by

Jangan Lewatkan, Begini Tips Lolos Simak UI dengan Cermat

Universitas Indonesia atau seringkali disapa dengan UI merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Bahkan, ketika kelulusan terjadi, banyak para siswa yang baru lulus SMA berbondong-bondong untuk mendaftar dan melakukan test seleksi. Salah satu test yang dilakukan agar bisa masuk UI ini adalah SIMAK UI (Seleksi Masuk UI). Meskipun tergolong tidak mudah, namun jika berusaha maka tes ini bisa dilakukan dengan baik. Beberapanya dengan memerhatikan 5 tips lolos Simak UI berikut ini!

  1. Tentukan Gaya Belajar

Gaya belajar menjadi salah satu faktor pendukung proses belajar jadi lebih mudah dan cepat dipahami. Seperti yang diketahui, setiap dari kita mempunyai gaya belajar yang berbeda. Baik itu gaya belajar dengan senang mendengarkan, senang menghapal, senang membaca dan lain sebagainya. Menentukan gaya belajar yang cocok bisa menjadi salah satu tips belajar Simak UI.

Pasalnya, semakin Anda belajar sesuai dengan gaya dan kenyamanan, maka akan semakin mudah materi dipahami dengan baik. Untuk menambah kenyaman saat belajar, Anda juga bisa menata ruang belajar sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Lakukan cara belajar yang sesuai dan tentunya nyaman untuk dijalani.

  1. Kuasai Materi

Pada dasarnya, setiap peserta tes tidak pernah tahu apa saja soal yang akan keluar saat tes dilakukan. Untuk mengikuti tes simak UI ini, Anda tidak perlu menghapal semua materi yang ada. Cukup pahami setiap konsepannya atau kuasai beberapa materi. Biasanya, soal Simak ini memiliki kerangka yang tidak jauh berbeda dengan soal-soal sebelumnya.

Dengan begitu, Anda bisa mencari beberapa soal yang pernah diteskan, lalu pelajari materi apa yang membahas soal tersebut. Pahami konsepannya maka saat mengerjakan bisa jadi lebih. Menguasai materi inilah bisa menjadi salah satu tips lolos Simak UI.

  1. Latihan Soal

Berdasarkan banyak pengalaman lolos Simak UI yang dimiliki oleh seseorang mahasiswa UI atau alumni, ketika sebelum tes mereka sering melakukan latihan soal. Bagi Anda yang ingin mengikuti jejaknya agar bisa lolos tes ini, Anda bisa sering mungkin latihan soal. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali contoh-contoh soal yang bisa kita akses dengan mudah.

Dari sekian banyaknya contoh soal tersebut, bisa kita jadikan sebagai latihan. Semakin sering kita berlatih, maka akan semakin paham juga terhadap materi dan soal tes. Apalagi, biasanya soal tes Simak UI tidak jauh berbeda dari tahun ke tahunnya.

  1. Siapkan Strategi

Tips lolos Simak UI selanjutnya adalah memiliki strategi jitu untuk menaklukan soal tes. Ada banyak sekali trik atau strategi yang bisa Anda terapkan atau Anda pikirkan untuk menghadapi tes SIMAK. Strategi ini merupakan cara tersendiri agar Anda bisa mengerjakan soal dengan lebih tenang, rapi, dan tentunya lebih berpikir dengan bijak. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan mengerjakan soal-soal yang dirasa lebih mudah. Baru kemudia mengerjakan soal yang sulit.

  1. Berdoa

Tips simak UI selanjutnya tentu bukan masalah teknis. Pada dasarnya, kita sudah berusaha segiat mungkin untuk belajar dan memahami materi yang ada. Maka kita tidak boleh sampai di situ. Ada tips lain yang tidak kalah manjurnya, hal itu tidak lain adalah berdoa. Doa adalah salah satu kekuatan dan jalan agar Anda bisa mencapai apa yang diinginkan. Sebelum melakukan tes, jangan lupa agar senantiasa berdoa. Minta juga restu dan doa pada orangtua agar tes dan soal-soal bisa dikerjakan dengan baik.

Pada dasarnya, tips lolos Simak UI ini tidak hanya berdasarkan teknik dan cara belajar saja. Namun juga bagaimana strategi dan kesiapan dalam melakukannya, serta seberapa kuat Anda berdoa, dan seberapa banyak support dari orang lain. Jika semuanya sudah menyatu, tentu peluang untuk lolos tes akan lebih besar.

News Feed