by

Windows 11 Terbaru Rilis Fitur Keunggulannya | Windows 11 Wallpaper

Berita tentang akan lahirnya windows 11 sebagai  penerus dari kesuksesan windows 10 seketika langsung menjadi berita terhangat beberapa hari ini, bisikan gambaran windows 11 yang disebut-sebut memiliki inovasi tampilan yang lebih trendi dan kekinian juga dengan nama barunya menjadi trend yang saat ini diburu oleh para pengguna windows di seluruh dunia. Alasannya mungkin sederhana, mereka penasaran dengan wajah dan fitur terbaru apa yang akan menjadi inovasi terbaru dari merk dagang milik Microsoft yang satu ini.

Perusahaan Microsoft sendiri solah dengan sengaja membuat dunia teknologi penasaran, dan mungkin saja ini adalah sebagai salah satu cara agar acara besar lahirnya windows 11 yang dijadwalkan pada 24 juni 2021 mendatang tersorot oleh dunia. Yaa benar, dunia telah menyorot bahkan jauh-jauh hari sebelum tanggal itu tiba, termasuk hari ini.

Sun Valley mungkin itu nama baru yang dirahasiakan tersebut, ataukah ia adalah nama dari sebuah fitur unggulan yang akan menjadi ciri khas windows 11 natinya. Entahlah, yang jelas mata seluruh dunia saat fokus pada tanggal 24 juni.

Meski masih terlalu dini, para pengamat teknologi mulai berandai-andai mengenai berbagai fitur unggulan sekaligus harga yang akan pada produk terbaru Microsoft ini, ada yang mengatakan bahwa spesifikasi dan harganya tidak akan jauh-jauh dari windows 10 sebagai pendahulunya, bahkan ada pula yang menyatakan ia adalah sebuah fitur gratis yang akan dinikmati oleh seluruh pengguna windows di seluruh dunia.

Tanggal Rilis Windows 11

Meskipun sudah membuat heboh dunia, hingga saat ini belum juga ada keterangan resmi yang dipublikasikan oleh Microsoft terkait kapan tanggal remis dirilisnya windows 11. Seluruh berita yang hangat tentang windows 11 saat ini, masih merupakan sebuah spekulasi duga-duga yang muncul karena akan diadakannya sebuah acara penting oleh Microsoft pada 24 Juni 2021 mendatang.

Acara tersebut akan mengusung tema “The Next Generation Of Windows”, sebuah tema yang terbilang cukup menggemparkan seluruh dunia karena penasaran, sebab hal itu sangat berbeda 180 derajat dengan pernyataan Microsoft ketika merilis windows 10 tahun 2015 silam. Pada saat merilis windows 10, pihak Microsoft kukuh dengan pernyataan resminya bahwa di masa depan nanti tidak akan ada yang namanya windows 11 sebagai episode lanjutan dari windows 10.

Mungkin kisah ini akan jadi mirip dengan kisah hidup perusahaan Apple sebagai pesaing Microsoft, Apple bertahan dengan konsisten dengan produk lamanya, hingga 10 tahun kemudian lahirlah MacOS Big Sur 11, tapi entahlah semuanya akan terjawab pada tanggal 24 Juni 2021 nanti.

Tidak hanya sampai di situ, pada tanggal 9 Juni, seolah dengan sengaja ingin melihat dunia teknologi mati penasaran, akun resmi chanel youtube milik Microsoft merilis sebuah video yang berbicara tentang adanya produk terbaru yang saat itu (9 Juni 2021) masih diberi label hampir selesai. Apakah itu adalah windows 11, entahlah tidak ada satu pun yang tahu. Hanya saja yang patut digaris bawahi adalah adanya pernyataan dalam dialog video tersebut tentang sebuah produk yang akan dirilis pertama ketika acara resmi Microsoft tanggal 24 Juni 2021 nanti.

