by

Cocok Jadi Alternatif, Ini Dia Pengganti Sabun Cuci Muka Secara Alami

Kebanyakan masyarakat, khususnya wanita seringkali membutuhkan sabun muka untuk membersihkan kotoran yang ada di muka. Di pasaran sendiri, banyak sekali tersedia pilihan sabun pencuci muka dengan berbagai merk dan juga keunggulannya. Namun, bagi sebagian orang ada yang merasa tidak cocok menggunakan sabun-sabun ini. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada pengganti sabun cuci muka yang bisa dengan alami Anda dapatkan bahkan Anda buat sendiri. apa sajakah itu?

Lidah Buaya

Pengganti sabun muka yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Bagi Anda yang sensitif terhadap produk sabun cuci muka karena mengandung bahwan kimia tertentu, maka lidah buaya jadi alternatif alama yang aman digunakan. Kebanyakan masyarakat mengenal lidah buaya ini sebagai alternatif untuk kesuburan rambut. Namun siapa sangka, lidah buaya pun sangat bagus sekali untuk perawatan wajah.

Pada dasarnya, lidah buaya ini memiliki kandungan yang sifatnya antiinflamasi. Bahkan bisa membantu membuat wajah jadi terlihat lebih segar dan juga lebih cerah. Untuk membuat sabun cuci muka ini pun cukup mudah. Cukup oleskan gelnya ke wajah Anda, dan bilas dengan bersih.

Jus Pepaya

Biasanya, masyarakat akan langsung meminum jus pepaya. Namun, apa jadinya jika jus pepaya digunakan sebagai pengganti sabun cuci muka secara alami? Tentunya hal ini sangat mungkin dilakukan. Terlebih bagi Anda yang menginginkan bahan alami pengganti cuci muka, pun mudah dalam mengolah dan mendapatkannya.

Pada dasarnya, jus pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik sekali untuk kulit. Beberapa nutrisinya adalah seperti Vitamin C, vitamin B, betakaroten, enzim hingga kandungan mineral. Untuk membuatnya sebagai sabun cuci muka, cukup dengan menghaluskan papaya lalu tambahkan sedikit madu. Oleskan scrub tersebut pada wajah dengan pijatan kecil lalu bilas dengan air.

Air Mawar dan Bunga Lavender

Air mawar dipercaya punya manfaat yang luar biasa bagi kulit. Bahkan, air mawar ini pun bisa menjadi pencuci muka alami. Selain air bunga mawar, Anda juga bisa menggunakan air bunga lavender. Pasalnya, kedua bunga ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit. Bahkan, bagus untuk membantu regenerasi kulit wajah jadi lebih sehat. Meskipun begitu, air bunga ini lebih cocok digunakan untuk jenis kulit normal karena kandungan asamnya yang mencapai pH di angka 5-6.

Air Beras

Tentunya, para nenek moyang seringkali menganjurkan keturunannya untuk mencuci muka dengan air beras atau air cucian beras. Hal tersebut memanglah benar. Pasalnya air beras ini bisa menjadi pengganti dari sabun cuci muka alami Anda di rumah. Untuk mencuci wajah dengan air beras ini pun sangat mudah. Anda cukup mengambil beberapa sendok air cucian beras yang kedua kali lalu campurkan dengan gliserin. Usapkan pada wajah dan diamkan kurang lebih 2 menit sebelum akhirnya dibilas oleh air sampai bersih.

Lemon dan Madu

Pengganti sabun cuci muka lainnya adalah dengan memanfaatkan lemon dan madu. Kebanyakan masyarakat pun sudah mengetahui bahwa lemon dan madu punya manfaat luar biasa untuk kesehatan dan perawatan kulit. Dari segi fungsinya, madu punya nilai manfaat untuk masalah kelembaban kulit. Sementara lemon, dianggap sebagai antioksidan alami yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta meregenerasi kulit baru.

Cara membuat sabun cuci muka alami dari lemon dan madu pun sangat mudah. Cukup peras lemon lalu ambil air perasannya. Tambahkan sedikit madu dan langsung oleskan pada wajah hingga merata. Tunggu hingga olesan mengering, lalu bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

Nah, itulah beberapa alternatif pengganti sabun cuci muka Anda. Dibandingkan dengan sabun pencuci muka yang ada di pasaran, tentunya menggunakan bahan-bahan alami dinilai lebih aman. Apalagi untuk membuatnya pun sangat mudah, sehingga cocok sekali dijadikan rekomendasi tepat.

News Feed