by

Wajib Diketahui! Ini Dia Contoh Literasi di Sekolah hingga Masyarakat Luas

Contoh literasi tentunya akan sangat banyak sekali ditemukan di lingkungan masyarakat. Terlebih pada saat ini, gerakan literasi semakin dicanangkan untuk meningkatkan daya berpikir masyarakat di era kemajuan teknologi yang semakin pesan. Dari zaman ke zaman, istilah literasi ini sudah  ada. Meskipun memang untuk eksistensinya baru mulai banyak dibicarakan masyarakan belakangan ini. Lantas, apa sebenarnya maksud dari literasi ini?

Apa itu Literasi?

Bagi sebagai orang, pastinya sudah sering mendengar istilah literasi. Terlebih bagi orang-orang yang sering kali muncul di dalam berbagai kegiatannya. Pun, saat ini banyak sekolah hingga universitas yang menerapkan pola gerakan literasi. Begitu juga di masyarakat yang sudah menarapkan gerakan literasi masyarakat.

Kebanyakan masyarakat akan mengenal istilah literasi ini sebagai kemampuan membaca dan menulis yang dimiliki oleh seseorang. Namun rupanya, pengertian dari kalimat literasi ini tidak hanya sebatas itu. Melainkan istilah literasi mencakup pada pemahaman dan pengetahuan. Di mana setiap orang diajak untuk memahami hingga punya keterampilan dalam hal membaca, menulis, menghitung, bahkan hingga mampu dalam memecahkan sebuah masalah dan bisa menyampaikan solusi kritisnya.

Dengan diajaknya masyarakat agar lebih mengenal dunia literasi, bahkan hingga diberi contoh literasi ini agar masyarakat bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan. Pun juga di sekolah dan universitas. Hal ini dimaksudkan agar para pelajar mampu memahami apa yang mereka pelajari dengen sesungguhnya. Bukan hanya sekadar menulis atau pun membaca saja yang sudah umum dilakukan oleh orang banyak.

Contoh Gerakan Literasi

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian istilah literasi ini, tentunya banyak orang yang bertanya  apa saja contoh nyata dari literasi ini. Namun, sebelum itu pastikan Anda mengetahui beberapa manfaat literasi tersebut. Di mana manfaatnya adalah untuk menambah kosakata karena banyak sekali contoh kalimat literasi ini. Pun, literasi juga bisa membantu setiap orang dalam memahami sebuah konteks dengan benar, sehingga kemampuan interpersonalnya jadi lebih baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh literasi yang perlu Anda ketahui:

  1. Literasi Sekolah

Contoh atau jenis literasi yang pertama adalah literasi sekolah. Hampir di setiap sekolah, saat ini sudah mulai menarapkan gerakan literasi di sekolah masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan keterampilan para siswanya terhadap budaya literasi. Beberapa contoh yang biasanya dilakukan adalah seperti membiasakan siswanya untuk membaca buku di luar jam sekolah, melatih keterampilan menulis dengan membuat cerpen, atau tulisan lainnya, hingga menumbuhkan budaya pembuatan mading sekolah.

  1. Literasi Media

Selain literasi sekolah, ada juga jenis literasi media yang biasanya seringkali diaplikasikan pada berbagai media-media baik perusahaan komunikasi dan lain sebagainya. Literasi media pun seringkali diperuntukan juga oleh masyarakat. Fungsinya pun bukan hanya sekadar untuk mengasah keterampilan menulis para jurnalisnya, namun juga keterampilan masyarakat dalam memilah berita yang tepat dan bermanfaat. Pun agar para penulis mampu menghasilkan contoh ukara literasi yang benar dan sarat informasi real kepada masyarakat luas.

  1. Literasi Keuangan

Selain beberapa contoh literasi tersebut, masih banyak lagi contohnya yang lain. Salah satunya adalah literasi keuangan yang bisa membuat masyarakat lebih sadar dan peka terhadap pengelolaan kekuangan. Untuk merealisasikan gerakan ini, biasanya masyarakat diajak untuk mulai peduli pada keuangannya masing-masing, bagaimana cara mengelolanya, hingga membuat daftar pemasukan dan pengeluaran di setiap bulan dan lain sebagainya.

Tak hanya beberapa contoh gerakan literasi tersebut, di berbagai bidang pun sudah mulai bermunculan masalah literasi ini. Tentunya mengenal lebih jauh perihal literasi sangat penting. Dengan adanya budaya literasi yang teraplikasi dengan baik, tentu masyarakatnya pun bisa hidup dan bermasyarakat lebih baik juga. Pun para siswa atau mahasiswa mampu memahami, memaknai dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari dengan lebih bijak.

News Feed