by

Resep dan Cara Membuat Bistik Daging Sapi

Saat ini resep olahan daging sapi sudah banyak macamnya yakni salah satunya adalah olahan bistik daging sapi khas Jawa ini yang metodenya direbus dengan bumbu kecap sampai dengan rasanya gurih manis sehingga sangat menggugah selera. Kemudian bisa juga dipadukan dengan kentang dan juga sayuran, dan akhirnya rasa bistik daging akan semakin mantap dan membuat semua orang akan merasa ketagihan. Apalagi orang Indonesia masaknya sangat terkenal akan rempah-rempah nya jadi pasti saat masuk ke mulut semua bumbu akan terasa menyatu.

Masakan bistik daging sapi khas Jawa ini juga merupakan adaptasi dari kuliner Belanda, yakni awalnya disebut biefstuk. Namun kemudian di Solo dan juga beberapa kota di Jawa Tengah, nama bistik daging sapi ini telah dijual di warung tenda hingga restoran populer lho.

Untuk proses memasaknya juga bukan dipanggang seperti beefsteak ala barat tersebut, namun akan tetapi irisan daging sapi dimasak bersama dengan bumbu hingga empuk. Sehingga karenanya bistik ini juga hampir mirip seperti semur. Dari di berbagai masakan bistik di Nusantara yakni punya sajian beda-beda ada yang kuahnya encer seperti kaldu, dan ada juga yang kental.

Untuk beberapa rahasia kelezatannya yang terletak pada daging sapi bagian has dalam yang super empuk ini. Namun jika memakai bagian daging lainnya akan keras atau kenyal ataupun juga terasa alot saat dimakan. Untuk resep bistik daging sapi khas Jawa yang bisa kamu contek cara pembuatan dan tips membuatnya yang ada berikut ini.

Resep Bistik Daging Sapi Khas Jawa

a. Bahan-bahan yang harus di siapkan

  • Sediakan 500 g daging has dalam sapi yang empuk
  • Siapkan 1 sdt merica bubuk
  • Siapkan 1/4 butir biji pala, parut
  • Siapkan 3 sdm mentega atau margarin
  • Siapkan 8 butir bawang merah besar, kemudian iris tipis
  • Siapkan 3 siung bawang putih, kemudian cincang
  • Siapkan 3 sdm saus/kecap Inggris
  • Siapkan 100 ml kecap manis
  • Siapkan 2 sdt garam
  • Siapkan 500 ml air

Pelengkap:

  • Siapkan Setup buncis dan wortel
  • Siapkan Daun Selada
  • Siapkan Kentang Goreng
  • Siapkan Acar Timun

b. Cara membuat bistik daging sapi

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ada mengiris daging has dalam yakni melintang serat 1/2 cm. Ini bertujuan agar daging bisa menyerap bumbu dan juga agar terlihat lebih bagus.
  2. Langkah kedua yang harus dilakukan taburi dengan merica dan pala sampai rata lalu remas-remas hingga meresap. Kemudian diamkan selama 30 menit.
  3. Langkah ke tiga panaskan mentega atau margarin hingga meleleh.
  4. Langkah ke empat selanjutnya tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu.
  5. Langkah kelima yang harus kau lakukan adalah memasukkan irisan daging tadi. Kemudian nasak sampai seluruhnya berubah warna.
  6. Langkah ke enam kasih kecap Inggris, kemudian kecap manis, dan juga garam. Lalu aduk hingga rata.
  7. Dan tuangkan air, kemudian didihkan dan masak hingga daging jadi lunak. Jika sudah bisa di angkat.
  8. Langkah terakhir sajikan bistik daging sapi dengan Pelengkapnya juga biar makin cantik.

Tips atau cara membuat Bistik Daging Sapi agar Empuk Khas Jawa:

  1. Supaya lebih mudah dipotong, kamu bisa simpan daging has dalam sapi dalam freezer selama 1 jam hingga lumayan keras. Kemudian dengan pisau tajam, iris melintang daging sapi tersebut.
  2. Selanjutnya rebus atau masak bistik daging sapi dengan api kecil sampai daging jadi empuk.
  3. Apabila suka kuah lebih banyak, kamu bisa ditambahkan air. Akan tetapi jika suka kuah yang kental, maka masak daging hingga kuahnya susut mengental.