by

Inilah Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala

Yang walaupun lebih sering area wajah, Jerawat juga dapat muncul di  kulit kepala. Yang tentu saja mempunyai kulit yang yang berjerawat sangat mengganggu sekali karena membuat sebagian orang sulit untuk dapat menyingkirkan rambut dan juga terasa nyeri. Sebenarnya, penyebab jerawat pada umumnya sama dengan hal yang memicu jerawat di kepala, yaitu folikel rambut yang tersumbat. Jerawat yang umumnya terjadi di sepanjang garis umum Anda ini terkadang menimbulkan rasa sakit dan gatal.

Selain itu, beberapa orang mungkin menjumpai bahwa kulit kepala mereka memiliki beragam jenis jerawat, seperti komedo, jerawat papula, hingga jerawat nodul.

Masalah pada kulit kepala ini lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, sumbatan tersebut dapat diakibatkan oleh kelenjar minyak (sebaceous) yang terlalu aktif. 

Bila kelenjar sebaceous terlalu aktif, produksi minyak (sebum) pun meningkat. Akibatnya, minyak berlebih yang tidak dapat dikeluarkan pori-pori yang tersumbat pun menumpuk bersama dengan sel kulit mati dan bakteri.

Jika hal ini terjadi, folikel rambut pun mengalami pembengkakan. Kulit kepala yang membengkak lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Apabila dibiarkan, bakteri tersebut dapat menyebabkan jerawat. Selain bakteri, Anda juga perlu berhati-hati dengan produk perawatan rambut yang dipakai, seperti sampo, kondisioner, hingga vitamin. Produk perawatan rambut disebut dapat memicu komedo putih di area kepala.

Pada kebanyakan kasus, benjolan ini akan terasa halus dan bisa dirasakan, tetapi tidak dapat dilihat. Meski begitu, beberapa orang merasakan jerawat di daerah ini terasa padat dan bisa dilihat.

Kondisi yang disebut sebagai acne cosmetica ini terjadi karena kandungan minyak pada produk perawatan rambut. Minyak tersebut masuk ke kulit dan menyumbat pori-pori yang nantinya memicu timbulnya jerawat. Nah, inilah cara menghilangkan jerawat di kepala sebagai berikut:

Hentikan Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Dilansir dari American Academy of Dermatology, menghentikan produk yang menyumbat pori-pori dapat secara cepat menghilangkan jerawat.

Umumnya, produk perawatan rambut yang mengandung banyak minyak, seperti pomade, adalah dalang dari masalah kulit ini. Meski begitu, beberapa orang merasa kesulitan memilih produk mana yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kebanyakan produk perawatan rambut, seperti samo, gel, hingga krim pencukur bulu mengandung minyak. Selain itu, segera hentikan penggunaan produk jika tidak melihat label dengan kata-kata:

  • tidak menyumbat pori-pori,
  • bebas minyak,
  • non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo), dan
  • non-acnegenic (tidak menyebabkan jerawat).

Bersihkan residu produk perawatan rambut

Setelah menghentikan penggunaan produk perawatan rambut, cara lainnya untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala adalah membersihkan residunya. Sisa-sisa dari produk dapat menempel di mana saja.

Oleh sebab itu, selalu pastikan untuk mencuci barang yang disentuh oleh rambut dan kepala Anda, termasuk:

  • sarung bantal dan sprei,
  • topi,
  • bando, serta
  • sisir.

Konsukltasi ke Dokter

Beberapa kandungan di atas dapat Anda temui di obat-obatan khusus jerawat yang dapat dibeli secara bebas. Jika tidak kunjung membaik, segera hubungi, terutama ketika jerawat tidak hilang dan disertai dengan kerontokan dan peradangan.

Setelah diagnosis dilakukan, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan berupa salep antibiotik, krim atau suntikan steroid, hingga antihistamin. Selain itu, mereka juga akan menawarkan sampo yang berfungsi sebagai obat untuk digunakan setiap hari.

Produk Jerawat dapat Anda Order di:

Harga KisaranBeli Sekarang di:
Rp. 100.000Shopee
Rp. 100.000Tokopedia
Rp. 100.000Lazada
Rp. 100.000Blibli

News Feed