by

Review Smartphone Samsung Galaxy M12

Hadir di Indonesia Smartphone kelas entry level Samsung baru meluncur ke Indonesia . mulai dari seharga 1 jutaan, sampai kisaran Rp 3 – 4 jutaan, pilihannya lumayan banyak banget, benar-benar menyasar seluruh budget dan kebutuhan. Baru-baru ini Samsung Galaxy M12 hadir sebagai alternatif terbaru di kisaran 2 jutaan. Dari penamaan dan juga tampilannya. Namun selalu dipelajari lebih dalam lagi, perbedaannya banyak. Bahkan membuat saya terkejut, karna spesifikasi di atas rata-rata hal itu sangat menarik. Tidak seperti Samsung murah pada umumnya, lewat Samsung Galaxy M12, beberpa fitur yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh seri mid-range dan flagship kini bisa dirasakan oleh semua kalangan. Namun tentunya, tak bigutu lepas dari beberapa kekurangan yang harus masuk kedalam pertimbangan.

Selain mengandalkan layar dengan refresh rate tinggi, Samsung Galaxy M12 ini siap memuaskan pengguna yang sangat menginginkan daya tahan baterai andal dengan kombinasi baterai berkapasitas 5000mAh dan SoC hemat energi dan Exynos 850. Kemampuan fotografi Samsung Galaxy M12 juga sangat di perhitungkan di kelasnya dengan dukungan Quad camera 48MP. Munculnya Hp ini juga cukup sangat mengejutkan karena harganya yang kompetitif dan dilengkapi dengan layar refresh rate 90Hz yang biasanya hanya dimiliki ponsel kelas mengah.

Kamera Super Jernih

Kalau dilihat-lihat pada bodi belakangnya, terlihat cukup keren. Samsung Galaxy M12 dilengkapi setup kamera lengkap, dengan sensor utama yakni 48MP, lalu ada sensor 5MP ultrawide yang memang hasilkan foto cenderung halus alias kurang detail wajar karena sesuai dengan megapixel yang diusungnya, tak jauh berbeda dengan competitor. Sementara dua lainnya adalah sensor 2MP untuk hasilkan efek potret serta objek jarak dekat (makro).

Hasil foto dari sensor utamanya cukup oke kelasnya. Tanpa bantuan Al khusus, tone warna yang dihasilkan relatif sesuai kenyataan, meski terkadang terlihat agak pucat. Mendukung PDAF, menurut saya kemampuan fokusnya bukan yang terbaik lebih baik memastikan dengan tap to focus daripada mendapati risiko hasil foto bokeh.

Sementara kamera depannya adalah 8MP yang ada di Samsung Galaxy M12 bisa dibilang cukup oke, skin tone pas, sudut pandang lebar, buat merekam video pun kulit wajah sangat keren dan tajam. Efek potret yang di hadirkan juga lewt olah digital pun di tampilkan secara real dengan harapan yang di inginkan.

Fitur-fitur Canggih

Sudah menggunakan Android 11, Samsung Galaxy M12 ini sudah mnenggunakan tampilan oke yakni One UI core versi 3.1. tampilan yang menjadi ciri khas Smartphone Samsung, terlihat sederhana namun sebenarnya kaya fitur. Mulai dari game launcher, Dual Messenger, plus One handed mode yang sering saya pakai mengingat dimensinya yang cukup begitu besar.

One UI terbaru ini juga tidak terlalu memaksakan penggunanya untuk menggunakan Bixby, bakal muncul Google discover yang informatif. Ada juga cara lain untuk di turunkan bar notifikasi hanya dengan swipe sensor sidik jari di sebelah kanan. Namun Ketika ku mencoba mengaktifkan dengan memakai tangan kanan, seringkali bar notifikasi justru terbuka secara tidak sengaja. Mungkin karena kebiasaan, oleh karena itu sensor sidik jarinya cepat sekali dan sangat sanagt-akurat, tak perlu di pencet untuk membuka layar kunci.

Baterai

Secara kapasitas memang tak special, 5000 mAh. Mnamun hp Samsung Galaxy ini memang dikenal akan daya tahan baterai yang memang kelas. Tak hanya itu, Samsung Galaxy M12, yang bisa bertahan hingga 1,5 hari . kalau tidak dijadikan modem berjalan sih pasti bisa bertahan jauh lebih lama.

News Feed