by

Sejarah dan Peran Sidang BPUPKI dan PPKI Bagi Bangsa Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus mengenal sejarah dari bangsa kita sendiri yakni salah satunya mengenal sejarah sidang BPUPKI dari pertama sampai yang ke dua. Dengan mengetahui sejarah ini maka kita juga ikut serta dalam berpartisipasi dalam membangun karakter bangsa ini dan juga sudah melaju ke langkah awal dalam menjadi warga negara Indonesia yang baik.

Pada awalnya pembentukan BPUPKI awalnya untuk bisa mendapatkan dukungan dari Indonesia yaknk dalam membantu Jepang dan dengan menjanjikan kemerdekaan yakni bagi bangsa Indonesia. Ini jiga tercatat pada tanggal 7 September tahun 1944 lalu, kemudian Perdana Menteri Kyoso juga saat itu memberikan janji bahwa Indonesia akan diberikan ke merdekakan di kemudian hari jika sudah menyetujui pembentukan BPUPKI.

Dalam pendirian BPUPKI telah diumumkan yakni pada tanggal 1 Maret tahun 1945. Akan tetapi BPUPKI juga baru diresmikan pada tanggal 29 April 1945 yang yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Pembentukan BPUPKI juga memiliki nama dalam bahasa Jepang yang bernama yaitu Dokuritsu Junbi Cosakai.

Pada awalnya BPUPKI mempunyai 67 anggota di mana 60 orang yakni adalah orang Indonesia dan terdapat 7 orang dari Jepang yang bertugas untuk mengawasi. Pendirian BPUPKI juga diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat dan untuk Wakilnya Hibangase Yosia yakni dari Jepang dan Raden Pandji Soeroso.

BPUPKI juga mempunyai tugas untuk menyelidiki rencana penting yakni dalam pembentukan Negara Indonesia. Tidak hanya itu ada beberapa tugas BPUPKI lain yaitu, untuk membahas dasar negara Indonesia, lalu membentuk panitia kecil untuk menampung saran dasar negara Indonesia, kemudian akan membantu panitia Sembilan dan jiga panitia kecil dan membentuk reses selama satu bulan. Pembentukan BPUPKI melaksanakan sidang pertamanya yakni pada 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945.

Sidang Pertama BPUPKI

Dalam sidang BPUPKI yanv dibuka di Gedung Chuo Sangi In yakni di Jakarta yang kini dikenal menjadi Gedung Pancasila. Dan pada sidang pertama yakni tanggal 29 Mei tahun 1945, Mohammad Yamin juga meyampaikan 5 asas yakni antara lain:

  1. peri kebangsaan
  2. peri kemanusiaan
  3. peri ketuhanan
  4. peri kerakyatan
  5. kesejahteraan rakyat.

Kemudian pada sidang kedua tanggal 31 Mei tahun1945, Dr Soepomo juga memberikan 5 asas yakni antara lain:

  1. persatuan
  2. kekeluargaan
  3. keseimbangan lahir batin
  4. musyawarah
  5. keadlian rakyat

Yakni pada sidang yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno juga menyampaikan 5 asas nya yang kini kita sebut Pancasila. Dan oleh karena itu, lahirnya Pancasila juga diperingati setiap tanggal 1 Juni kan.

Kemudian pada tanggal 10 hingga 17 Juli 1945, BPUPKI juga melakukan sidang untuk membahas rancangan Undang-Undang Dasar atau UUD, Kemudian bentuk negara, lalu wilayah negara dan juga kewarganegaraan Indonesia. Yang pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI juga akhirnya dibubarkan karena dianggap telah menyelesaikan tugasnya di Indonesia. Namun kemudian Jepang mendirikan Dokuritsu Junbi Inkai atau bisa di sebut Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang sering di sebut PPKI dan diketuai oleh Soekarno.

Nah seperti itulah terkait sejarah pembentukan BPUPKI, yakni badan yang bertugas untuk mempersiapkan usaha kemerdekaan Indonesia. Dan semoga informasi di atas bisa membantu dan menambah informasi dan pengetahuan kamu semua.

News Feed