by

Berubah Pikiran Soal Pinjaman? Begini Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Cara membatalkan pinjaman di tunaiku – Kehadiran pinjaman online, kadangkala dijadikan solusi oleh beberapa masyarakat. Terlebih ketika mereka sedang berada di kondisi kritis perihal keuangan dan ekonominya. Salah satu pinjaman online berbasis KTA (kredit tanpa agunan) yang banyak diketahui masyarakat adalah Tunaiku. Tunaiku ini adalah produk pinjaman bebas atau Kredit Tanpa Agunan yang diberikan oleh Amar Bank.

Meskipun pinjaman online ini bisa membantu kondisi finansial masyarakat, ada kalanya beberapa masyarakat merasa khawatir masalah pinjamannya. Misalnya karena bunga yang ternyata cukup tinggi, atau karena kondisi finansial sudah kembali baik dan merasa tidak memerlukan lagi pinjaman tersebut. Kebanyakan dari mereka akan mencari cara membatalkan pinjaman online Tunaiku ini. Lantas, apakah hal tersebut bisa dilakukan, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut.

Cara Tepat Batalkan Pinjaman KTA Sebelum Cair

Untuk cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah khusus bagi peminjam yang belu menerima pencairan dana. Dalam artian, Anda masih menunggu status pinjaman atau sudah mendapat status pinjaman dan tinggal menunggu proses pencairan dana. Pada dasarnya, setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing masalah pinjaman ini. Termasuk bagi Amar Bank mengenai penyediaan layanan pinjaman online di Tunaiku ini.

Namun, secara umum cara membatalkan pinjaman di Tunaiku secara online berbentuk KTA ini sebelum dananya cair, bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Mendatangi pihak bank secara langsung tempat Anda mengajukan KTA. Jika sebelumnya mengajukan pinjaman melalui online, maka tetap datangi pihak bank Amar terdekat.
  • Sebaiknya, sebelum mendatangi pihak bank, cari informasi terlebih dahulu mengenai pinjaman tersebut. Konsultasikan pada pihak bank mengenai maksud dan tujuan Anda.
  • Jelaskan dan konsultasikan masalah pembatalan pinjaman pada pihak bank. Termasuk alasan-alasan jelas mengapa Anda ingin membatalkannya.
  • Buat surat pernyataan atau pengajuan pembatalan pinjaman di Tunaiku. Biasanya surat ini resmi dan lengkap dengan materai. Pastikan juga bahwa surat tersebut sudah dilengkapi identitas, hingga informasi mengenai jumlah pinjaman, kapan waktu meminjam, dan lain sebagainya.
  • Jika disetujui, maka pihak bank akan membatalkan pinjaman. Biasanya cara membatalkan pinjaman di tunaiku lebih mudah dilakukan jika dananya belum cair.

Membatalkan Pinjaman Setelah Dana Cair

Jika dibandingkan dengan cara sebelumnya, ketika dana belum cair, tentu akan lebih mudah dan tidak memerlukan prosedur yang rumit. Berbeda halnya ketika Anda ingin membatalkan pinjaman tunaiku ketika dana pinjaman sudah cair atau sudah masuk ke rekening. Biasanya untuk membatalkannya perlu cara yang terkesan sulit. tentunya hal ini karena dana pinjaman sudah cair begitu pun skema cicilan pastinya sudah mulai berjalan.

Kebanyakan kasus, ketika seseorang ingin membatalkan pinjaman KTA di Tunaik apalagi dana sudah dicairkan, respon dari pihak bank akan sangat acuh. Bahkan, pastinya akan menolak cara tersebut karena sudah sesuai dengan perjanjian resmi yang tentunya sudah legal. Lantas, bagaimana cara membatalkan pinjaman di Tunaiku jika sudah cair? Cara satu-satunya tentu melakukan pelunasan.

Meskipun cara ini bisa memiliki risiko tersendiri yakni bunga yang juga harus ikut dibayar. Namun, biasanya pihak bank pun bisa mengenakan biaya pinalti pada pihak peminjam. Kebanykan biaya ini berkisar antara 5 % dari jumlah pinjaman dana yang dipinjam. Tentunya, hal tersebut akan merugikan. Namun, itulah konsekuensinya.

Dari beberapa ulasan tersebut, tentu bisa dilihat bahwa membatalkan pinjaman jika dana sudah cair akan sangat sulit. Namun, jika dana belum cair, maka prosesi pembatalan akan lebih mudah dilakukan. Meskipun begitu, ketika melakukan pembatalan, sebaiknya langsung mendatangi kantor petugas yang berwenang atau langsung datangi pihak banknya. Hindari melakukan pembatalan melalui call centre dan lain sebagainya.

Selain itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman, sebaiknya teliti lebih dahulu. Dan pastikan dengan sesungguhnya dengan keputusan pinjaman Anda. Jangan sampai, Anda menerima risiko yang tidak dingginkan. Termasuk ketika nantinya ingin membatalkan pinjaman, dan Anda harus mencari cara membatalkan pinjaman di Tunaiku dan sebagainya.

News Feed