by

Wajib Tahu! Ini Dia Informasi Lengkap Tulang Gelang Bahu

Seperti yang diketahui, tubuh manusia pada dasarnya dipenuhi oleh rangka tulang yang masing-masingnya berbeda dan punya peranan tersendiri. Salah satu jenis tulang yang ada di dalam tubuh dan punya peranan penting adalah tulang gelang bahu yang tentunya berada di bagian bahu seseorang. Bagi Anda yang ingin mengetahui secara lengkap tentang tulang gelang yang ada di bahu ini, yuk simak penjelasannya lengkapnya berikut!

Mengenal Tulang Gelang di Bahu

Pada dasarnya, letak tulang gelang bahu ini berada di sekitara humerus. Atau tepat di bagian bahu yang menghungkan antara lengan dengan bagian punggung atau dada atas manusia, Yang mana bagiannya terdiri dari beberapa tulang seperti klavikula dan scapula. Di mana klavikula ini merupakan tulang belikat sementara scapula merupakan tulang selangka yang ada di rongga tubuh atas, tepatnya di bahu manusia.

Sementara itu, tulang gelang ini pun lebih dikenal sebagai tulang pectoral yang mana merupakan bagian persendian yang menghubungkan bagian lengan seseorang dengan organ tubuhnya. Tak heran, letak tulang gelang bahu ini terletak di bagian antara lengan dan organ tubuh lain.

Dari segi bentuk tulang gelang bahu ini memiliki bentuk yang berbeda antara tulang klavikula dan juga scapikula. Di mana penjelasan kedua tulang tersebut akan dijelaskan berikut ini:

  • Klavikula

Disebut juga sebagai tulang selangka, di mana  bentuknya hampir menyerupai huruf S. Bagian tulang gelang bahu ini berhubungan langsung dengan bagian tulang lengan atas yang mana nantinya bisa menghasilkan gerakan jadi lebih bebas. Pada dasarnya, tulang inilah yang pertama kali mengalami pengerasan ketika seseorang masih menjadi embrio di dalam tubuh. Tepatnya ketika berada di dalam rahim ibu yakni usia kandungan  5 hingga 6 minggu.

Meskipun merupakan tulang yang mengalami pengerasan pertama, namun tulang ini jugalah yang mengalami pengerasan terkahir yakni ketika seseorang sudah mulai berusia 21 tahun. Di mana pada usia ini seseorang sudah mengalami atau sudah sampai pada batas anteriornya.

  • Tulang Scapula

Selain klavikula, gelang bahu terdiri dari tulang scapula atau tulang belikat. Di mana posisinya berada di sekitaran punggung yang ada di sebelah luarnya. Untuk tulang ini, biasanya terdiri dari 1 sampai 8 buah tulang iga dengan bagian atas disebut sebagai spina scapula. Bagian ini memiliki bentuk yang cukup besar menyerupai bangun segitiga  dengan tampilan pipih. Yang mana, bagian ini juga terletak di antara ruas tulang belakang yang dekat dengan tulang rusuk.

Manfaat atau Fungsi Tulang Gelang di Bahu

Setelah Anda mengetahui beberapa penjelasan tentang tulang gelang bahu dibentuk oleh beberapa tulang lainnya beserta bentukannya, maka selanjutnya apa fungsi atau manfaat dari tulang gelang yang ada di bahu ini? Tentunya, tulang gelang bahu memiliki beberapa manfaat. Di mana manfaatnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pada dasarnya, tulang berfungsi sebagai pelekatan otot. Begitupun juga dengan tulang gelang di bahu ini yang sama berfungsinya untuk tempat melekat otot di mana bisa membantu untuk kelancaran proses gerakan sendi.
  2. Fungsi lain dari tulang ini adalah sebagai bagian dari anggota gerak atas yang bisa membantu meneruskan gerakannya ke semua kerangka tubuh.
  3. Sementara itu, adapun fungsi lainnya yakni sebagai pengganjal yang bisa menjauhkan anggota gerak atas di beberapa bagian dada agar lengan bisa bergerak lebih leluasa dan fleksibel.

Seperti pada gambar tulang gelang bahu yang ada di atas, di mana lokasinya memang berada di bagian rongga atas tubuh. Bagian tulang ini punya peranan penting yang bisa membantu menunjang gerak tubuh jadi lebih lancar. Tak heran, kesehatan tulang gelang bahu ini pun bisa menjadi penentu seberapa fleksibelnya gerakan lengan atas Anda.

News Feed