by

Jangan Terkecoh! Begini Ciri Minyak Kasturi Asli

Ciri minyak kasturi asli banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi dengan banyaknya para penjual minyak di pasaran yang semakin ramai. Tidak jarang, ditemukan juga produk-produk minyak kasturi palsu yang seringkali mengecoh masyarakat. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengetahui bagaimana ciri dari minyak kasturi yang asli. Agar tidak terkecoh dan manfaat serta keutamaannya pun lebih maksimal. Lantas, apa saja ciri-cirinya?

Lihat Warna dan Bagaimana Kondisi Minyaknya

Jika Anda lihat di pasaran, minyak kasturi ini terdiri dari beberapa jenis. Begitu pun dengan warnanya yang beragam seperti merah, bening, putih susu, hingga hitam dan kuning emas. Namun sebenarnya, khusus minyak kasturi asli hanya ada dua jenis warna saja. Yakni minyak kasturi yang berasal dari Arab yang disebut minyak putih, dan minyak kasturi yang berasal dari India dengan sebutan minyak kijang. Tentunya ada perbedaan kasturi putih dan kijang ini.

Ciri khas minyak kasturi asli pun bisa dilihat dari warna dan bentuknya. Untuk minyak kasturi Arab, warnanya putih dengan tekstur yang kental sehingga agak sulit ketika dimasukkan ke dalam botol. Sementara untuk minyak kasturi India, warnanya kuning emas dengan bentuk cair seperti minyak pada umumnya. Kebanyakan yang digunakan adalah minyak kasturi berwarna kuning emas ini. Baik untuk kesehatan hingga parfum.

Cium Aromanya

Tak hanya melihat pada warna dan bentuk, rupanya untuk menentukan ciri minyak yang asli pun bisa dilihat dari aromanya. Jika minyak kasturi yang berwarna putih, cenderung tidak terlalu memiliki aroma yang khas. Namun untuk aroma minyak kasturi yang sudah berbentuk minyak, terlebih sering digunakan untuk parfum tentu ada perbedaan aromanya.

Kebanyakan masyarakat menggunakan minyak kasturi memang sebagai parfum. Karena aromanya yang sangat menenangkan. Untuk mengetahui ciri minyak kasturi asli dan palsu bisa mencium dari aromanya. Jika minyak palsu, aromanya lebih terasa mencolok. Namun, jika minyak yang asli meskipun aromanya sangat kuat, namun terasa lebih lembut, menenangkan dan juga lebih tahan lama saat digunakan.

Reaksi Saat Dioleskan ke Tubuh

Ciri minyak kasturi asli lainnya adalah ketika dioleskan ke tubuh. Jika minyak kasturinya asli, maka ketika dioleskan tidak akan ada reaksi mengganggu apapun. Justru bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh itu sendiri. Bahkan bagi wanita, minyak ini sering digunakan sebagai pembersih dan pewangi ketika selesai haid. Namun, jika minyak yang digunakan palsu biasanya akan muncul reaksi yang mengganggu. Misalnya seperti rasa panas hingga memicu iritasi karena sudah dicampur dengan bahan lainnya.

Harga

Ciri-ciri minyak kasturi asli lainnya tentu bisa dilihat dari segi harga. Pada dasarnya, minyak kasturi ini sulit sekali dalam proses pembuatannya. Apalagi, minyak kasturi yang benar-benar asli tidak mudah ditemukan karena memang jarang dan harganya sangat mahal. Itulah kenapa masalah harga bisa menjadi ciri ketika akan menentukan mana produk asli atau tidak. Pastinya jika Anda menemukan minyak kasturi di pasaran, dan harganya sangat murah, kemungkinan besar minyak tersebut bukan asli.

Lihat Kemasan

Cara mengetahui minyak kasturi asli lainnya selain melihat harga adalah melihat kemasannya. Terkadang banyak oknum penjual yang sengaja meniru minyak kasturi asli. Bahkan ada juga yang memalsukan kemasan dan lain sebagainya. Ciri lainnya untuk melihat minyak kasturi yang dibeli asli atau tidak adalah dengan melihat kemasan. Pastinya produk yang asli punya segel khusus dan resmi.

Pada dasarnya, ciri minyak kasturi asli ini bisa diketahui dengan jelas jika mau dengan seksama menelitinya. Bagaimana pun, sebaiknya Anda perhatikan ketika akan membeli minyak kasturi ini. Tentunya dengan membeli produk minyak kasturi yang asli, keutamaan dan kegunaannya pun bisa dirasakan dengan maksimal.

News Feed