by

Cara Cek dan Unduh Sertifikat Vaksin

-Berita-58 views

Untuk kamu yang masih bingung dengan cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19? , Karena saat ini saya akan membagikan caranya, sehingga kamu jangan khawatir lagi, untuk cara mengecek dan mengunduh atau download sertifikat vaksin juga dapat dilakukan dengan mudah secara online . Untuk semua masyarakat yang telah divaksin, saat ini sudah bisa mengecek status vaksinasi dan mengunduh sertifikat vaksin yakni melalui laman Peduli Lindungi yang ada di https://pedulilindungi.id/.

Namun sedangkan, beberapa masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 juga akan mendapatkan SMS terkait pemberitahuan dari 1199 untuk bisa mengunduh sertifikat vaksin yang bisa dilakukan dengan mudah di website. Lantas, bagaimana sih cara untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 yakni melalui laman PeduliLindungi?

Cara untuk Cek Sertifikat Vaksin di Website PeduliLindungi

Hal ini juga telah dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, yang diberikan dan berikut cara mengecek sertifikat vaksin di laman PeduliLindungi yang sangat mudah untuk diikuti berikut ulasannya secara lengkap:

  1. Pertama kamu harus buka laman https://www.pedulilindungi.id/login
  2. Kemudian untuk isi informasi login kamu bisa menggunakan dengan nomor ponsel ataupun alamat email yang digunakan ketika mendaftar di laman tersebut. Namun jika belum punya akun, maka kamu bisa pilih (“Buat Akun PeduliLindungi”).
  3. Selanjutnya kamu harus memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel atau email kamu dari pihak layanan.
  4. Berikutnya periksa atau cek sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan memasukkan data orang yang sudah melakukan vaksinasi. Yakni di antaranya nama lengkap dan NIK.
  5. Kemudian kamu bisa klik Captcha lalu juga klik tombol “Periksa” untuk bisa menampilkan status vaksinasi Covid-19 kamu.
  6. Nah apabila atau jika sertifikat tidak tersedia, segera hubungi Call Center 119 dengan extension 9 dan tanyakan mengapa nama kamu belum tercantum dalam data vaksinasi.

Cara Unduh atau Download Sertifikat Vaksin

Kemudian ini juga telah dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, dan berikut adalah beberapa cara mengunduh sertifikat vaksin melalui laman PeduliLindungi:

  1. Langkah pertama kunjungi laman PeduliLindungi yakni di alamat pedulilindungi.id
  2. Langkah kedua lakukan registrasi ataupun pendaftaran akun ke PeduliLindungi yakni dengan mengklik menu Login atau Register yang berada pada sudut kanan atas.
  3. Kamu bisa isi Nama Lengkap yang sesuai dengan KTP dan Nomor Ponsel, lalu kemudian klik Buat Akun. Jika sudah maka akan dikasih Kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan melalui SMS.
  4. Jika kamu sudah memiliki akun, kamu tinggal login dengan menggunakan nomor ponsel. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  5. Kemudian klik pada nama kamu yang terletak di sudut kanan atas, lalu pilih Sertifikat Vaksin.
  6. Jika sudah kemudian kamu pilih menu Sertifikat Vaksin yang berada di samping kiri.
  7. Lalu klik NAMA untuk memunculkan sertifikat vaksin. Dan selanjutnya sertifikat vaksin juga akan ditampilkan di sebelah kanan.
  8. Langkah berikutnya klik pada gambar sertifikat vaksin untuk memperbesar gambarnya.
  9. Kemudian klik Unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin yang kamu miliki tersebut.
  10. Nah jika sudah selesai kamu bisa langsung keluar dari akun.

Mungkin itu saja cara cek dan unduh sertifikat vaksin Covid-19 yang sangat mudah sekali untuk kamu praktekan sekarang juga.

News Feed