Beredar pula kabar bahwa produk yang disebut sebagai generasi selanjutnya dari windows itu pada awalnya akan digratiskan khusus untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8, sebuah cara promosi yang juga dilakukan oleh perusahaan Apple ketika melakukan pembaharuan pada MacOS. Hal ini diperkirakan akan sangat efektif untuk mendorong para pengguna windows jadul (zaman dulu) untuk segera melakukan pembaharuan, tanpa biaya apapun.

Nama Baru Windows 11

Dalam salah satu acara yang bertemakan Build 2021, Satya Nadella sebagai CEO Microsoft yang saat acara itu juga berperan sebagai salah satu pembicara utama  pernah menyatakan bahwa ia sangat senang dengan lahirnya generasi penerus windows yang disebut sebagai “The Next Generation Of Windows”. Hal ini merupakan sebuah informasi penting yang bocor kepada public sebelum waktunya, terkait dengan produk yang disebut sebagai Windows 11 tersebut.

Dalam acara tersebut juga, Satya Nadella sempat berbicara bahwa generasi windows akan berakhir tepat pada tahun 2025 (4 tahun dari sekarang), pernyataan ini kemudian membuat dunia teknologi yakin bahwa produk baru tersebut memang ada, namun belum diketahui secara pasti namanya. Ia hanya diketahui dengan labelnya yang tertulis hampir selesai, pada video rilisan chanel YouTube milik Microsoft pada 9 Juni 2021 lalu.

Pernyataan sang CEO Microsoft tersebut menjadi salah satu fakta pendukung keyakinan para pengamat teknologi bahwa tidak lama lagi akan lahir Windows 11, dan mungkin akan lebih cepat dari jadwal yang direncanakan sebelumnya. Menurut laporan yang dirilis oleh pusat informasi resmi Windows, bahwa kelahiran generasi penerus windows 10 secara target internal perusahaan Microsoft, dijadwalkan dengan deadline pada bulan Oktober 2021 mendatang, hal ini karena sebelum rilisnya, akan dilakukan uji coba terlebih dahulu melalui Windows Insider.

Meskipun dijadwalkan akan ter baharui seluruhnya pada 2025 nanti dan akan dihentikan dukungan perusahaan terhadapnya, windows 10 diperkirakan tetap akan digunakan oleh banyak pengguna windows di dunia. Keyakinan seperti itu muncul karena pada masa lalu, tepatnya saat dirilis windows 7, versi lama sebelumnya pun tetap banyak beredar dan digunakan di seluruh dunia.

FiturKeunggulan Windows 11

Sun Valley yang merupakan sebuah fitur berkualitas tinggi dengan kemampuan mengubah windows 10 menjadi tampil lebih trendi dan lengkap dengan berbagai fitur pembaharuan, disebut-sebut akan berperan sebagai fitur nomor satu yang akan dikembangkan spesifikasi juga fitur-fiturnya pada generasi selanjutnya dari windows.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya rilisan video berdurasi pendek yang sudah dibahas di atas pula. Menurut informasi yang dirilis oleh Windows Insider, bahwa saat ini sudah ada berbagai fitur yang jumlahnya belum terhitung, dan merupakan penyempurnaan dari seluruh fitur generasi windows sebelumnya, yaitu sejak dari windows 7.

Beberapa waktu sebelumnya, dunia teknologi juga telah mendapatkan bisikan bahwa UI dari windows sekarang berada dalam desain pengembangan dan penyempurnaan yang meliputi berbagai fitur, misalnya penambahan bentuk font baru yang membuat tim Microsoft melakukan survey untuk mencari pengganti font calibri, penambahan variable UI Segoe. Ada tiga prinsip yang diyakini oleh para ahli akan dimiliki oleh the next generation Of windows, yaitu:

  • Penambahan berbagai fitur baru;
  • Pembaharuan pada semua fitur lama;
  • Berbasis kebutuhan pengguna terkini;
  • Tampilan yang lebih trendi dan kekinian;

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Microsoft akan menggegerkan dunia dengan desain windows yang sama sekali berbeda dan tidak berkaitan lagi dengan generasi windows sebelumnya. Semua dugaan ini akan terjawab nantinya pada tanggal 24 juni 2021. Sebagian ahli ada juga yang menebak bahwa pembaharuan yang akan dilakukan oleh Microsoft pada windows terbaru itu adalah sebuah pembaharuan yang ditargetkan akan bersaing di pasar dunia dengan fitur dan pembaharuan yang telah dilakukan sebelumnya oleh perusahaan MacOS.

