by

Rekomendasi Sepeda Anak dan Tips dalam Memilihnya

Bersepeda, menjadi salah satu olahraga asik yang digemari semua usia. Selain sebagai sarana dalam melatih keseimbangan, bersepeda pun cocok dijadikan media bermain bagi anak-anak. Terlebih, saat ini sudah banyak ditemui sepeda anak beraneka macam untuk dimiliki. Nah, jika Anda sedang mencari sepeda khusus untuk anak, jangan asal pilih. Setidaknya, yuk perhatikan terlebih dulu beberapa hal berikut ini!

Perhatikan Jenis Sepeda

Jenis sepeda memiliki peranan yang cukup penting dalam pemilihan sepeda untuk anak. Desain yang tidak tepat, bisa berdampak cukup fatal jika tidak diperhatikan. Untuk memberikan kenyamanan pada anak Anda, pastikan bahwa desainnya memang ‘pas’ dan cocok digunakan. Dalam pemilihan desain, pastikan sepeda yang dipilih sudah sesuai dengan usia anak.

Seperti yang diketahui, model dan desain sepeda berbeda-beda. Misalnya saja jika anak Anda masih berusia di bawah tiga tahun, bisa memilih jenis sepeda anak roda tiga atau tricycle untuk memudahkan. Ini lebih aman, juga terkesan simple namun tetap menyenangkan. Pastikan juga ukurannya sesuai, dari mulai jarak kaki ke pedal, hingga tangan pada pegangan untuk menghindari anak membungkuk.

Fitur Keamanan

Selain jenis sepeda, ada hal yang lebih penting saat memilih sepeda anak. Bagi setiap orang tua, pastinya akan menomorsatukan keamanan anak saat bermain. Begitu pun ketika anak sedang bersepeda. Memerhatikan keamanannya adalah hal utama yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk sepeda khusus anak, biasanya terdapat fitur-fitur keamanan yang disematkan pada setiap sepeda. Salah satu contohnya adalah penutup rantai. Hal yang paling dikhawatirkan saat bersepeda adalah kaki atau celana anak yang tersangkut pada rantai. Jika hal itu terjadi, bisa berbahaya bagi keamanannya. Untuk itu, saat memilih pastikan bahwa sepeda sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Material Sepeda

Tidak kalah pentingnya, material atau bahan pembuatan sepeda anak cukup menunjang saat pemilihan sepeda yang tepat. Dari mulai material tubuh sepeda itu sendiri, hingga velg yang punya peranan cukup penting. Biasanya, material yang cocok adalah logam sehingga terlihat lebih kokoh. Namun, sesuai juga rangka dan bobotnya. Jangan terlalu berat agar anak masih bisa menjangkau beratnya.

Bagian material velg pun perlu diperhatikan. Velg berbahan logam campuran dengan tambahan alumunium bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, bahan tersebut dianggap lebih mudah saat dicengkeram oleh rem, apalagi saat berada di jalan yang basah. Jadi, lebih aman juga, bukan?

Pilihan Sepeda yang Tepat

Jika beberapa tips sebelumnya sudah Anda perhatikan, selanjutnya adalah memilih produk sepeda itu sendiri. Kebanyakan masyarakat melihatnya dari brand yang sudah dikenal bagaimana kualitasnya. Jika Anda sedang mencari sepeda anak yang cocok dan sudah terjamin kualitasnya, beberapa sepeda ini bisa dijadikan rekomendasi.

Order sepeda anak di Marketplace pilihan:

  1. Polygon

Sepeda Polygon, produk yang satu ini pun membesut sepeda khusus anak dengan desain yang begitu unik. Terdapat berbagai varian stripping yang bisa disesuaikan dengan selera anak-anak Anda. beberapa produk pilihannya seperti Lovina atau Hello Kitty untuk anak perempuan. Kisaran harga 1 jutaan.

  1. Element

Produk pilihan lainnya adalah dari Element. Kebanyakan produk  sepeda ini memiliki desain yang cukup unik dengan pilihan warna-warna menarik. Sudah menggunakan rangka besi yang kokoh dan dilengkapi berbagai fitur kemanan serta fitur tambahan seperti keranjang, atau tambahan jok belakang. Harga sepeda Element berkisar 800 ribuan.

Selain dua produk sepeda tersebut, masih banyak sepeda anak lainnya yang bisa jadi pilihan. Beberapanya seperti sepeda Yoe-yoe yang cukup murah dari segi harga, tersedia juga varian tricycle. Ada juga produk lain dari Jefferys, Thrill Push Bike, United, atau Strider. Apapun pilihan sepeda untuk anak Anda, pastikan bahwa sepeda tersebut memang sudah sesuai. Paling penting, aman dan disukai oleh anak.

News Feed