Tips Kecantikan: Inilah 5 Skincare Dasar untuk Semua Jenis Kulit Wajah yang Sebaiknya Diketahui!

Gaya Hidup56 views

Tips kecantikan – Melakukan perawatan kulit wajah memang perlu dilakukan sedini mungkin. Namun terkadang banyak sekali orang yang cukup kesulitan membangun rutinitas perawatan kulit wajah. Padahal hal ini tentu saja cukup mudah dilakukan jika anda memang konsisten dalam menjalaninya. Dengan konsisten dan penggunaan yang tepat, dipastikan kulit wajah anda akan terlindungi dari berbagai permasalahan kulit.

Konsep rutinitas perawatan kulit wajah masa kini terkadang cukup membingungkan. Beberapa orang terkadang merasa  terlalu banyak sekali aturan dan produk yang harus digunakan. Hal ini tentu tidak hanya uang saja yang akan dikorbankan lebih banyak melainkan juga waktu. Namun, sebenarnya terdapat cara paling sederhana untuk membuat kulit wajah anda lebih sehat. Salah satunya dengan mengetahui 5 skincare dasar yang cocok untuk semua jenis kulit waja.

Berikut Sekilas Tips Kecantikan Tentang 5 Skincare Dasar untuk Semua Jenis Kulit Wajah yang Sebaiknya Diketahui!

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat, semua orang tentu saja perlu melakukan perawatan wajah dengan tepat. Salah satunya dengan menggunakan skincare. Berbicara tentang skincare, berikut ini 5 skincare dasar untuk semua jenis kulit yang sebaiknya diketahui:

  1. Makeup Remover Di Malam Hari

Jika dalam keseharian anda sering menggunakan makeup, maka makeup remover tentu patut untuk dijadikan sebagai salah satu rutinitas malam. Ada beberapa jenis makeup remover yaitu micellar water, cleanasing gel, cleansing balm, cleansing oil, cleansing milk dan facial wipes.

Anda bisa memilih sala satu diantara jenis makeup remover diatas sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan kapas atau langsung mengaplikasikannya ke wajah lalu bersihkan dengan pijatan lembut.

  1. Cleanser Di Pagi dan Malam Hari

Selain makeup remover, skincare dasar berikutnya yaitu cleanser atau pembersih wajah. Pilihlah pembersih wajah yang bersifat lipofilik atau berbahan dasar minyak agar bisa membersikan kulit dengan mudah. Bersihkanlah wajah di pagi dan malam hari sebelum tidur. Caranya dengan mengaplikasikan sabun ke wajah lalu lakukan pijatan lembut lalu cuci dengan air bersih.

Hindari penggunaan sabun wajah yang mengandung terlalu banyak asam alfa hidroksi (AHA) serta asam beta hidroksi (BHA). Kedua bahan ini bisa membahayakan pelindung kulit serta bisa menyebabkan masalah lain.

  1. Toner Di Pagi dan Malam Hari

Toner merupakan skincare dasar yang memiliki banyak sekali manfaat. Fungsi utama toner sendirii yaitu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang masih tersisa setelah tahap cleansing. Selain itu, toner juga berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menyesuaikan pH sehingga kulit wajah akan selalu terjaga.

Terdapat dua jenis toner yang bisa anda pilih yaitu exfoliating toner serta hydrating toner. Exfoliating toner merupakan jenis toner yang fungsi utamanya yaitu melakukan eksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan hydrating toner adalah jenis toner yang fungsi utamanya untuk melembabkan kulit wajah. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan lalu menggunakannya di pagi dan malam hari. Namun jika anda memiliki uang lebih, anda bisa menggunakan keduanya untuk hasil lebih maksimal.

  1. Serum Di Pagi dan Malam Hari

Setelah menggunakan toner dan keadaan kulit wajah anda sudah bersih, gunakanlah serum sebagai perawatan wajah berikutnya di pagi dan malam hari. Serum umumnya berupa cairan yang terdiri dari bahan aktif seperti antioksidan, peptida dan lainnya. Tekstur serum umumnya ringan dan proses penyerapannya juga cepat. Anda bisa memilih serum yang disesuaikan dengan kebutuhan misalnya jika anda ingin memiliki wajah yang cerah dan bebas kusam pastikan pilihlah serum yang mengadung vitamin C dan niacinamide.

  1. Pelembab Di Pagi dan Malam Hari

Terakhir, yaitu pelembab. Ya, pelembab merupakan produk wajib dalam perawatan wajah. Mulaii dari kulit wajah kering hingga berminyak. Pelembab bisa digunakan pagi dan malam hari. Namun, untuk siang hari pastikan setelah mengaplikasi pelembap anda menggunakan sunscreen sebagai pelindung dari paparan sinar matahari.

Nah itulah tips kecantikan tentang 5 skincare dasar untuk semua jenis kulit yang sebaiknya anda ketahui. Kelima skincare diatas pastinya sangat penting agar anda mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat.