by

Mengenal Investasi Reksadana Saham, Risiko dan Keuntungan Reksadana untuk Menambah Pendapatan

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk manajemen keuangan lebih baik, salah satunya dengan investasi reksadana. Pasalnya melalui investasi ini Anda berpotensi mendapatkan keuntungan investasi reksadana yang cukup untuk menambah pendapatan dengan risikonya tidak terlalu tinggi. Namun sayangnya masih banyak investor yang tidak mengenali karakter, risiko, serta potensi keuntungan Reksadana secara mendalam.

Reksadana sendiri merupakan instrumen investasi yang menampung dana dari masyarakat dan ditempatkan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Nantinya dana tersebut akan diolah manajer investasi untuk diinvestasikan dalam instrumen pasar uang, obligasi, serta saham.

Sebelum mengetahui keuntungan investasi reksadana ada baiknya Anda mengetahui dua bagian Reksadana yaitu reksadana tertutup dan reksadana terbuka. Contoh produk reksadana terbuka yaitu, reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran.

Reksadana terbuka sendiri merupakan reksadana yang umumnya diperdagangkan dengan menawarkan unitnya setiap saat hingga batas maksimum unit yang ditawarkan serta membeli kembali unit investor. Sedangkan reksadana tertutup yaitu unit yang ditawarkan hanya pada waktu tertentu.

Apa itu Reksadana Saham?

Reksadana saham adalah salah satu bagian dari jenis Reksadana selain dari Reksadana pendapatan tetap dan reksadana campuran. Adapun pengertian reksadana saham yaitu jenis Reksadana di mana investasi yang dilakukan minimal 80% dari portofolio yang dikelola ke efek bersifat ekuitas atau dari aktivanya berbentuk saham. Mengingat portofolionya lebih banyak di efek saham, maka sifat serta gerakan Reksadana ini hampir sama seperti sifat serta pergerakan saham.

Efek dari investasi saham ini akan memberikan potensi pendapatan yang cukup tinggi melalui perkembangan harga pada saham. Tentunya Anda juga akan mendapatkan keuntungan investasi reksadana ini melalui pertumbuhan nilai investasi yang paling tinggi. Hal tersebut juga sepadan dengan risiko yang mungkin akan terjadi.

Tujuan menjalankan investasi saham yaitu untuk mendapatkan pertumbuhan harga saham atau unit jangka panjang. Dibandingkan dengan reksadana pasar uang serta Reksadana pendapatan tetap, risiko yang akan Anda dapatkan dari Reksadana saham ini lebih tinggi. Meski begitu, tingkat potensi pengembaliannya juga tinggi. Dengan kata lain, beli saham dalam investasi ini high risk high return.

Risiko Reksadana Bagi Investor

Dalam investasi reksadana saham, Anda jangan hanya mengharapkan keuntungan investasi reksadana saja tetapi juga cobalah pikirkan risiko yang akan terjadi, untuk menyiapkan diri jika terjadi permasalahan atau kerugian. Risiko ini tidak perlu Anda takuti atau hindari tetapi buatlah strategi untuk menghadapinya. Berikut beberapa risiko Reksadana yaitu:

1. Risiko Penurunan Nilai

Dalam investasi reksadana saham tentunya terjadi naik turun harga reksadana. Reksadana saham berisiko tinggi sebab sahamnya fluktuatif dalam jangka pendek. Adapun untuk harga reksadana sendiri dihitung setiap hari dan terjadi kenaikan atau keturunan karena terdapat risiko pasar.

2. Risiko Likuiditas

Likuiditas dalam hal investasi beli saham Reksadana yaitu pencairan reksadana. Kondisi ini terjadi pada saat manajer investasi terhambat menyiapkan dana dalam mencairkan atau redemption. Berdasarkan aturan investasi reksadana saham yaitu dilakukan maksimal 7 hari kerja, untuk hari Sabtu, Minggu, atau hari libur tidak dianggap.

3. Risiko Wanprestasi

Risiko wanprestasi merupakan risiko kredit atau gagal bayar yang terjadi pada rekan usaha manajemen investasi. Pasalnya hal ini berpengaruh pada kinerja reksadana.

4. Risiko Ekonomi dan Politik

Risiko ekonomi serta politik pada sebuah negara salah juga dapat mempengaruhi keuntungan investasi reksadana. Misalnya terdapat perubahan aturan yang menyebabkan pengaruhnya kinerja reksadana

Keuntungan Reksadana Per Tahun

Meskipun terbilang tinggi risiko namun keuntungan reksadana yang Anda dapatkan juga cukup tinggi. Keuntungan ini bisa dilihat setiap tahunnya. Dalam setahun, rata-rata return yang didapatkan berpotensi mencapai 20% jika kondisi mendukung.

Investasi Reksadana jadi Lebih Mudah di DBS Treasures Saja!

Jika Anda ingin melakukan investasi reksadana Anda bisa melakukannya di DBS Treasures saja! DBS Treasures ini bukanlah manajemen investasi, melainkan priority banking yang tentunya mendukungnya Anda dalam berinvestasi. Mengapa harus berinvestasi dengan DBS Treasures saja? Ini alasannya.

1. Investasi Reksadana Dikelola oleh Profesional

Ada banyak jenis pilihan investasi reksadana yang ditawarkan oleh DBS Treasures dan dikelola oleh manajemen investasi yang profesional, terpercaya, dan terkemuka guna memaksimalkan kinerja produk tersebut.

2. Mendapatkan Wawasan Berinvestasi

Dengan DBS Treasures, Anda akan mendapatkan panduan dan wawasan tambahan dari tim ahli finansial yang andal dan peluang terupdate.

3. Mengurangi Risiko dengan Diversifikasi

Dengan DBS Treasures, Anda akan mendapatkan pengurangan risiko berinvestasi melalui diversifikasi. Dimana diversifikasi penyebaran dana ini bisa ke berbagai jenis aset investasi yang ada pada pilihan produk komprehensif dari DBS Treasures.

Tak sampai disitu, ada pula fitur serta keuntungan investasi reksadana lainnya yang bisa Anda dapatkan melalui DBS Treasures ini yaitu:

  1. Dengan melakukan diversifikasi penyebaran dana ke berbagai instrumen atau aset investasi yang ada, maka bisa mendapatkan kepemilikan ke banyak instrumen Manajemen investasi yang dikelola manajer portofolio juga profesional dan mengawasi investasi dana
  2. Pemegang Reksadana bisa menjual kepemilikan kembali melalui fitur likuiditas harian
  3. Cocok untuk investor pemula, karena nilai investasi fleksibel
  4. Tak perlu khawatir dengan keamanan investasi ini karena sudah diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
  5. Kinerja produk transparan sehingga mudah melakukan perbandingan

Itulah beberapa hal mengenai investasi reksadana saham, risiko beserta keuntungan investasi reksadana yang bisa Anda ketahui. Mari bergabung dengan DBS Treasures sekarang juga untuk investasi reksadana dengan mudah dan dapatkan strategi manajemen kekayaan yang tepat untuk yakin mengambil keputusan akurat.

News Feed