by

Mengapa Reksadana Pilihan Investasi yang Bagus?

Terjadinya pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi keadaan ekonomi masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjaan atau sumber penghasilannya. Kondisi yang memprihatinkan ini mendorong tumbuhnya pemikiran dan kesadaran banyak orang untuk berinvestasi. Mereka ingin mengamankan dan menambah aset mereka, dan memiliki jaminan finansial selain uang gaji dan pekerjaannya. Salah satu upaya untuk melakukan hal-hal tersebut adalah melalui investasi.

Investasi dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan sebagai cara pengelolaan uang karena dengan investasi, nasabah tidak hanya dapat menyimpan uang tetapi juga dapat menambah nilai uang yang disimpannya. Investasi memiliki kelebihan dalam segi keuntungan yang dihasilkan dibandingkan dengan kegiatan menabung, karena keuntungan yang didapat dari investasi lebih besar daripada keuntungan yang didapat saat menabung biasa. Berikut merupakan manfaat yang akan didapat saat melakukan investasi:

  • Nilai aset dan kekayaan semakin meningkat.

Secara otomatis, jika Anda melakukan investasi maka nilai aset dan kekayaan yang Anda miliki semakin meningkat. Aset tidak terbatas hanya pada properti seperti gedung, uang yang Anda setorkan sebagai modal investasi juga termasuk ke dalam aset. Dana yang Anda sisihkan khusus untuk investasi akan akan berkembang semakin banyak seiring berjalannya waktu.

  • Dapat terhindar dari inflasi.

Tingkat inflasi suatu negara akan mempengaruhi daya jual beli masyarakatnya; jika inflasi suatu negara bertingkat tinggi maka daya beli masyarakat pun akan melemah. Untuk menghindari dampak inflasi inilah, investasi dapat menjadi salah satu cara yang dapat membantu Anda membantu, bahkan meningkatkan, potensi ekonomi Anda.

  • Keuangan Anda merdeka.

Merdeka secara finansial di sini berarti Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda dengan uang yang Anda miliki tanpa harus terlilit hutang demi memenuhi kebutuhan hidup karena Anda memiliki sumber pemasukan tambahan dari investasi yang dilakukan.  Ini akan sangat membantu Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan diri Anda sehingga tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

  • Persiapan masa depan.

Seiring bertambahnya usia, kita semakin sadar bahwa kemampuan kita bekerja tidak akan sama seperti saat kita di usia muda. Maka mengupayakan agar apa yang sudah Anda dapatkan saat muda untuk kehidupan masa tua haruslah menjadi suatu prioritas. Untuk itu, kita dapat melakukannya melalui investasi karena keuntungan dari investasi Anda akan terus berjalan tanpa tergantung pada faktor usia muda yang Anda miliki.

Menyadari manfaat-manfaat dari investasi, maka Anda harus memilih bentuk investasi yang akan Anda ambil. Dan salah satu bentuk investasi yang tepat untuk Anda ambil adalah investasi reksadana.

Mengapa reksadana?

Investasi reksadana merupakan investasi yang mengumpulkan dana dari para nasabah yang bersedia menjadi penanam modal. Dana yang sudah disetorkan oleh nasabah akan dikelola oleh manajer investasi. Bagaimana dana dikelola pun tergantung dengan hasil kesepakatan antara pihak manajer investasi dan nasabah. Saat Anda mengikuti reksadana, Anda dapat memulai berinvestasi dengan nominal yang kecil. Lalu resiko saat mengikuti investasi reksadana pun rendah dan untuk nasabah pun menjanjikan. Maka investasi reksadana ini tepat sekali untuk dilakukan sejak usia muda karena tidak harus langsung dengan nominal besar dan bisa diatur jangka waktunya. Maka Anda tinggal memutuskan bentuk produk investasi reksadana yang akan Anda tentukan dan sesuaikan dengan kondisi Anda.

Produk investasi reksadana yang paling diminati dan resikonya rendah yakni reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang adalah salah satu jenis reksadana yang menginvestasikan seluruh dana nasabah ke dalam pasar uang. Bentuk reksadana pasar uang dapat berupa surat berharga yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan jika nasabah hendak melakukan reksadana yang dihadirkan oleh digibank by DBS:

  1. Tersedia 3 pilihan kategori reksadana untuk nasabah yang memiliki nilai kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.
  2. Pembelian berkala yang fleksibel.
  3. Pilihan lebih dari 50 produk reksadana.
  4. Daftar SID, jual, beli, dan switch, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi. Yang artinya, kamu dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja sesuai keinginanmu.
  5. Investasi bisa dimulai dari Rp. 100 ribu.

Demikianlah keragaman Keuntungan reksadana yang akan Anda dapat jika berinvestasi reksadana. Tidak perlu ragu lagi. Segeralah melakukan investasi reksadana. Salah satu bank penyedia layanan produk investasi reksadana yang mudah dan cepat adalah digital banking digibank by DBS.

Digibank by DBS memiliki sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Anda dapat melihat layanan produk investasi apa saja yang ditawarkan oleh digital banking digibank by DBS dengan mengklik link go.dbs.com/id-reksadana atau Anda dapat membuka dan mengikuti akun Instagram milik digibank by DBS dengan username @digibankid sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi layanan produk digibank by DBS. Selamat berinvestasi!

News Feed