by

Penyebab Munculnya Jerawat di Bagian Hidung serta Cara Mengatasinya

Moms, rasanya seluruh sepakat jika jerawat merupakan permasalahan kulit yang universal dirasakan oleh siapa saja. Tercantum bila mempunyai jerawat di hidung. Jerawat dapat timbul di bermacam bagian wajah ataupun apalagi bisa melanda zona tubuh yang lain, semacam jerawat punggung.

Nah, bisa jadi saja dikala ini Moms lagi hadapi jerawat pada bagian hidung. Hidung memanglah rentan berjerawat, sebab pori-pori di zona ini lebih besar ukurannya sehingga gampang buat tersumbat. Metode buat menghindari jerawat di hidung merupakan mengenali penyebabnya. Kemudian, apa yang menimbulkan jerawat di hidung serta gimana metode mengatasinya? Ikuti ulasannya berikut ini.

Pemicu Jerawat di Area Hidung

Jerawat bisa timbul kala pori-pori di kulit tersumbat serta diawali dengan sel kulit mati. Umumnya, sel-sel kulit mati tersebut hendak naik ke permukaan pori-pori. Kala badan mulai membuat banyak sebum, sel-sel kulit mati tersebut terperangkap di dalam pori-pori. Perihal ini setelah itu yang menimbulkan jerawat.

Pemicu yang lain merupakan kuman P. acnes, yang masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat. Kuman tersebut bisa tumbuh biak dengan kilat serta kesimpulannya membuat pori-pori meradang sampai bisa menimbulkan jerawat. Untuk Moms yang mempunyai kulit berminyak, timbulnya komedo sampai jerawat di hidung hendak lebih besar risikonya.

“Kelenjar sebaceous di dekat hidung umumnya lebih banyak daripada di bagian wajah yang lain, kesimpulannya perihal ini yang membuat komedo ataupun jerawat lebih gampang buat timbul. Terutama merupakan jauhi kemauan buat menekan komedo dengan tangan,” ucap Dokter. Mara C. Weinstein Velez, dokter kulit di University of Rochester Medical Center.

Bagi Dokter. Mara pula, Kerutinan menekan komedo dengan tangan cuma membuat pori-pori di hidung terus menjadi kotor serta bisa menumpuk lebih banyak minyak, kuman, serta bisa meradang. Lalu, apakah jerawat di hidung ini dapat diatasi? Gimana metode mencegahnya?

Metode Menangani Jerawat di Area Hidung

Bila Moms mempunyai jerawat di hidung, terdapat sebagian opsi perawatan yang hendak tergantung pada keadaan jerawatnya. Apakah jerawat non-inflamasi ataupun jerawat dengan infeksi.

Menangani Jerawat yang Non-Inflamasi

Jerawat non-inflamasi mengacu pada jerawat ringan, komedo, serta komedo putih. Sebagian besar permasalahan gampang diatasi dengan obat yang dijual leluasa tanpa formula. Toner, krim, serta perawatan bercak yang memiliki obat bisa menolong memecah kuman, melenyapkan minyak berlebih, serta menghilangkan sel kulit kering.

Walaupun produk yang memiliki benzoyl peroxide bisa membagikan sebagian khasiat, asam salisilat lebih efisien buat tipe jerawat ini. Asam salisilat bekerja dengan metode melenyapkan kelebihan sel kulit mati di dekat folikel rambut, sehingga bisa mengurai serta menghindari munculnya jerawat.

Kandungan ini dikira selaku tipe pengelupas beta hydroxy acid (BHA) yang sangat universal. Sedangkan pengelupas asam alfa hidroksi (AHA), semacam asam glikolat, bisa membuka pori-pori sekalian kurangi timbulnya bercak-bercak penuaan. Retinoid pula bisa menolong dengan membuka pori-pori yang tersumbat.

Menangani Jerawat Inflamasi

Jerawat inflamasi merupakan wujud jerawat yang sangat parah. Umumnya timbul selaku kista ataupun nodul. Salah satu metode buat mengenali apakah Moms mempunyai tipe jerawat ini merupakan dengan memperhitungkan apakah terdapat banyak pembengkakan di dekat jerawat di hidung.

Penyembuhan rumahan serta obat dengan formula bisa jadi berguna bila infeksi jerawat tidak sering terjalin. Misalnya, mengoleskan es bisa kurangi infeksi serta waslap hangat bisa menolong menghasilkan minyak serta nanah dari dalam kulit.

Tambalan jerawat yang dijual leluasa bisa mempunyai dampak seragam. Tidak hanya itu, perawatan yang memiliki benzoil peroksida, menolong kurangi infeksi sekalian kurangi tonjolan jerawat.

Metode Menghindari Jerawat di Area Hidung

Apabila Moms mempunyai riwayat keluarga yang kerap hadapi jerawat, Moms mungkin besar pula hendak hadapi perihal yang sama. Buat itu, berarti sekali melindungi kesehatan kulit dengan baik buat menghindari jerawat di hidung.

Harian yang sama mengatakan, berartinya melindungi pola makan terhadap kesehatan kulit. Jauhi sangat banyak komsumsi santapan gorengan, produk olahan susu, serta pula santapan berlemak.

Kebalikannya, jaga kesehatan dengan komsumsi makanan-makanan natural semacam sayur-mayur serta buah-buahan. Perihal yang tidak boleh dibiarkan pula merupakan teratur olahraga. Tampaknya, jerawat tidak sering dipicu ataupun diperburuk oleh berolahraga, ataupun kegiatan raga tertentu.

Malah, berolahraga berguna buat melindungi kesehatan seorang, melindungi keadaan hormonal, mempertahankan berat tubuh sempurna, yang kesimpulannya pula menolong kurangi timbulnya jerawat. Buat itu, biasakan buat teratur olahraga tiap hari, ya, Moms!

News Feed