by

Mudah! Ini Dia Rekomendasi Masakan Berkuah untuk Bayi 9 Bulan

Memasuki usia 9 bulan, ternyata membuat bayi perlu diberikan variasi makanan lain. Selain ASI, biasanya khusus bayi yang sudah berusia 6 bulan harus diberi makanan pendamping atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan MPASI. Pasalnya, makanan ini akan sangat penting dalam membantu pertumbuhan bayi Anda. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi masakan berkuah untuk bayi 9 bulan yang bisa Anda coba!

Sup  Tahu dan Telur

Resep sayur untuk bayi 9 bulan yang pertama adalah sup tahu dan telur. Cara membuatnya pun sangat mudah dan tidak memerlukan bahan yang kompleks. Karena untuk bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan di pasaran. Untuk beberapa bahan yang diperlukannya hanya 2 tahu putih, 4 butir telur puyuh, macaroni secukupnya, bawang putih dan bumbu secukupnya.

Adapun cara memasak mpasi bayi 9 bulan agar gemuk ini adalah sebagai berikut:

  1. Rebus macaroni hingga matang lalu tiriskan
  2. Rebus juga telur puyuh dan setelah masak kupas kulitnya
  3. Potong tahu putih menjadi bagian yang kecil-kecil
  4. Tumis bawang putih hingga harum lalu tambahkan air secukupnya, biarkan hingga mendidih
  5. Masukkan tahu yang sudah dipotong, bersamaan dengan telur
  6. Masukkan juga bumbu lainnya bersamaan dengan biji pala bubuk
  7. Ketika sudah dirasa matang, Anda bisa masukkan macaroni dan sup pun sudah siap dihidangkan

Sup Ayam

Selain MPASI bayi 9 bulan sederhana yang sebelumnya sudah dijelaskan, Anda pun bisa membuat sup ayam untuk bayi 9 bulan. Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran seperti wortel atau kentang. Untuk mempermudah bayi dalam menelan dan mengunyah, Anda bisa memotong sayuran dengan bentuk yang kecil-kecil. Pun ayamnya pun bisa Anda suwir agar lebih mudah ketika akan dimakan.

Untuk cara pembuatan masakan berkuah untuk bayi 9 bulan ini pun tidak jauh berbeda seperti Anda membuat sup ayam pada umumnya. Sup ayam ini bisa sangat berguna bagi kesehatan anak Anda. Apalagi ketika sedang kurang enak badan dan bayi terlihat seperti lemas, maka sup ayam ini bisa jadi pilihan MPASI yang tepat.

Sup Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang punya kandungan nutrisi sangat tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya, ikan salmon ini punya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, termasuk bagi bayi yang usianya sekitaran 9 bulan. Sup ikan salmon bisa menjadi variasi resep makanan bayi 9 bulan penambah berat badan karena nutrisinya yang bagus.

Selain itu, untuk membuat sup ini pun tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu membuat sup ikan salmon pada biasanya. Meskipun untuk menambah citarasa, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti gojibery yang sangat bagus kandungan vitaminnya. Sup ikan salmon ini bisa dijadikan rekomendasi masakan berkuah untuk bayi 9 bulan yang mudah dan bernutrisi tinggi untuk temani pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

Selain beberapa resep yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa membuat makanan pendamping ASI lainnya yang tentu tidak ribe. Beberapanya seperti membuat MPASI 9 bulan kentang. Sesuai namanya, Anda bisa menggunakan kentang sebagai bahan dasar utama untuk MPASI ini. Misalnya dengan direbus lalu dibuat pure.

Anda juga bisa membuat variasi makanan lain seperti MPASI tumis 9 bulan dengan memanfaatkan beberapa sayuran dan daging. Perlu diperhatikan, agar bahan tumisan ini dipotong atau dibentuk sesuai kemampuan makan bayi. Bagaimana pun masakan berkuah untuk bayi 9 bulan ini perlu diaplikasikan untuk menambah nutrisi pada bayi agar lebih sehat.

News Feed