by

Kenali Faktor Jerawat di Area Dagu dan Tips Mengatasinya

Jerawat di area wajah manapun, tercantum dagu, memanglah cukup mengusik. Tidak cuma mengurangi kepercayaan diri, kemunculan jerawat pula menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Kemudian, apa yang memunculkan kondisi ini dan gimana tata cara melenyapkan jerawat ini?

Faktor jerawat di area dagu

Pada dasarnya, faktor jerawat di dagu mirip dengan jerawat di zona yang lain, yakni bakteri, hormon, dan sebagian Kerutinan tidak sehat.

Permasalahan hormon

Kemunculan suatu jerawat yang terjalin diakibatkan pori-pori kulit yang tersumbat diakibatkan oleh sel kulit yang mati, sisa daripada minyak (sebum), dan juga berbagai bermacamnya kotoran dan yang mengundang bakteri atau kuman. Bakteri tersebut sehabis itu menginfeksi kulit dan memunculkan peradangan, hingga mencuat jerawat.

Apabila dilihat dari letaknya, jerawat di dagu mencuat karena isi hormon yang tidak balance. Daerah dekat dagu, yakni garis rahang pula rentan hadapi Mengenai yang sama.

Jerawat di area ini yang cenderung lebih terjalin pada para wanita dan juga anak muda atau remaja karenanya pergantian suatu hormon pada masa pubertas dan juga haid. Kondisi ini terjalin karena wanita memiliki isi hormon androgen lebih besar, semacam wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Androgen ialah salah satu hormon yang berperan dalam merangsang sebum maupun minyak. Apabila isi androgen besar, jerawat di dagu dan daerah sekitarnya pula mencuat.

Faktor jerawat lainnya

Tidak cuma kasus hormonal, ada sebagian aspek yang lain yang memunculkan dagu Kalian berjerawat. Kabar baiknya, kebanyakan kasus jerawat ini dapat diatasi dengan sebagian pergantian Kerutinan yang lebih sehat.

Sebagai dari contoh, kesalahan mengenakan suatu produk perawatan pada kulit pula dapat akan menimbulkan sebuah jerawat di dagu Kalian semuanya. Buat yang memiliki kulit berminyak dapat jadi sudah paham jika jenis kulit Kalian lebih rentan terhadap jerawat. Oleh sebab itu, memilah skin care dan kosmetik sesuai jenis kulit pula perlu diperhatikan.

Tidak cuma konsumsi kosmetik, mencuci wajah sangat sering pula dapat memunculkan jerawat. Sebabnya, wajah yang sangat sering dicuci dapat mengusik pelindung kulit dan membiarkan bakteri dan iritan yang lain memunculkan peradangan.

Pada disaat itu, kulit Kalian dapat jadi berupaya mengatasi kekeringan dengan memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya, jerawat di wajah, tercantum dagu, terus jadi banyak. Sebagian Mengenai yang pula dapat memicu kemunculan jerawat ialah:

  • Stres
  • Kerutinan tidur yang kurang baik, semacam kurang tidur
  • Pola makan tidak sehat.

Apabila Kalian merasa sebagian aspek di atas jadi dalang dari penyakit kulit tidak meluas ini, konsultasikan ke dokter.

Tata cara memberantas jerawat di area dagu

Sama semacamnya dari pengobatan suatu jerawat di area yang lainnya, jerawat di dagu pula serta mengenakan suatu perawatan yang tentunya sama biar bintil merah ini tersebut akan sirna. Apa saja?

Pemakaian obat jerawat

Konsumsi atau pemakaian suatu obat jerawat, baik dari dokter maupun juga tanpa resep dari dokter, jadi salah satu dari tata cara yang sangatlah efektif dan yang buat melenyapkan atau membasmi para jerawat di dagu Anda semuanya. Umumnya, obat jerawat mempunyai sebagian bahan di bawah ini, semacam di bawah ini.

  • Retinoid, obat turunan vit A yang membantu menjauhi penyumbatan folikel.
  • Benzoil peroksida, obat yang cukup efektif mengatasi jerawat, tercantum jerawat bernanah.
  • Asam salisilat buat membersihkan pori biar tidak tersumbat, biasa digunakan buat komedo putih dan komedo hitam.
  • Antibiotik yang bekerja dengan membasmi para bakteri dan juga mengurangi kemerahan di kulit wajah.
  • Asam azelaic, asam alami dari protein hewani dan gandum buat melawan bakteri faktor jerawat.
  • Kapsul KB dengan instruksi dari dokter biar tidak membuat jerawat terus jadi parah.
  • Sulfur bisa membantu meminimalisir peradangan pada jerawat.

Meski sebagian obat dapat dibeli tanpa resep dokter, pada kasus yang lebih parah obat dengan dosis besar memerlukan resep dokter. Mengenai ini bertujuan biar kondisi jerawat tidak terus jadi parah.

Tertib mencuci muka

Paham kah Kalian jika mencuci muka sebaiknya dicoba maksimal 2 kali satu hari, yakni pagi dan malam hari? Kerutinan sehat ini bertujuan buat membantu mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah. Usahakan buat mengenakan sabun pencuci muka yang lembut dan berbahan ringan biar tidak terjalin iritasi pada kulit yang berjerawat.

Biasanya, produk pembersih muka istimewa jerawat mempunyai asam salisilat, alpha hydroxy acid (AHA), maupun benzoil peroksida. Pada disaat mencuci muka, pastika tidak menggosok sangat keras pada zona dagu yang berjerawat.

  • Panduan menghindari jerawat di area dagu

Kalian dapat jadi tidak dapat menjauhi jerawat di dagu akibat kasus hormonal. Namun, aspek faktor yang lain masih bisa dihindari biar penyakit kulit ini tidak mencuat di dagu Kalian dengan tata cara di bawah ini.

  • Batasi santapan aspek jerawat, semacam santapan berminyak dan kaya gula.
  • Kelola tekanan benak yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon.
  • Hindari memegang wajah dengan tangan yang kotor.
  • Kurangi paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya buat kulit wajah.
  • Bilas make-up dikala saat sebelum tidur.
  • Kenali jenis kulit wajah biar tahu produk apa yang cocok buat Kalian.
  • Perbanyaklah makan-makanan buah dan juga sayur serta juga ikutilah pola makan yang tentunya lebih sehat.

Apabila ada perkara lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit buat mendapatkan penindakan yang cocok.

News Feed