by

Fungsi dari Kubah Masjid yang Perlu Diketahui

-Bisnis-37 views

Seperti yang kita tahu bahwa mayoritas masjid di Indonesia Pastinya menggunakan kubah yang dinilai sebagai salah satu elemen eksterior terkuat. Akan tetapi sudahkah kamu mengetahui apa itu fungsi dari kubah masjid? Karena kubah ink identik dengan representasi sebuah masjid.

Dan sehingga untuk menemukan letaknya kita untuk bisa mencari bangunan dengan kubah di bagian atas. Maka Masjid akan mudah ditemukan karena kubah tersebut biasanya diletakkan pada tempat tinggi ataupun memiliki ukuran besar. Sehingga tidak sembarang dibuat, jenis bangunan ini juga mempunyai beberapa fungsi.

Nah sebenarnya apa saja sih fungsi dari Kubah tersebut? Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya sebagai berikut:

6 Fungsi Kubah Masjid yang yang Harus Kamu Tahu

1. Sebagai Ciri Khas Masjid

Apabila kita melihat sejarah, kubah bukan berakar dari sebuah arsitektur Islam. Akan tetapi seiring berjalanya zaman dan waktu, kubah menjadi representasi dari ciri khas sebuah masjid. Hal ini juga bisa terlihat dari banyaknya masjid yang ada di Indonesia yang juga mempunyai kubah sebagai identitas.

2. Sebagai Lambang Keindahan dan Kebesaran Agama Islam

Pada saat orang melihat masjid, maka hal pertama yang dilihat adalah kubah. Maka dari itu sangat penting merancang kubah dengan nilai estetika yang tinggi. Maka tidak heran, berbagai jenis masjid di Indonesia dan juga di luar negeri ciri khasnya terletak pada desain kubah. Dalam hal inilah yang membuat fungsi kubah yakni sebagai simbol keindahan. Bukan hanya itu, kubah juga merupakan perwujudan dari kebesaran agama Islam. Sehingga kubah tidak dibuat sebagai ciri khas atau pemanis saja.

Dalam sebuah kubah yang memiliki dimensi spiritualitas yang tinggi. Sehingga kubah diasosiasikan sebagai sebuah tempat tinggi, kemudian menyimbolkan agama Islam yang agung. Tidak hanya itu, kubah juga terlihat seperti sebuah naungan yang membuat jamaah merasa kecil di hadapan Allah SWT.

3. Agar Mempermudah Mencari Masjid

Pastinya orang juga akan pertama kali mencari kubah untuk menentukan posisi masjid. Misalnya seperti sudah dijelaskan di muka, karena kubah yang di letakan di atas maka akan mempermudah masyarakat untuk melihatnya.

4. Kubah dapat Menentukan Arah Kiblat

Untuk pembuat kontraktor kubah masjid yang jual kubah masjid pada umumnya akan menempatkan kubah sedemikian rupa ke arah kiblat. Sehingga dengan melihat kubah, maka orang yang akan hendak salat juga mampu menentukan arah kiblat dengan mudah dan tepat.

5. Sebagai Tempat Sirkulasi Udara yang Baik

Kubah juga sering kali dijadikan sebagai opsi lain sebagai sirkulasi udara. Karena ukurannya yang besar dengan bentuk setengah bola ke atas, maka akan memberi ruang untuk udara agar bisa masuk dan keluar. Sehingga jamaah yang berada di dalam juga tidak akan kepanasan ketika beribadah.

6. Sebagai Sumber Pencahayaan

Pada kubah modern umumnya sudah dilengkapi dengan reflektor cahaya. Maka hal ini juga bertujuan untuk memaksimalkan sumber cahaya yang ada di dalam masjid. Tidak hanya itu, kubah juga kerap mempunyai cat warna cerah yang di bagian dalam. Dan bahkan di beberapa masjid, dinding bagian dalam kubahnya juga didesain akan menyerupai langit. Yakni ada awan putih yang berpadu dengan langit biru, dan juga disertai kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an. Sehingga para jamaah yang beribadah di dalam masjid juga akan betah dan bisa khusuk saat beribadah kepada Allah.

News Feed