Dengan kata lain, fitur dan tampilan windows terbaru tidak akan jauh-jauh dari fitur dan tampilan yang telah lebih dahulu dibuat oleh para kompetitor windows. Hal ini juga mengandung kemungkinan bahwa bukan hanya sekedar pada bagian tampilan juga fitur yang akan dibuat baru, namun juga sampai ke bagian terdalam berupa cara kerja dan sistem operasi software.

Berbagai sumber juga menyebutkan pula bahwa windows terbaru akan tampil dengan bentuk yang lebih Nampak bulat, lembut, dan trendi dengan kesan elegan. Kesan segi empat atau pun persegi panjang dimungkinkan akan diminimalisir pada mode tampilan ini. Demikian pula pada tampilan menu utama, sebagian sumber menyebutkan dengan yakin bahwa posisi menu utama pada windows terbaru berada di tengah layar, namun tetap dilengkapi dengan pengaturan yang bisa mengembalikannya pada posisinya yang dulu di sudut kiri.

Sebagian ahli ada juga yang memprediksi bahwa akan ada berubahan yang sangat signifikan mencakup pusat tugas software, menu start, aplikasi bawaan pendukung, sistem keamanan, dan lain sebagainya dari windows terbaru. Semua ini bertujuan untuk menarik minat para pengguna windows 10 untuk segera melakukan pembaharuan dan berpindah untuk menggunakan windows 11.

Ada pula prediksi yang menyatakan bahwa kemungkinan besar akan ada fitur terbaru yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini, khususnya smartphone. Yaitu sebuah sistem yang dikenal selama ini dengan prinsip “Wake to touch”. Sebuah fitur yang dapat membangunkan windows pada posisi sleep dalam waktu yang lama dengan cara menyentuh bagian computer saja.

Fitur OS Terbaru Pada Windows 11

Salah satu aspek yang diperkirakan akan mendapat banyak sekali sentuhan pembaharuan adalah pada fitur-fitur terbaru yang belum pernah dimiliki oleh windows pada versi pendahulunya. Fitur ini akan menyediakan kemampuan untuk beradaptasi dengan tugas kerja yang sangat banyak, namun dengan tetap pada kecepatan akses yang stabil. Diperkirakan pula bahwa Microsoft akan menambahkan fitur untuk memantau penggunaan baterai pada perangkat tablet. Fitur yang sebenarnya sudah sangat lama terdapat pada smartphone, namun belum ada satu pun versi windows yang dilengkapi dengannya.

Fitur menarik lain yang juga dikabarkan akan digunakan pada windows 11 adalah kemampuan untuk menghapuskan program dan file yang menjadi bawaan tipe windows sebelumnya. Hal ini untuk menjaga agar kecepatan akses pada computer sobat tidak terganggu dengan bertumpuknya aplikasi dan fitur dari windows sebelumnya yang diupgrade dengan windows 11.

Selain itu, ada pula peningkatan bantuan snap untuk tampilan eksternal, serta adanya dasbor khusus akun Microsoft yang juga akan meramaikan tampilan beranda aplikasi dan fitur. Adapula fitur yang memisahkan antara task bar dengan file eksplorer untuk mempermudah dan mempercepat akses pada file tugas yang sedang dibutuhkan. Ada pula fitur khusus yang bertugas mengorganisir tampilan jendela kerja agar bisa muncul dengan rapih saat bersamaan. Sistem ini nampaknya akan lebih mirip dengan pop up, yang semuany bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat akses pengguna.

Terdapat pula bisikan yang mengatakan bahwa fitur klik kanan yang biasanya ada pada task bar jika ingin membuka task manager akan hilang, mungkin akan ada fitur lain yang akan menggantikan fungsinya. selain hilangnya fitur ini, cara cepat keyboard dengan Win + X yang biasanya langsung mengarahkan pengguna menuju PowerShell juga disebut-sebut hilang. Semua informasi di atas bersumber dari data yang disampaikan oleh windows insider, sebuah bidang yang bertugas melakukan pengujian pada semua produk Microsoft.

Fitur lain yang tidak kalah menarik nantinya adalah fitur Dekstop Blending, sebuah fitur yang sebenarnya sudah diperkenalkan sejak perilisan Windows 8, namun kini dihadirkan pula dengan beberapa pembaharuan dan penyempurnaan dari sebelumnya. Fitur Dekstop Blending merupakan fitur yang mampu menjalankan berbagai aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dijalankan pada windows versi sebelumnya.

Munculnya Fitur tombol start esquisite, sebuah tombol yang pernah ada pada windows 8, namun hilang pada versi windows 9, dan bahkan menjadi salah satu tema diskusi para pengamat teknologi saat itu. Semoga saja fitur ini hadir dengan pembaharuan yang lebih dari sebelumnya. Fitur lain yang juga disebut akan tetap ada pada windows 11 ada fitur yang mengintegrasikan antara windows 11 dengan mesin pencari bing, sebuah aplikasi mesin pencari yang juga merupakan milik Microsoft. Selain itu, fitur manajemen daya yang sebelumnya juga dimiliki oleh pendahulunya pada versi Windows 8 juga hadir kembali meramaikan koleksi fitur bawaan windows terbaru ini.

Munculnya fitur yang memungkinkan sobat untuk menyimpan file pada penyimpanan online milik Microsoft, yaitu Azure Storage Cloud. Fitur ini merupakan adaptasi dari fitur google drive, yaitu sebuah penyimpanan online yang mempermudah akses file para penggunanya dari berbagai macam perangkat. Adanya fitur Windows cortana, fitur ini mampu berfungsi dengan menggunakan dan mendeteksi suara dari penggunanya. Nampaknya, ini juga sebagai bagian dari fitur yang diperlombakan oleh google dan Microsoft. Dengan adanya fitur ini, akses fil dan tugas kerja para pengguna windows terbaru menjadi sangat cepat dan efisien waktu.

Salah satu fitur dan spesisfikasi yang sejak lama diperkirakan oleh para pengamat teknologi akan menjadi fitur yang muncul pada windows terbaru adalah ketersediaan dalam versi Bits 64. Sistem Operasi 64 Bits adalah sebuah sistem operasi yang sangat tinggi dan canggih, serta menjadi teknologi terbaik di bidangnya. Manfaat utama dari sistem operasi ini adalah:

  • Memiliki fitur yang mampu mengingat dan memetakan memori; Jika ada satu file yang sering di akses, maka file tersebut akan ditampilkan pada halaman beranda komputer secara otomatis untuk mempermudah akses berikutnya. Tidak hanya file-file yang tersimpan pada memori internal yang mampu dipetakan secara cepat, namun memori eksternal pun akan bisa terpetakan hingga bisa diakses dengan cepat.
  • Mampu melakukan akses cepat pada banyak file tugas dalam waktu bersamaan karena didukung oleh alokasi memori yang lebih besar dari RAM. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan untuk akses cepat saat melakukan banyak tugas kantor dalam waktu yang bersamaan.

Fitur lain yang juga disebut akan muncul pada windows terbaru nanti adalah continuum fitur, fitur akan mampu beradaptasi dengan berbagai bentuk peralatan yang digunakan oleh penggunanya, misalnya tablet. Jika sobat menghidupkan computer, dimungkinkan akan sebuah tombol untuk mengadaptasinya ke mode tablet, sebagaimana yang dimiliki oleh android yang telah mampu menampilkan sebuah situs dalam mode desktop.

Windows 11 Wallpaper FULL HD

News Feed