Tips Memilih Perumahan Cluster yang Bagus dan Ideal bagi Keluarga

Bisnis21 views

Saat ini, tersedia berbagai pilihan jenis rumah hunian. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan. Salah satu jenis hunian tersebut adalah hunian cluster. Mungkin kamu masih merasa asing dengan istilah ini. Cluster adalah sejenis perumahan yang memiliki kualitas premium dari segi fasilitas dan kualitasnya. Peminat hunian ini sangat banyak karena biasanya terletak di lokasi yang strategis. Seperti Grand Wisata ini yqng dapat menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan juga bersih,

Apabila kamu memilih hunian jenis cluster, akan ada banyak kelebihan yang didapatkan. Salah satunya adalah praktis. Sebab, bangunan ini sudah siap huni. Kamu tidak usah lagi berfikir keras untuk mencari tenaga tukang untuk membangun, membeli material, mendesign bentuknya dan lain sebagainya. Namun sebelum memilih perumahan cluster, kamu harus melakukan beberapa hal agar mendapatkan yang terbaik. Hunian yang nyaman dan menyenangkan sangatlah penting untuk keluarga tercinta. 

Tips Memilih Perumahan Cluster untuk Keluarga

Simaklah beberapa tips berikut ini agar kamumerasa nyaman, tenang dan puas dengan pilihan hunian yang akan dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga setiap harinya. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut ini:

1. Letak Bangunan

Dalam perumahan cluster, biasanya dalam satu area terdapat kurang lebih 50 rumah. Dengan jumlah yang cukup banyak ini, akan lebih baik bila kamu memilih posisi hunian yang berada di posisi agak tengah. Alasannya adalah bila kita memilih di area yang depan dan dekat dengan jalan pasti akan sangat bising. Hal ini kurang cocok untuk kamu yang suka dengan ketenangan. Selain itu, bila kamu memilih hunian di bagian tengah, keamanan juga akan lebih terjamin karena kanan kiri pasti masih ada rumah tetangga yang dapat memantau keadaan. 

Bentuk perumahan cluster ini memang lebih direkomendasikan sebagai pilihan untuk kamu yang mengutamakan keamanan. Karena perumahan cluster ini biasanya hanya terdiri dari satu pintu masuk yang dilengkapi dengan penjagaan di pos oleh security. Sehingga akses keluar masuk terpantau dan meminimalisir adanya tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Sebagai pertimbangannya, pilihlah perumahan cluster yang memiliki double protection yaitu dari CCTV dan juga security. 

3. Jarak rumah ke Fasilitas Umum

Kamu pasti sangat mendambakan hunian yang dekat dengan fasilitas umum sehingga aksesnya mudah dan cepat. Biasanya di beberapa perumahan cluster menyediakan fasilitas umum seperti taman, kolam renang dan lain sebagainya. Pilihlah rumah yang tidak terlalu dekat namun tidak juga terlalu jauh dari tempat tersebut. Karena apabila kamu memilih yang dekat, kamu akan merasa sangat bising bila sedang banyak orang yang berkunjung ke fasilitas umum tersebut. 

Oleh karena itu akan lebih baik bila kamu memilih hunian yang letaknya sedang, paling tidak berjarak beberapa rumah dan masih dapat diakses dengan berjalan kaki. Hal ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan bila kamu adalah tipe orang yang tidak suka dengan lingkungan yang terdengar berisik dan mengganggu. 

Selain fasilitas umum yang ada didalam cluster, pertimbangkan juga dengan jarak fasilitas umum yang lainnya seperti rumah sakit, sekolah, pasar, kantor dan lain sebagainya. Bila terlampau jauh dengan tempat tersebut kamu harus siap dengan konsekuensinya yaitu butuh waktu tempuh yang lama dan tentu saja ongkos yang lebih banyak. Hal ini harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan serius. 

4. Arah Cahaya

Sementara itu, apabila kamu memilih area yang belakang, biasanya aksesnya agak sulit terutama untuk jalannya. Kamu harus memastikan dahulu jalan yang akan dilewati bisa digunakan dengan mudah atau tidak. 

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah arah cahaya agar mendapatkan hunian yang nyaman. Usahakan jangan memilih rumah yang menghadap langsung ke arah barat atau timur karena panas matahari akan terasa lebih menyengat. Akan lebih baik bila kamu memilih posisi arah barat dan timur di posisi samping rumah.