by

Peran Investasi Bagi Negara, Bukan Sekedar Menanam Uang

-Bisnis-32 views

Banyak para investor pemula mengabaikan fungsi investasi itu sendiri. Dalam riset kecil yang dilakukan InvestBro.id tentang jajak pendapat generasi muda, mereka berharap mendapat uang lebih dari investasi dan tidak terlalu ingin tahu seluk beluknya. Padahal investasi bukan sekedar menggandakan uang.

Investasi mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun ini. Tidak banyak yang menyadari sekecil apapun uang yang diinvestasikan seseorang ternyata sangat berpengaruh bagi Negara. Investasi ternyata merupakan komponen permintaan agregat dan yang lebih penting mempengaruhi kapasitas produktif perekonomian. Tolok ukur perekonomian mungkin sangat banyak, tetapi GDP (Gross Domestic Product) mungkin. Berikut pemaparan dari InvestBro.id:

Peningkatan investasi harus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi

Investasi berarti pengeluaran untuk belanja modal misalnya membeli mesin baru, membangun pabrik yang lebih besar, membeli robot untuk mengaktifkan otomatisasi. (dalam ilmu ekonomi, investasi tidak berarti menyimpan uang di bank). Investasi merupakan komponen permintaan agregat (AD). Oleh karena itu, jika ada peningkatan investasi akan membantu meningkatkan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi jangka pendek.

Jika ada kapasitas cadangan, maka peningkatan investasi dan kenaikan AD akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Namun, jika perekonomian mendekati kapasitas penuh, maka kenaikan AD hanya akan menyebabkan inflasi dan bukan peningkatan PDB riil

Namun ada faktor lain yang mempengaruhi AD selain investasi. Misalnya, jika ada penurunan belanja konsumen atau penurunan ekspor, maka peningkatan investasi mungkin tidak benar-benar meningkatkan AD. Investasi bukanlah komponen terbesar dari AD (sekitar 16%); komponen terbesar dari AD adalah belanja konsumen (sekitar 66%).

Investasi dan efek pengganda

Jika perekonomian memiliki kapasitas cadangan, peningkatan investasi juga dapat menyebabkan multiplier effect. Kenaikan awal investasi mungkin saja meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi jika perusahaan memperoleh lebih banyak penjualan dan laba, mereka bersedia untuk menginvestasikannya kembali dalam investasi lebih lanjut. Selain itu, rumah tangga yang memperoleh pekerjaan dari investasi tersebut memiliki lebih banyak pendapatan untuk dibelanjakan. Jadi, investasi sebesar £ 2 miliar dapat menyebabkan peningkatan akhir dalam PDB riil sebesar £ 3 miliar. (efek pengali 1,5)

Investasi dan sisi penawaran ekonomi

Jika investasi efektif maka harus meningkatkan kapasitas produktif perekonomian. Misalnya, berinvestasi dalam keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Investasi dalam teknologi dan modal baru dapat meningkatkan produktivitas dan kapasitas produktif perekonomian; ini membantu untuk menggeser pasokan agregat jangka panjang (LRAS) ke kanan. Peningkatan LRAS sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang; itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi tanpa inflasi. Jika investasi mengarah pada peningkatan produktivitas yang signifikan maka – itu dapat menyebabkan peningkatan tingkat tren pertumbuhan ekonomi jangka panjang. (tingkat pertumbuhan berkelanjutan rata-rata

Bagaimana pertumbuhan ekonomi mempengaruhi investasi

Laju pertumbuhan ekonomi juga mempengaruhi tingkat investasi. Investasi bisnis cenderung cukup fluktuatif. Jika bisnis melihat perbaikan dalam prakiraan ekonomi, mereka akan meningkatkan investasi untuk memenuhi permintaan di masa depan. Oleh karena itu, peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dapat menyebabkan peningkatan investasi yang substansial. Tetapi, jika terjadi kemerosotan ekonomi dan penurunan laju pertumbuhan ekonomi, bisnis akan mengurangi investasi. Teori akselerator menyatakan bahwa tingkat investasi bergantung pada laju perubahan pertumbuhan ekonomi.

Namun, selain laju pertumbuhan ekonomi, tingkat investasi juga bergantung pada tingkat bunga, kepercayaan dunia usaha, kemajuan teknologi, dan peraturan pemerintah. Itulah mengapa GDP sangat berperan penting untuk kemajuan Negara, semakin percaya masyarakat kepada perusahaan Nasional untuk menginvestasikan dananya semakin baik tingkat produktivitas harga barang yang ada di pasaran. Anda tentu tahu semakin mudah produk didapat semakin murah harga barang tersebut, tingkat konsumsi masyarakat yang baik juga menjadi tolok ukur keberhasilan Negara dalam menggerakkan ekonomi. Maka investasi penting untuk membantu gejolak roda ekonomi Negara.

News Feed