by

Pengertian Mebel dan Furniture yang Harus Anda Ketahui

Mungkin banyak dari anda yang mengira bahwa Mebel dan Furniture mempunyai arti yang sama. Furniture berasal dari bahasa Inggris, Sedangkan mebel merupakan arti kata tersebut. Namun banyak juga yang mengira dan bertanya–tanya bahwa mebel dan furniture mempunyai arti yang beda. selanjutnya, apa sih sebenarnya mebel dan furniture itu ? langsung saja simak di bawah ini.

Mebel atau Furniture merupakan alat perabot rumah tangga yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lainnya. Perlu anda ketahui bahwa mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Sedangkan kata furniture berasal dari bahasa Prancis fourniture atau 1520-30 Masehi.

Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau ruangan atau  perabot rumah. Walaupun mebel dan furniture mempunyai arti yang berbeda, tetapi mempunyai penunjukan yang sama yaitu meja, kursi, lemari, dan lainnya.

Kegunaan Mebel dan Furniture

Mebel akan semakin terasa kegunaannya apabila jika ada di rumah. Anda akan terpaksa duduk berselonjor, tidur di lantai dan kedinginan, membuka laptop di lantai. Pakaian tergeletak di lantai. Kaki cepat kesemutan, tidur dan bekerja juga tidak nyaman, barang-barang berantakan dan anda juga tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam hal. Terasa manfaat mebel atau furniture membuat rumah anda nyaman untuk beristirahat, bekerja, serta membantu rumah anda menjadi lebih rapi.

Dengan ini mebel atau Furniture sudah mempunyai umur yang sangat tua dan masih bertahan sampai sekarang. Mebel yang tertua yang ditemukan hingga ini merupakan mebel peninggalan zaman neolithic tahun 3100 sampai 2500 sebelum masehi.

Mebel mempunyai manfaat untuk kenyamanan dan kerapian sebuah rumah atau hunian. Selain itu, mebel juga mengusung makna–makna sosial yang menegaskan status sosial. Mebel juga tidak hanya berguna untuk kerapian dan kenyamanan rumah saja namun mengusung makna sosial yang menegaskan status sosial.  Memang kebanyakan orang memandang kursi hanya untuk tempat duduk semata, tetapi ada juga sebuah kursi yang menegaskan kekuasaan.

Kursi itu disebut kursi raja tentunya, kursi direktur, tahta. Dalam Bahasa Indonesia juga dikenal istilah “berebut kursi” yang artinya “berebut kekuasaan”. Karena pada umumnya kursi juga mempunyai arti kekuasaan, tentuny kursi tahta berlainan dengan kursi yang digunakan untuk sekedar duduk.

Kursi Raja mempunyai ukir-ukiran atau relief yang rumit. Dan di istana, kursi raja paling besar dan juga paling bagus. Kursi bawahan raja, harus lebih sederhana dan kecil, walaupun secara finansial mampu menyediakan kursi yang lebih bagus.

Bagaimana makna mebel sekarang ini yang di mana sudah jarang ada status raja. kursi dapat dijadikan sarana menyampaikan status ekonomi dari setiap individu. Seseorang tidak akan nampak kaya hingga dia melihatkan dalam bentuk mebel yang mewah. Biasanya mebel mewah itu adalah mebel klasik.

Mebel minimalis juga dapat mewah jika bahannya mahal, misalnya dari kayu jati berdiameter besar dan berukuran besar. Tanpa berbicara secara verbal, kursi sudah berbicara bahwa pemilik mebel ini merupakan orang kaya.

Asal Mula Mebel di Asia

Mebel di Asia agak berbeda dengan mebel Barat. Dan mebel Asia mengembangkan gayanya sendiri, namun kadang dipengaruhi oleh barat karena orang Asia dengan orang barat melalui kolonialisme, informasi dan pendidikan.

Itulah informasi tentang Pengertian Mebel dan Furniture yang Harus Anda Ketahui dan anda juga bisa lihat tentang Furniture Jepara berkulitas dan terbaik. Semoga bermanfaat buat semuanya.

News Feed