by

4 Hal yang Harus Diketahui tentang Bukit Tompak Piyungan

Bukit Tompak Piyungan, nampaknya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta yang membuat pengunjungnya lebih bersatu dengan alam. Bagaimana tidak, destinasi wisata ini menghadirkan pemandangan alam yang begitu indahnya. Bahkan, pemandangan kota hingga perbukitan dan hamparan langit yang luasnya bisa kita lihat secara bersamaan di sana. Tak heran, akhir-akhir ini Bukit Tompak selalu jadi pilihan tempat wisata yang hits dan kekinian.

Sebelum Anda mengunjungi ket pilihan destinasi wisata tersebut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa faktanya berikut ini!

Spot Foto di Ketinggian

Dari segi lokasi, Bukit Tompak Piyungan Jogja ini berada di Dusun Ngelosari, Srimulyo, tepatnya di kawasan Piyungan, Bantul. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, membuat pemandangan yang disuguhkan pun sangat banyak. Itulah mengapa, masyarakat seringkali menyebut bahwa tempat wisata yang satu ini sebagai  tempat wisata alam puncak bukit.

Ketika Anda berada di tempat wisata tersebut, hamparan luas bebukitan dan pepohonan hijau bisa dengan mudah didapatkan. Tak hanya itu, di sisi lainnya Anda pun bisa melihat bagaimana rumah-rumah masyarakat memenuhi setiap lahan di sana. Pada awalnya, lokasi ini merupakan lokasi bukit seperti biasanya. Namun, karena inisiatif masyarakat dan juga perusahaan di sana yang membantu, menjadikan lokasi ini sebagai area wisata yang terus mengalami perbaikan di setiap waktunya.

Rute Perjalanan yang Menantang

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, tak heran untuk sampai ke tempat Bukit Tompak Piyungan ini cukup sulit. Pasalnya, sebelum sampai kesana, Anda akan dihadirkan oleh ruas jalan atau rute jalan yang sangat menantang. Biasanya, masyarakat yang menuju kesana itu seringkali menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu dikarenakan akses jalannya yang cukup sempit. Itulah mengapa, tidak diperkenankan untuk Anda jika akan menggunakan mobil untuk menuju ke sana.

Meskipun memang, Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda empat. Namun, dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menyewa kendaraan roda dua maupun menggunakan ojek yang ada di sana. Awalnya, akses jalan ke Bukit Tompak Piyungan ini sangat sulit dan terjal. Namun, karena banyaknya minat masyarakat untuk datang ke tempat tersebut, perlahan akses jalannya pun semakin diperbaiki.

Fasilitas Cukup Lengkap

Fakta lain yang harus Anda ketahui dari salah satu destinasi wisata Bukit Tompak Bantul daerah Istimewa Yogyakarta, adalah dari segi fasilitasnya. Ketika Anda mendatangi tempat lokasi, tidak perlu khawatir akan fasilitas yang ditawarkan. Sebab, setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan menantang, Anda bisa langsung beristirahat sejenak di gazeebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Tak hanya itu, rasa lelah pun akan hilang ketika sudah melihat pemandangan yang sangat luar biasa memanjakan mata. Anda juga bisa sekadar mengisi perut di sana karena sudah terdapat beberapa pedagang yang menjualkan aneka makanan ringan hingga berat.

Harga Tiket Murah

Salah satu kelebihan yang seringkali membuat masyarakat tertarik untuk datang ke Bukit Tompak Piyungan Jogja adalah karena harga tiketnya yang murah. Bahkan beberapa waktu terakhir setiap pengunjung hanya dikenai tarif untuk parkir kendaraan saja. Meskipun untuk masalah harga tiket ini bisa berubah tergantung pada kebijakan pihak pengelola tempat wisata. Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin mengunjugi tempat dengan keindahan alamnya yang luar biasa, tentu harga tersebut sangat murah sekali.

Nah, itulah beberapa fakta yang harus Anda ketahui sebelum pergi ke destinasi wisata Bukit Tompak Jogja tersebut. Cocok sekali dikunjungi oleh Anda yang ingin memanjakan dan merileksan diri dari kepenatan kota. Namun, karena akses jalannya yang memang masih menantan walaupun sudah diperbaiki, tentu siapa saja harus berhati-hati ketika di perjalanan. Pastikan juga bahwa kondisi dan persiapan sudah bagus agar perjalanan jadi lancar dan tanpa gangguan.

News Feed