Ciri-ciri Musik Jazz ini Gampang Banget Kalian Kenali

Berita226 views

Mungkin kebanyakan dari kalian jika di tanya tentang apa itu musik jazz? Pastinya kalian akan menjawab sebuah musik yang cukup rumit ataupun gabungan dari sebuah instrumen dan alat musik piano, gitar, dan trompet. Memang, sebenarnya aliran dari musik jazz ini hanya dikenal sebagai jenis musik yang cukup kompleks tetapi mempunyai sebuah tonalitas yang cukup luas dan juga pastiya terbuka dengan jenis musik yang lainnya.

Menurut dari Concise Oxford English Dictionary Revised Edition tahun 2006, musik jazz ini awalnya berasal dari orang berkulit hitam Amerika yang menonjolkan adanya sebuah ritem,sinkopasi, improvisasi dan juga diiringi dengan sebuah instrumen yang terbilang khusus. Sementara itu ada beberapa pihak yang menjelaskan jika musik jazz ini bisa dikatakan sebagai jazz ketika terdapat sebuah ritme, melodi, harmoni yang sama-sama berirama.

Sedangkan, menurut Whitney Ballet menjelaskan jika musik jazz adalah salah satu musik yang begitu sangat personal atau seperti puisi dan juga seni. Mirip sekali dengan blues yang mempunyai vokal yang cukup unik serta suara dari instrumentalnya di tambah lagi dengan adanya sebuah improvisasi yang jenius dengan lirik nya yang cukup kreatif.

Jika ditarik menjadi sebuah kesimpulan, musik jazz merupakan sebuah kesempurnaan dari salah satu jenis musik. Sejarah dari musik jazz ini sendiri mulai dikenal sejak di Amerika Serikat yaitu kurang lebih sekitar tahun 1990an, lewat sebuah kontroversi orang-orang berkulit hitam dengan jenis musik dari Eropa dan keberadaannya juga sudah mulai berkembang.

Sekitar tahun 1890, muncul sebuah genre ragtime yang merupakan sebuah aliran dari musik jazz yang sedikit lebih nge-beat. Kemudian pada awal tahun 1990 muncul juga Dixieland yang merupakan salah satu perwujudan dari full band yang pertama kali di dalam jenis musik jazz. Grup musik yang satu ini lebih ke menonjolkan sebuah alat musik yang mereka gunakan  seperti banjo, alat musik kuningan, serta klarinet. Dari hal itulah kemudian musik jazz sudah mulai dikenal sebagai salah satu aliran yang juga membutuhkan banyak sekali orang untuk bisa memainkannya.

Ciri-ciri Musik Jazz

Ciri yang sangat penting dari musik jazz sendiri yaitu dalam sebuah teknik musiknya, tetapi karakteristik dari musik jazz ini yang bisa membuat para musisi bisa untuk berimprovisasi antara lain :

Menggunakan Instrumen Khusus

Kalian pastinya akan setuju jika musik jazz ini memang mempunyai perbedaan dengan genre musik yang lainnya. Karena secara umum, musik yang satu ini memiliki karakteristik sebuah instrumen yang sangat khusus jazz yang akan bisa digunakan seperti saksofon, trompet, gitar, piano, drum, biola, dan juga gitar bass. Bukan hanya itu saja, tetapi vokal serta liriknya juga menjadi salah satu dari ciri khas yang dipunyai oleh musik jazz.

Dimainkan dengan Improvisasi

Ciri utama dari musik jazz yaitu salah satunya adalah sebuah improvisasi. Bahkan jika kalian menyadari tidak jarang para musisi jazz ini sering sekali memainkan suatu lagu yang sama dengan menggunakan gaya yang sama juga sampai berulang-ulang kali. Karena, jazz ini mempunyai sebuah melodi dan juga ritme yang lebih cenderung ke improvisasi.

Blue Note

Blue note ini sering sekali disamakan dengan salah satu nada dari jenis musik blues. Nada yang akan dimainkan lebih sedikit berbeda dengan sebuah nada standar. Biasanya akan ada sebuah perubahan dari nada antara semitone dan juga quarter tone.