by

Tips Memilih Rak Sepatu agar Lebih Hemat Ruangan

Semakin modern perkembangan zaman, saat ini sepatu bukan hanya digunakan sebagai kebutuhan alas kaki saja. Namun juga dijadikan sebagai trend dalam fashion. Banyak orang yang sengaja mengoleksi sepatu dalam jumlah tidak sedikit hanya untuk mengikuti trend ini. Itulah kenapa, keberadaan rak sepatu dianggap jadi hal yang cukup penting saat ini.

Salah satu masalah yang seringkali ditemukan dalam penggunaan rak untuk sepatu ini adalah space yang terbatas. Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa tips berikut bisa mengatasi agar penempatannya bisa lebih hemat ruangan.

Gunakan Rak Sepatu Gantung

Salah satu tips untuk menghemat ruangan ketika akan menggunakan rak sepatu adalah gunakan rak gantung. Meskipun Anda sudah kehabisan space di ruangan karena dipenuhi meja, kursi atau lemari lainnya, rak gantung bisa dijadikan solusi untuk menyimpan sepatu koleksi Anda. Saat ini, bisa dengan mudah Anda menemukan rak gantung dengan berbagai model dan variasi bahan.

Selain itu, rak gantung pun bisa divariasikan sebagai hiasan. Namun, pastikan agar Anda memilih rak gantung yang punya nilai estetik tinggi. Apalagi jika penempatannya akan disimpan di lokasi yang sering dijangkau atau dilihat orang lain.

Pilih Desain Minimalis

Jika Anda enggan menggunakan rak gantung sebagai wadah penyimpan sepatu, maka sebaiknya gunakan desain minimalis untuk rak. Desain yang compact dan minimalis, bisa meminimalisir kebutuhan tempat sehingga tidak perlu ruangan yang luas. Anda bisa mencari berbagai desain rak minimalis.

Contohnya desain rak yang memanjang ke atas. Biasanya, masyarakat cenderung jarang menggunakan space dinding atas, jadi lebar ke bagian sampingnya tidak terlalu luas. Atau, bisa juga memilih desain memanjang. Bagian atas rak bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lainnya.

Bahan Rak dari Kayu

Jenis rak sepatu yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat. Terlebih dari segi ketersediaan pun lebih banyak rak kayu. Rak yang terbuat dari kayu pun dianggap lebih ringan dan mudah dalam dibentuk. Untuk itu, jika Anda ingin lebih hemat ruangan, pemilihan bahan untuk pembuatan rak harus jadi perhatian.

Namun, jika terpaksa harus menggunakan bahan lain pun tidak masalah. Asal, Anda mampu memvariasikannya agar lebih minimalis dan tidak ribet dalam pemindahan.

Rak Menyatu dengan Dinding

Sesuai trend yang sedang marak, penerapan rak dinding adalah solusi pasti untuk menghemat space ruang. Begitu pun untuk rak sepatu Anda. Tidak ada salahnya membuat rak yang menyatu dengan dinding kamar, atau dinding lainnya. Pembuatan rak yang seperti ini pun selain menghemat ruangan, juga menghemat bahan. Sebab, Anda tidak perlu dinding belakang rak.

Anda juga bisa memanfaatkan space tidak terpakai seperti di bawah tangga, di bawah sofa, atau di bawah kasur. Misalnya saja membuat rak penyimpanan rahasia yang bisa diisi dengan sepatu koleksi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi ruangan khusus untuk menyimpannya.

Sesuaikan Ukuran Sesuai Kebutuhan

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga perlu memerhatikan ukuran yang akan dibuat untuk rak. Sebelum Anda memilih rak sepatu yang akan digunakan, pastikan rak tersebut akan terpakai dengan optimal. Jangan sampai, ukuran rak kecil tapi tidak cukup menampung sepatu yang dimiliki. Atau bahkan sebaliknya.

Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kebutuhan rak yang Anda perlukan. Jika memang koleksi Anda cukup banyak, buatlah rak yang lumayan besar agar mampu menampung keseluruhan.  Agar lebih rapi dan estetik, bisa menyortir jenis sepatu yang dimiliki.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dalam pembuatan rak sepatu. Bagaimana pun, rak untuk sepatu ini sangat diperlukan. Namun, pemilihan dan pembuatan yang tepat, adalah kunci agar penggunaannya lebih maksimal dan tertata.

Order rak sepatu terbaik di Marketplace pilihan:

News Feed