkan kinerja produk. Ingin yang lebih ringan? Ada, SUN Energy juga memberikan zero investment alias DP 0% itu artinya Anda tidak perlu membayar pembiayaan investasi awal. Sangat menarik kan?

Hanya SUN Energy yang mampu memberikan panel surya terbaik, berkualitas dan sesuai kebutuhan Anda, silahkan hubungi kontak untuk berkonsultasi dan mengetahui cara kerja panel surya secara sederhana lebih lanjut ya!