by

Ini Alasan Transaksi Jual/Beli Obligasi melalui Digibank by DBS!

Ditengah gejokan ekonomi saat ini, obligasi menjadi salah satu jenis investasi yang mulai banyak dilirik oleh masyarakat, termasuk para millennial. Obligasi merupakan surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh pihak penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, yang dengan kata lain investor memberikan pinjaman pada pihak penerbit obligasi. Terdapat dua jenis penerbit obligasi yakni obligasi pemerintah dan obligasi swasta, namun dari keduanya yang lebih aman adalah obligasi pemerintah. Transaksi jual beli obligasi umumnya dilakukan di pasar obligasi.

Transaksi dalam pasar obligasi, penjualan obligasi dari issuer ke investor dilakukan di primary market, sedang jual beli obligasi dari investor ke investor hanya dilakukan di secondary market. Dari kedua market bonds ini memiliki beberapa perbedaan, terutama pada harga penjualan atau pembelian. Harga obligasi pada primary market relative 100% sama, sedangkan untuk obligasi pasar sekunder tergantung pada harga pasar.

Meningkatnya ketertarikan pada investasi obligasi tentu saja menjadi peluang bagi banking. Dengan mengusung transaksi teknologi digital, DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Aplikasi digibank by DBS merupakan produk DBS yang menawarkan pelayanan sebagai pasar obligasi, dengan kata lain secondary bonds.

Alasan transaksi obligasi melalui digibank by DBS           

  • Proses transaksi full online

Tidak perlu ribet dan membutuhkan waktu lama. Transaksi jual beli obligasi melalui aplikasi digibank by DBS seluruhnya online dan cepat. Mulai dari pembuatan SID, pemesanan, pembayaran, dan hingga penjualan obligasi dapat anda lakukan hanya dengan gadget.

  • Margin kompetitif

Sudah tentu tujuan investasi adalah memperoleh keuntungan. Dalam investasi obligasi, bunga atau keuntungan biasanya disebut dengan istilah kupon. Imbalan yang diperoleh dari obligasi memiliki hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito. Margin atau presentase keuntungan oligasi yang diperjual belikan pada digibank by DBS memiliki nilai yang kompetitif.

  • Varian produk lengkap

Produk obligasi yang tersedia pada digibank by DBS tidak hanya produk obligasi pemerintah saja tetapi juga obligasi swasta, sehingga para investor memiliki kesempatan untuk memilih produk obligasi sesuai dengan keinginannya.

  • Nilai minimum pembelian sangat terjangkau

Jika bayangan anda saat hendak investasi obligasi membutuhkan modal yang besar, anda salah besar. Hanya dengan bermodal 1 juta saja, anda sudah bisa membeli atau menjual obligasi pada aplikasi digibank by DBS

Cara membeli obligasi melalui aplikasi digibank by DBS

sebelum memulai transaksi jual beli obligasi pada aplikasi digibank by DBS, maka anda harus mendaftar nomor SID (single investor identification). cara mendaftar nomor SID dengan cara berikut:

  1. Log in pada aplikasi digibank by DBS
  2. Klik obligasi pada beranda
  3. Mulai registrasi dengan pilih “yuk, lanjut”
  4. Lengkapi data diri dan ikuti langkah selanjutnya
  5. Lihat syarat dan ketentuan dan klik “setuju”
  6. Tunggu email konfirmasi nomor SID hingga 2×24 jam

Setelah anda memperoleh konfirmasi nomor SID melalui email, maka selanjutnya lakukan registrasi e-SBN di aplikasi. Kemudian konfirmasi data anda dan klik “konfirmasi”, lalu klik “selesai”

Pastikan dana untuk pembelian ada pada account saving anda. Kemudian buka ke halaman “obligasi”, lalu pilih “pesan”

Pilih “bayar”, lalu pilih “ya, lewat account savings”, kemudian klik “konfirmasi” pada halaman konfirmasi

Halaman konfirmasi biasanya muncul apabila detail sudah benar, kemudian pilih “selesai”

News Feed