by

Ini Dia Jumlah Kalori Kerupuk Kulit Ikan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kebanyakan orang lebih mengenal salah satu cemilan kerupuk kulit yang terbuat dari kulit sapi saja. Padahal, ada banyak sekali variasi dari kerupuk kulit yang rupanya punya banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah kerupuk kulit ikan yang digadangkan berasal dari makanan khas Indramayu. Rupanya terdapat kandungan kalori kerupuk kulit ikan dan juga manfaatnya bagi tubuh seseorang. Lantas, bagaimana kandungan tersebut dan apa saja manfaatnya bagi tubuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi pada Kerupuk Kulit Ikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kerupuk kulit ikan ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan ini pun sangat berguna demi menunjang kesehetan tubuhan seseorang. Lantas, apa saja kandungan yang terdapat dalam kerupuk kulit ikan ini?

  1. Protein

Kandungan yang pertama adalah protein. Seperti yang diketahui bahwasannya ikan memiliki kadar protein yang cukup banyak. Begitu pun dengan kulitnya yang saat ini banyak dijadikan cemilan kerupuk kulit ikan. Siapa sangka, kerupuk kulit ikan yang kebanyakan dikemas misalnya dengan ukuran 100 gram saja punya 60 gram protein di dalamnya.

Kandungan protein ini tentunya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan omega 3 di dalamnya pun akan sangat membantu untuk memperbaiki atau meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

  1. Kalori

Tak hanya kandungan proteinnya yang tinggi, rupanya kalori kerupuk kulit ikan pun cukup banyak. Untuk 100 gram kerupuk kulit ikan yang enak dan juga renyah, setidaknya mengandung kalori sebanyak 550 gram di dalamnya. Meskipun begitu, tentu kandungan lemaknya pun akan cukup tinggi.

Namun, tidak perlu khawatir meskipun kalori kerupuk kulit dan lemaknya tinggi, pasalnya dari segi kandungan lainnya seperti karbohidrat, kerupuk ini tergolong rendah.

Manfaat Kerupuk Kulit Ikan

Selain kandungan kalori yang rupanya cukup banyak, juga berdasarkan beberapa kandungan yang terdapat di dalam kerupuk kulit ikan ini. Lantas, adakah manfaat yang dihasilkan dari kerupuk kulit ikan tersebut? Untuk itu, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihadirkan oleh kerupuk kulit ikan.

  1. Sebagai Cemilan dan Teman Makan

Manfaat kerupuk kulit ikan yang pertama tentunya bisa dijadikan sebagai teman makan bersama nasi atau juga dijadikan sebagai cemilan di saat waktu senggang. Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia sangat senang sekali dengan cemilan. Apalagi dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang krispi bisa membuat siapa saja jadi ketagihan.

  1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Protein dalam Tubuh

Selain kandungan kalori kerupuk kulit ikan yang tinggi, sebelumnya pun sudah dijelaskan bahwasannya kerupuk ini sangat tinggi akan kandungan protein. Bahkan, kandungannya lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kerupuk lainnya. Dalam tubuh seseorang, kandungan protein ini sangat dibutuhkan.

Beberapa di antaranya untuk meningkatkan daya imun tubuh, meningkatkan besarannya massa otot dalam tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan tentunya sebagai pembentukan energi dalam tubuh sehingga terhindar dari rasa lemas yang berkepanjangan.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Selain kandungan protein, ada juga kandungan fosfor dan kalsium yang rupanya ditemukan dalam kulit ikan yang mana jadi bahan dasar pembuatannya. Kandungan inilah yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi seseorang. Dengan begitu, kerupuk kulit ikan pun bisa membantu untuk menjaga kekuatan tulang orang yang mengonsumsinya.

Dari beberapa ulasan tersebut, tentunya dengan kandungan kalori kerupuk kulit ikan dan kandungan lainnya bisa memberikan manfaat yang luar bisa. Meskipun begitu, Anda pun harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebaiknya, konsumsilah secukupnya dan tidak perlu berlebihan. Pasalnya, kerupuk ini pun tinggi lemak yang bisa memicu masalah kelebihan berat badan hingga kolesterol meningkat.

News Feed