Berbagai Penyebab BAB Sakit yang Harus Diwaspadai

Kesehatan30 views

Sebagian besar orang mungkin sudah pernah mengalami kondisi yaitu sakit ketika sedang BAB atau buang air besar. Bahkan tak jarang juga diantaranya yang disertai dengan darah, tentunya terasa kurang nyaman bukan, bahkan hal tersebut bisa saja memicu beragam gangguan kesehatan lainnya yang lebih berbahaya.

Jangan dibiarkan, setidaknya upayakan untuk melakukan pengobatan agar kondisi tersebut tidak semakin parah. Rasa sakit yang terjadi pada saat buang air besar bisa karena feses yang dikeluarkan terlalu padat, sehingga terasa sangat menekan.

Bagi kamu yang juga mengalami kondisi demikian yaitu BAB yang sakit, maka berikut ini beberapa faktor penyebab sakit saat BAByang mungkin saja terjadi serta harus kamu waspadai, yaitu:

  1. Sembelit, kondisi yang paling sering terjadi dan menyebabkan BAB sakit ini adalah sembelit. Dimana ketika Kamu lebih jarang buang air besar maka akan mengalami hal tersebut, feses yang tidak segera dikeluarkan menjadi lebih keras didalam dan sulit untuk dibuang, terjadi tekanan yang menyebabkan rasa sakit ketika buang air besar. Kamu dapat mengatasinya dengan cara memperbanyak konsumsi air putih atau minum, selain itu juga konsumsi serat juga dapat diperbanyak.
  2. Fisura ani, ini merupakan sebuah kondisi ketika terjadi robekan pada kulit yang ada di sekitar anus, terjadi karena konstipasi atau penetrasi yang terjadi di anal. Karena adanya luka robekan tersebut secara otomatis akan terasa sakit ketika digunakan untuk buang air besar. Terkadang ada rasa gatal di sekitar anus dan juga BAB disertai dengan darah atau sensasi terbakar juga menyertainya. Dapat diatasi dengan memakai pelunak feses dan ditunjang lebih banyak minum air putih.
  3. Wasir, pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah yang ada di sekitar anus inilah yang menyebabkan wasir. Hal tersebut akan memicu rasa sakit ketika buang air besar bahkan juga saat duduk. Benjolan yang ada di sekitar anus inilah yang sering kali tertekan ketika buang air besar, bahkan menyebabkan keluarnya darah.
  4. Radang usus, terkadang juga ada kondisi ketika saluran pencernaan, khususnya adalah usus yang mengalami peradangan, cukup umum terjadi pada sebagian orang, hal ini juga menyebabkan rasa sakit ketika sedang buang air besar. Umumnya cara untuk mengatasinya adalah dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  5. Proktitis, yaitu ketika lapisan pada rektum mengalami peradangan, hal tersebut akan menyebabkan beberapa gejala pada penderitanya seperti sakit ketika buang air besar dan juga diare, bahkan ada keluar lendir dari usus dan juga buang air besar yang disertai dengan darah ketika kondisinya sudah cukup parah.
  6. Infeksi, beberapa jenis infeksi juga bisa menyebabkan rasa sakit ketika sedang buang air besar, apalagi ketika infeksi tersebut terjadi pada area dubur. Misalnya adalah abses anal atau terbentuknya kantung berisi nanah pada area sekitar anus uang akan disertai dengan pembengkakan, infeksi lain seperti herpes, klamidia sampai dengan sifilis juga dapat terjadi pada area tersebut.

Biasakan pola hidup sehat juga agar nantinya tidak mengalami kondisi semacam ini, menjaga pencernaan tetap sehat dan juga membantu buang air besar selalu lancar. Diantaranya adalah dengan minum air putih yang banyak setiap hari, ditambah juga kamu juga dapat mengonsumsi asupan serat harian dengan Vegeta Herbal dari Enesis, dibuat dari bahan-bahan alami yang bagus untuk melancarkan pencernaan serta membantu mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.