by

4+ Strategi Pemasaran yang Terbukti Efektif

-Bisnis-44 views

Tidak ada yang sulit dalam dunia digital yang semakin berkembang saat ini. Yang ada adalah tidak mau belajar dan malas untuk bertindak. Begitu juga ketika anda mempunyai bisnis dan ingin memasarkannya, dengan kemajuan teknologi akan semakin mempermudah hal tersebut. Tentunya anda harus mempunyai strategi agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan sebagai media pemasaran bisnis, entah itu bisnis online maupun offline. Yang jelas, strategi pemasaran dari keduanya akan lebih efektif jika dilakukan secara online. Tidak seperti dulu sebelum adanya era globalisasi, anda harus memasarkan produk atau bisnis di koran, televisi (bagi perusahaan besar) atau mungkin baliho dan pamflet.

Berikut telah kami kumpulkan beberapa strategi pemasaran yang sudah terbukti efektif untuk mendongkrak popularitas dan penjualan bisnis anda. Banyak perusahaan kecil maupun besar yang sukses menggunakan strategi ini.

1. Menentukan Tujuan dan Biaya

Tidak boleh sembarangan, anda harus mempunyai tujuan dalam pemasaran tersebut. Pikirkan apa tujuan utama anda, apakah untuk meningkatkan penjualan? Atau untuk membangun brand produk bisnis? Semuanya harus jelas dan direncanakan dengan matang.

Selain itu, anda harus menentukan berapa biaya anggaran dari pemasaran yang akan dilakukan. Apakah tujuannya sebanding dengan biaya yang akan dikeluarkan atau tidak? Apakah anggaran yang anda punya mencukupi? Jika semua pertanyaan tersebut sudah dijawab dan oke, anda bisa melanjutkan strategi marketing selanjutnya.

2. Gunakan Media Sosial

Siapa yang tidak menggunakan media sosial? Bagi kaum milenial atau gen Z, medsos adalah hal yang wajib untuk dipunyai. Anda bisa menggunakan Facebook, Youtube, Twitter, Instagram atau beberapa yang lain. Tidak perlu menggunakan semua media sosial yang ada, gunakan apa yang menurut anda mempunyai potensi besar untuk memasarkan bisnis.

Bagaimana cara yang efektif dalam menggunakan media sosial? Jawabannya tentu tergantung dari usaha apa yang anda punya. Untuk itu, perlu dilakukan riset terlebih dahulu sebelum menggunakan salah satu medsos yang ada tersebut.

3. Menggunakan Content Marketing

Strategi ini masih berhubungan dengan yang kedua. Jika anda sudah melakukan riset mengenai media sosial apa yang akan digunakan, selanjutnya anda terapkan konten marketing untuk membuat promosinya. Content marketing merupakan isi dari promosi yang anda lakukan. Isinya harus mengenai hal yang penting dan relevan dengan bisnis yang anda jalankan.

Selain menerapkan konten marketing pada media sosial, anda juga bisa menggunakan blog sebagai media utama. Jika tidak punya, anda bisa membuat iklan melalui blog orang lain yang sudah mempunyai trafik tinggi.

4. Menggunakan Email & SMS

Email tidak hanya berguna sebagai media komunikasi. Saat ini, email menjadi media yang sangat berguna untuk memasarkan bisnis anda. Menurut riset yang dilakukan oleh McKinsey and Company, email justru lebih efektif untuk menarik konsumen jika dibandingkan dengan media sosial.

Selain email, bisa juga dengan SMS. Saat ini banyak layanan SMS gateway yang bagus, misalnya dari K1NG Corporation. Efektivitas melakukan pemasaran dengan SMS terbilang baik. Selain mudah bagi awam, strategi ini juga memakan biaya yang tidak banyak.

5. Riset Keyword

Satu hal yang sangat mendasar namun juga sangat penting adalah riset keyword. Bisa dibilang bahwa hal ini merupakan awal dari kesuksesan bisnis anda jika dilakukan dengan cara yang benar. Riset keyword lebih menitikberatkan pada pencarian yang digunakan ketika menggunakan mesin pencari.

Jangan hanya mencari keyword yang mempunyai jumlah pencarian banyak, perhatikan juga kompetitor dari keyword tersebut. Lebih baik mencari keyword dengan volume pencarian sedikit lebih rendah namun mempunyai tingkat pesaing yang mudah.

Itulah 5 strategi pemasaran yang terbukti efektif dan sudah banyak digunakan oleh beberapa pemilik badan usaha. Silahkan anda pelajari lebih dalam dan segera menerapkannya.

News Feed