by

Mudah, Begini Cara Membuat Sirup Buah Maja

Cara Membuat Sirup Buah Maja – Bagi sebagian orang, tentunya akan asing dengan nama salah satu buah yang tidak lain adalah buah maja. Menurut sejarah, buah maja ini adalah buah hasil peninggalan Kerajaan Majapahit pada masa lampau. Bahkan, buah ini pun dikenal dengan salah satu buah yang punya rasa sangat pahit. Namun, rupanya adalah kesalahpahaman akan rasa buah maja yang diklaim pahit ini. Pasalanya buah ini punya rasa yang tidak pahit bahkan seringkali diolah menjadi sirup karena rasanya yang sangat manis.

Setelah mengetahui ternyata buah maja ini punya citarasa yang manis juga aromanya yang khas, tak heran banyak masyarakat yang mencari tahu bagaimana cara mengolah buah maja menjadi sirup atau bahkan obat yang rupanya punya banyak khasiat bagi tubuh. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, yuk simak beberapa ulasannya berikut ini.

Manfaat Buah Naga

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat sirup buah maja, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana dan apa saja manfaat dari buah yang satu ini. Meskipun eksistensinya tidak terlalu tinggi, namun rupanya buah yang satu ini punya banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk mengatasi berbagai masalah di sistem pencernaan.

Beberapa masalah yang bisa diatasi oleh buah maja ini adalah untuk mengatasi diare yang dialami seseorang. Seringkali diare menyebabkan penderitanya mengalami rasa lemas karena harus buang air besar dengan intensitas yang sering. Dengan buah maja ini, maka hal tersebut bisa diredam sehingga buang air besar jadi lebih terkontrol.

Tak hanya itu, buah maja pun seringkali dimanfaatkan oleh para ibu hamil. Khususnya yang usia kehamilannya berada di trimester pertama di mana sedang gencarnya mengalami gejala morning sickness seperti rasa mual dengan muntah. Bahkan, untuk beberapa kondisi, buah maja pun sering dimanfaatkan untuk mengatasi maag atau masalah pada lambung. Tak heran, banyak masyarakat yang sengaja mencari informasi tentang cara mengolah buah maja menjadi obat.

Cara Membuat Sirup dari Buah Maja

Setelah Anda mengatahui beberapa manfaat dari buah maja, lantas bagaimana cara membuat sirup buah maja agar bisa diaplikasikan menjadi obat atau minuman? Untuk pembuatannya memanglah cukup mudah, meskipun begitu perlu waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Pasalnya, buah maja ini harus mengalami proses fermentasi terlebih dahulu untuk menghilangkan racun yang ada pada beberapa bagiannya.

Nah, berikut ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat sirup buah maja:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya menyiapkan buah maja yang sudah matang
  2. Setelah siap, buka bagian atas buah. Karena tekstur kulitnya yang sangat keras, perlu alat tajam yang bisa membantu untuk membukanya
  3. Keluarkan bagian daging buah dari cangkangnya dan simpan daging buah tersebut ke dalam wadah tertutup untuk kemudian difrementasi
  4. Simpan buah di dalam wadah kurang lebih selama 3 hari sehingga racun yang ada di dalamnya bisa keluar dan tidak mengendap pada buah
  5. Hasil buah yang difermentasi tersebut rebuslah dengan air untuk mendapatkan sari buah maja
  6. Tambahkan gula putih secukupnya bersama vanili untuk menambah aroma sirup
  7. Setelah dirasa matang, Anda bisa meniriskannya lalu saring hingga tidak ada ampas
  8. Hasil saringan inilah yang bisa Anda gunakan sebagai sirup buah maja

Dengan beberapa cara membuat sirup buah maja ini, tentunya sangat mudah dilakukan. Meskipun Anda perlu menunggu beberapa waktu dan bersabar ketika membuatnya. Namun, hasil dari sirup ini pun akan sangat bermanfaat dan berguna bagi tubuh. Bahkan sirupnya pun bisa dijadikan sebagai pelengkap minuman untuk Anda dan keluarga.

News Feed