Sebelum Membuat Website, Beberapa Hal ini Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Hosting

Bisnis43 views

Mempunyai website pribadi tentu bukan sesuatu yang asing belakangan ini. Banyak orang membuat websitenya sendiri untuk menunjang aktivitasnya, baik yang bersifat pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Namun begitu, masih ada beberapa di antara kita yang bingung terkait cara memilih hosting terbaik yang sesuai kebutuhan.

Berikut ini merupakan pembahasan terkait tips cara memilih paket hosting terbaik agar kantong tidak kering dan tidak ada fitur maupun resource yang terbuang.

  1. Menentukan Platform Apa yang Ingin Digunakan

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih web hosting adalah mengetahui platform apa yang akan digunakan untuk membuat website. Meski berbagai jenis platform bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, namun sangat disarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan.

Tentu kebutuhan seseorang dalam membuat website berbeda-beda. Ada yang membuat website untuk keperluan menampilkan portfolio, menulis, keperluan bisnis, menampilkan galeri visual dan lain sebagainya. Kebutuhan yang berbeda inilah yang menjadikan kita lebih bijak dalam memilih web hosting yang akan kita gunakan. 

  1. Menentukan Lokasi Server yang Sesuai

Menentukan lokasi server lebih baik jika disesuaikan dengan target pengunjung yang akan mampir ke website kita, apakah lebih dominan masyarakat dalam negeri atau luar negeri. Jika target pengunjung website adalah masyarakat dalam negeri, dalam hal ini Indonesia, maka menggunakan provider web hosting yang memiliki pusat data di Indonesia adalah pilihannya.

Menggunakan hosting dari perusahaan yang menyesuaikan dengan lokasi kita berada akan lebih memudahkan menjalin komunikasi apabila terjadi kesalahan.

  1. Mencari Harga yang Bersahabat

Saat ini, jika kita menganggap bahwa web hosting yang mahal adalah yang kualitasnya bagus, maka singkirkan pikiran tersebut. Sebagai calon pembeli tentu kita mempunyai opsi memiliki produk dengan harga terjangkau namun kualitas tetap terjaga. 

Oleh karena itu dalam memilih web hosting pun kita harus pandai dan mencermati betul tentang spesifikasi serta harga yang provider hosting tawarkan. Kita tentu telah memiliki anggaran tersendiri sehingga menyesuaikannya dengan web hosting yang kita butuhkan menjadi sesuatu yang amat penting.

  1. Kapasitas Hosting

Memilih hosting untuk kali pertama, pastikan bahwa kita membeli hosting dengan kapasitas penyimpanan minimal 1 GB. Pemilihan kapasitas hosting ini juga didasarkan pada kebutuhan kita dalam membuat website. Kapasitas website untuk blog pribadi tentu berbeda apabila kita mempunyai website untuk berjualan online. Hal-hal seperti ini yang jangan sampai lupa ditanyakan pada jasa penyedia hosting.

  1. Memilih Layanan 24 Jam

Selain harga yang bersahabat juga kapasitas yang sesuai, memilih penyedia hosting dengan layanan 24 jam bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih web hosting. Kita tidak pernah tahu kapan website kita mengalami kegagalan akses atau kesalahan yang lain. Karenanya penting untuk mendapat pelayanan selama 24 jam.

Tidak hanya stand by 24 jam, namun pelayanan juga diharapkan mampu menangani kesalahan-kesalahan yang terjadi pada website kita secara cepat dan tepat. Sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama. Hal ini biasanya diselaraskan dengan harga hosting yang kita beli. Tidak jarang membeli hosting yang murah namun pelayanannya pun seadanya. Jadi tetap hati-hati dan teliti.

Itulah tadi beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih web hosting. Bagaimana, apakah masih bingung dalam memilih web hosting untuk kebutuhan website teman-teman? Jika iya, maka kami Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain akan membantu permasalahan teman-teman. Kami akan menyesuaikan kebutuhan website teman-teman dengan berbagai jenis hosting yang kami miliki. Kami juga menyediakan penawaran-penawaran menarik dan pelayanan yang baik. Jadi tunggu apa lagi? Segera gandeng Jetorbit dalam mengembangkan website teman-teman. Silakan kunjungi laman kami di Jetorbit.com untuk informasi yang lebih lengkap.