by

Tinggi Antioksidan dan Vitamin, Inilah 5 Manfaat Paprika

Ketika kita sedang menyantap pizza, tentu kita akan sering melihat potongan paprika kuning pada pizza tersebut. Pada dasarnya, paprika memang memiliki khasiat untuk tubuh kita, soalnya konsumsi paprika kuning secara teratur akan berdampak positif pada penurunan risiko penyakit mata serta anemia.

Paprika yang merupakan salah satu kerabat dari cabai pun memiliki berbagai vitamin dan molekul antioksidan yang berperan penting untuk kesehatan. Paprika sendiri memiliki berbagai jenis nutrisi, seperti misalnya karbohidrat, protein, serta lemak. Kandungan karbohidrat utamanya merupakan gula, yakni glukosa dan fruktosa. Sementara itu, vitamin C juga bisa kita temukan pada buah ini. Makanya, tidak heran apabila paprika memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk kita, seperti pada 5 manfaat paprika berikut ini!

1. Memelihara kesehatan mata

Di dalam sebuah paprika, terdapat kandungan lutein, zeaxanthin, dan violaxanthin, karotenoid yang kaya. Keempat kandungan ini berperan penting untuk melindungi retina kita dari risiko kerusakan yang bersifat oksidatif. Bahkan, beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa ketika kita mengonsumsi karotenoid yang cukup, maka kita secara tidak langsung akan menurunkan risiko terjadinya katarak serta degenerasi pada makula. Kedua jenis masalah kesehatan ini disebabkan oleh usia serta infeksi. Selain itu, minimnya asupan nutrisi juga dapat memicu kemunculan penyakit tersebut.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Paprika yang berwarna merah memiliki kandungan antioksidan yang kaya sehingga berperan aktif untuk menghindari sel-sel tubuh kita dari paparan radikal bebas. Apalagi, radikal bebas pun akan menimbulkan bermacam-macam masalah kesehatan, salah satunya ialah penyakit jantung. Pada sebuah penemuan menarik, diperlihatkan bahwa paprika merah memiliki manfaat yang berhubungan dengan cara mengolah makanan sehat tersebut. Soalnya, paprika merah memiliki kandungan antioksidan yang konsentrasinya dapat semakin maksimal apabila kita meletakkannya pada suhu yang tinggi. Maka dari itu, paprika merah yang kita olah akan memiliki kandungan antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan paprika yang masih mentah.

3. Mengurangi risiko anemia

Di dalam sebuah paprika, ada sumber zat besi yang baik untuk tubuh karena dapat mengurangi risiko terjadinya anemia. Apalagi, salah satu hal utama yang dapat menyebabkan kemunculan anemia adalah karena kondisi kekurangan zat besi. Selain zat besi, paprika juga memiliki kandungan vitamin C yang kaya sehingga sangat nikmat untuk disantap. Melalui adanya vitamin C, maka tubuh bisa menyerap zat besi pada sistem pencernaan. Tidak heran, kandungan vitamin C juga berperan penting untuk mengurangi risiko anemia.

4. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Paprika merah memiliki kadar mangan yang tinggi sehingga dipercaya dapat menjadi salah satu faktor untuk mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Apalagi, salah satu hal yang dapat menyebabkan adanya keropos tulang ialah karena rendahnya kadar mineral mikro, diantaranya seperti mangan, zinc, serta tembaga.

5. Mengoptimalkan imunitas tubuh

Paprika memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti misalnya lutein, vitamin C, capsanthin, serta betakaroten. Nah, adanya konsumsi makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi ini berperan efektif sehingga kita dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Alhasil, kita bisa terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit.

Nah, itulah tadi manfaat paprika untuk kesehatan yang wajib kita ketahui. Jadi mulai sekarang, kita sudah tidak ragu lagi kan untuk mengkonsumsi paprika? Apalagi, ada TaniHub yang mempermudah kita mendapatkan paprika kuning berkualitas melalui platform belanja sayur dan buah online terbaik dan terpercaya.

News Feed