by

Kelebihan dan Kekurangan Termometer Digital

Sebagian besar orang, termometer sering dikaitkan dengan demam, jadi untuk Bunda yang mempunyai anak pasti sangat mengenal dengan alat yang satu ini. Karena memang pada umunya termometer sering digunakan untuk mengukur suhu badan, dan biasanya digunakan saat anak atau anggota keluarga Bunda yang sedang mengalami demam. Memang pada dasarnya termometer berfungsi untuk mengukur suhu, bisa berupa suhu badan, suhu ruangan bahkan suhu suatu objek tertentu.

Termometer bukan hanya satu bentuk dan nama, tapi sebenarnya termometer memiliki banyak sekali bentuk dan tipe, untuk kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dua bentuk atau tipe dari termometer. Yang pertama adalah termometer air raksa dan yang kuda adalah termometer digital. Kedua termometer ini sama-sama berfungsi untuk mengukur suhu badan. Berikut penjelasan lengkap dari kelebihan dan kekurangan termometer air raksa dan kelebihan dan kekurangan termometer digital.

Termometer Air Raksa

Termometer air raksa adalah termometer yang dimanfaatkan air raksa atau merkuri sebagai suatu indikator suhu badan. Termometer ini tergolong ke dalam termometer analog, pada umumnya termometer air raksa memiliki sensitivitas yang cukup. Oleh sebab itu termometer air raksa banyak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan nilai suhu yang di ceknya. termometer air raksa memerlukan waktu proses untuk bisa mengetahui nilai susunya adalah 3 sampai 5 menit. Namun, termometer ini juga ada kelebihan dan juga kekurangannya. Berikut kekurangan dan kelebihan dari termometer air raksa.

Kelebihan Termometer Air Raksa

Salah satu kelebihan dari termometer air raksa di bandingkan termometer digital, yang kelebihannya terletak di harganya. Kelebihanya adalah harga dari termometer air raksa yang relatif terjangkau dan murah  dibandingkan dengan termometer digital.

Kekurangan Termometer Air Raksa

  1. Saat kita memakai termometer sir raksa untuk mengetahui nilai suhu badan kit yaitu waktu prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama bila di bandingkan dengan termometer digital.
  2. Saat kita selesai melakukan pengukuran suhu tubuh, termometer ini tidak mempunyai alarm sebagai penanda bahwa kita telah selesai melakukan pengecekan suhu tubuh.
  3. termometer air raksa hanya bisa mengukur suhu tinggi saja tanpa bisa mengukur suhu yang rendah.
  4. Bahan yang di gunakan pada termometer ini adalah air raksa yang sangat berbahaya. Jadi kalau nantinya kaca pada termometer ini pecah di takutkan akan membahayakan.

Termometer Digital

termometer digital adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu, nilai suhu yang muncul bisa didapatkan oleh termometer digital dengan cara modern yaitu dengan cara elektrik. Dimanah dalamm termometer ini terdapat sensor yang akan bekerja jika terdapat perbedaan suhu yang akan di konvensi oleh rangkaian elektronik menjadi sebuah nilai suhu. Nilai suhu yang di dapatkan oleh termometer digital ditampilkan melalui LCD kecil. Jadi secara sistematis cara kerja dari termometer air raksa dan termometer digital jelas berbeda. Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama di gunakan untuk mengukur suhu. termometer digital memiliki sensitivitas sangat cepat dengan waktu proses hanya beberapa detik saja nilai suhu sudah bisa di tampilkan di layar LCD kecil yang ada pada termometer digital. Namun, termometer ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan termometer digital.

Kelebihan

  1. Hasil proses pengukuran sangat cepat.
  2. Sangat nyaman digunakan pada bayi
  3. Mempunyai alarm saat proses pengukuran selesai
  4. Nilai suhu pengukuran dapat di lihat dengan jelas di LCD kecil pada termometer digital

Kekurangan

Kekurangan dari termometer digital ini adalah harganya yang sangat mahal di bandingkan dengan termometer air raksa.

Itulah tadi penjelasan tentang termometer air raksa dan termometer digital serta kelebihan dan kekurangan termometer air raksa dan kelebihan dan kekurangan termometer digital. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengukur suhu.

News Feed